Pipa Kopyor Asli dan Enak di UKM Bumi Semendung Kota Madiun - WisataHits
Jawa Timur

Pipa Kopyor Asli dan Enak di UKM Bumi Semendung Kota Madiun

Kota Madiun (ANTARA) – Bagi warga Kota Madiun, Jawa Timur yang ingin berwisata obat Anda tidak perlu berkendara jauh bersama keluarga atau orang-orang terkasih di akhir pekan.

Untuk memfasilitasi hal tersebut, Pemkot Madiun telah mendirikan stand UMKM di masing-masing 27 kelurahan yang memamerkan keunggulan bentuk taman dan kuliner khasnya masing-masing.

Salah satunya adalah UMKM Bumi Semendasi di Jalan Bakti Wijaya, Desa Klegen, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun.

UMKM menonjolkan konsep wisata kuliner dengan memanfaatkan persawahan di sekitarnya. Kuliner andalan stand ini adalah pipe copy, yang rasanya asli dan hangat.

Ketua Himpunan UMKM Bumi Semende sekaligus pedagang pipa, Sugiharti mengatakan, bahan dan cara pembuatannya sangat sederhana, yaitu roti tawar, parutan kelapa muda dan santan.

“Bahannya dibungkus daun pisang, ditambah garam dan gula sesuai selera, lalu dikukus,” kata Sugiharti.

Diakuinya, penjualan pipa Kopyor diawali dengan dibangunnya UKM Bumi Semendung yang menyediakan los atau tempat berjualan bagi para pengusaha kecil di desa tersebut.

Melalui warung-warung tersebut, para pemilik usaha kecil lokal ditantang oleh Walikota Madiun untuk menciptakan menu kuliner yang unik dan menjadi aset sehingga sangat diminati oleh wisatawan atau pengunjung.
Ada banyak spot foto di UKM Bumi Semende di Jalan Bakti Wijaya, Desa Klegen, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun. Antara/Louis Rika

Akhirnya, lahirlah ide kuliner yang nyata, yang disambut positif oleh pengunjung yang datang ke Bumi Semendung.

Dalam sehari, Sugiharti mengaku mampu menjual 20 hingga 30 bungkus. Di akhir pekan bisa sampai 50 bungkus sehari. Untuk harga, ia hanya menjual peluit Kopyor seharga Rp 8.000 per bungkus.

Salah satu pengunjung stand lokal, Sri Haruni, mengaku langsung menyukainya setelah pertama kali mencoba siulan Kopyor.

“Rasanya manis dan gurih. Rasanya menyatu dengan kelembutan roti dan kenyalnya parutan kelapa muda,” kata Haruni.

Selain pipa kopyor, warung-warung lokal juga memiliki berbagai kuliner yang rasanya tak kalah enak. Seperti nasi pecel, nasi soto, bakso dan jajanan modern.

Sambil menyantap kopyor pipa dan berbagai kuliner lainnya, pengunjung bisa menikmati pemandangan persawahan yang indah. Demi kenyamanan, pengelola juga menawarkan banyak spot instagramable yang ditujukan bagi pengunjung yang senang mengabadikan momen liburan dengan kamera.

“Kami bertujuan untuk menawarkan tempat ala pedesaan yang nyaman dikelilingi persawahan, bebas dari penat dan kesibukan pekerjaan, serta menu yang enak dan terjangkau,” kata Sugiaharti.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button