Pilihan kota paling menyenangkan bagi para perantau untuk belajar - WisataHits
Jawa Tengah

Pilihan kota paling menyenangkan bagi para perantau untuk belajar

Sebagai generasi muda, meninggalkan bangku kuliah bukanlah hal yang menakutkan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Penjelajah layak dimaknai sebagai generasi muda yang menyukai tantangan. Pemuda harus memiliki semangat pantang menyerah dan menjadi penakluk. Menavigasi lautan kehidupan tidak mudah, membutuhkan tindakan pencegahan dan tekad yang kuat. Mungkin juga cocok untuk imigran yang memilih untuk kuliah sebelum bekerja.

Sebagai generasi muda, meninggalkan bangku kuliah bukanlah hal yang menakutkan. Sebaliknya, kesempatan itu harus dikenali dan direbut ketika kesempatan itu muncul. Menjelajahi area baru sekaligus menggali ilmu adalah hal yang paling mengasyikkan bagi generasi muda.

Bagi Anda yang sedang mencari tempat universitas dan ingin belajar, kami akan memberikan referensi tempat universitas tersebut.

Berikut 7 kota paling keren untuk kuliah:

1. Bandung

Paris van Java menjadi julukan untuk kota Bandung karena dibandingkan dengan kota Paris di Indonesia. Julukan ini berasal dari salah satu jalan di Bandung yaitu Jalan Braga.

Jalan Braga pernah menjadi titik pertemuan orang-orang Belanda untuk berbelanja atau jalan-jalan. Saat ini, bangunan berarsitektur Eropa di Jalan Braga masih berdiri kokoh. Tak heran jika Bandung juga dikenal sebagai kota belanja.

Bandung juga dikenal sebagai kota pendidikan. Perguruan tinggi teknik pertama lahir di Bandung yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB). Setelah itu, kini Bandung juga memiliki banyak perguruan tinggi seperti Universitas Telkom, Universitas Padjajaran, Universitas Parahyangan dan Universitas Pendidikan Indonesia.

2. Yogyakarta

Kekhasan Yogyakarta sebagai tujuan wisata ke luar negeri memang sangat menarik bagi generasi muda. Yogyakarta dikenal sebagai kota pelajar, kota pariwisata dan kota seni budaya. Penyair terkemuka Indonesia, Joko Punirbo, mengatakannya dengan indah: “Yogya terdiri dari rindu kampung halaman, tanah air dan angkringan”. Kota ini mampu menarik orang untuk datang dan kembali.

Kota ini juga menjadi ikon Universitas Gadjah Mada (UGM). Sebagai kota pelajar, Yogyakarta memiliki banyak perguruan tinggi antara lain Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Kampus Yogyakarta.

3. Bogor

Sebagai penyangga kota Jakarta, Bogor juga menarik untuk dijelajahi. Kota yang juga dikenal sebagai surga wisata kuliner ini memiliki daya tarik tersendiri bagi mereka yang ingin menikmati hiruk pikuk di sana.

Menjadi saksi bisu sejarah Indonesia di Istana Bogor, kota ini tentu memiliki keunikan tersendiri untuk dijelajahi. Selain itu, banyak juga perguruan tinggi di Bogor yang bisa menjadi pilihan generasi muda. Ada Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), Kampus Bogor, Universitas Pakuan dan masih banyak lagi.

4. Depo

Selain Bogor, Depok juga merupakan kota penyangga kota Jakarta yang unik dan memiliki keistimewaan tersendiri. Mulai dari Jin membuang anak hingga Presidennya sendiri benar-benar ada di Depok. Depok yang juga kota dengan ikon belimbing dewa ini dihuni 2.484.186 jiwa menurut data tahun 2020

Depok juga merupakan kota yang menawarkan berbagai hal unik untuk dijelajahi. Selain itu, Depok yang dekat dengan Jakarta tentunya cukup menarik untuk dijadikan tempat wisata manca negara. Di Depok juga banyak terdapat universitas mulai dari Universitas Indonesia, Universitas Nusa Mandiri (UNM) Kampus Margonda, Universitas BSI, Universitas Gunadarma dan masih banyak lagi yang lainnya.

5. Jakarta

Sebagai ibu kota negara, Jakarta tentu memiliki pesona tersendiri yang begitu memukau bagi para perantau. Kerasnya kota Jakarta tidak menghalangi generasi muda untuk berimigrasi ke kota ini. Ikon gedung pencakar langit Jakarta menjadi salah satu generasi muda yang optimis untuk menjelajahi kota metropolitan ini.

Kota ini juga menawarkan berbagai kemudahan akses pendidikan dan pekerjaan. Tak heran jika Jakarta masih cukup menarik untuk dikunjungi, meski kemacetan sudah menjadi tradisi di sini.

Generasi muda yang ingin menimba ilmu juga memiliki banyak pilihan kampus, seperti B. Universitas Trisakti, Universitas Atma Jaya, BRI Institute (Universitas Cyber), Universitas Nusa Mandiri (UNM), Universitas BSI dan masih banyak lagi.

6. Purworkerto

Petualang sejati pasti penasaran dengan destinasi wisata kota Purwokerto, dari Curug Pengantin hingga Telaga Sunyi. Juga di kota ini, tempat lahirnya bahasa Ngapak dan Tempe Mendoan yang tidak ada duanya.

Udara Purwokerto yang sejuk pasti akan membuat Anda rindu untuk lebih menjelajahi kota ini lagi dengan beberapa keunikannya. Generasi muda yang ingin kuliah di sana bisa berselancar ke beberapa destinasi wisata yang ada dan memilih beberapa universitas yang ada.

Diantaranya adalah Institut Teknologi Telkom, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Kampus Purwokerto, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Universitas Sudirman dan masih banyak lagi.

7. Sendirian

Kampung halaman Presiden Joko Widodo juga menarik untuk dijelajahi. Toh, berbagai festival menarik rutin digelar di kota ini. Kota ini juga memiliki dua istana dan kereta uap yang melintasi pusat kota. Tentunya ini juga menjadi daya tarik yang luar biasa di kota Solo.

Ada banyak perguruan tinggi yang bisa dipilih. Ditambah biaya hidup yang terjangkau, Solo mungkin menjadi pilihan generasi muda untuk kuliah. Di Solo terdapat Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS), Universitas BSI Kampus Solo (Bina Sarana Informatika), Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dan masih banyak lagi.

Itulah 7 kota di Indonesia yang bisa ditaklukkan oleh generasi muda dan bisa dijadikan referensi untuk bereksplorasi sekaligus menimba ilmu. Optimisme dan keberanian adalah bukti nyata bahwa generasi muda memiliki masa depan yang cerah. jiwa petualang!

Source: www.republika.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button