Pj Walikota Batu mengusulkan sembilan nama sebelum disetujui Menteri Dalam Negeri | Berita Malang hari ini | Malang Posco Media - WisataHits
Jawa Timur

Pj Walikota Batu mengusulkan sembilan nama sebelum disetujui Menteri Dalam Negeri | Berita Malang hari ini | Malang Posco Media

MALANG POSCO MEDIA, SURABAYA – Nama-nama calon wali kota Batu kemungkinan besar akan ditentukan berdasarkan nominasi tiga partai. Yakni Pemerintah Provinsi Jawa Timur, DPRD Kota Batu dan Kementerian Dalam Negeri.

“Ini SK Menteri Dalam Negeri yang baru. Tapi tentunya masih menunggu instruksi konkrit dari Mendagri,” kata Jempin Marbun, Kepala Kantor Pemerintah Provinsi Jawa Timur, kepada MPM, Rabu (14/9).

Masa jabatan Dewanti Rumpoko sebagai walikota diketahui akan berakhir pada 17 Desember 2022. Oleh karena itu, 60 hari sebelum masa jabatan berakhir, harus ditentukan siapa yang akan menguasai Kota Wisata Batu hingga terpilihnya walikota terakhir.

Pj Walikota Batu mengusulkan sembilan nama sebelum disetujui Menteri Dalam Negeri |  Berita Malang hari ini |  Berita Malang Raya, Aremania, Aremanita |  Gambar WhatsApp 2022 09 14 pada 14/34/01Rumah Rumpoko

Dikatakan Jempin, tidak menutup kemungkinan penetapan Pj. Wali Kota Batu akan mempertimbangkan pengangkatan Pj Gubernur DKI Jakarta yang akan berakhir pada 16 Oktober 2022. Saat itu DPRD DKI Jakarta harus menetapkan 9 nama (calon), yang menjadi hanya 3 nama yang harus diajukan Presiden Jokowi sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta.

Pola ini, menurut mantan Kepala Biro Hukum Pemprov Jatim itu, sedang diterapkan di Kota Batu. Juga di semua daerah tempat kepala daerah berakhir masa jabatannya.

“Sekali lagi, kami masih menunggu aturan baku dari Mendagri. Kalau masih berbentuk lingkaran,” ujarnya yakin.

Jika template DKI diterapkan di Kota Batu, lanjut Jempin, akan ada sembilan nama calon yang akan menjabat sebagai Pj Wali Kota Batu. Kesembilan nama itu didapat dari usulan DPRD Kota Batu tiga orang, Pemprov Jatim tiga orang, dan Kementerian Dalam Negeri dan tiga orang.

Setelah semua nama siap, DPRD Kota Batu akan menggelar rapat paripurna khusus dengan agenda memilih tiga nama calon incumbent Kota Batu 2022 hingga akhirnya terpilih Wali Kota Batu.

“Tiga nama hasil pilkada DPRD Batu kemudian akan diajukan melalui Gubernur Jatim kepada Mendagri untuk ditetapkan siapa yang layak menjadi Pj Wali Kota Batu,” pungkas Jempin di sela-sela pembukaan Jatim Investival 2022.(Has)

Source: malangposcomedia.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button