Piala Gubernur Jawa Barat JRRC 2022 sukses digelar di Garut - WisataHits
Jawa Barat

Piala Gubernur Jawa Barat JRRC 2022 sukses digelar di Garut

garut|KOMPAS86.COM, – Jawa Barat Quick Response (JQR) sukses menjadi tuan rumah _JQR River Rescue Challenge_ (JRRC) Piala Gubernur Jawa Barat 2022 yang diselenggarakan selama 3 hari di Desa Patrol, Desa Dangdeur, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut.

Penutupan JRRC dihadiri Ketua Banyuresmi, Eti Nurul Hayati, Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora Garut), Cecep Firmansyah, Ketua Harian JQR, Reggi Kayong Munggaran, serta peserta dan panitia dari JQR.

Camat Banyuresmi Eti Nurul Hayati mengatakan pihaknya sangat menyambut baik kegiatan JRRC ini karena dapat menjadi harapan besar bagi Kabupaten Banyuresmi, khususnya bagi Desa Dangdeur yang memiliki potensi alam luar biasa yang dimanfaatkan sebagai arung bisa menjadi lapangan olahraga arung jeram.

“Dan semoga dengan adanya kegiatan ini bisa mengarah ke desa-desa tujuan wisata di Dangdeur melakukan kegiatan arung jeram. Mudah-mudahan ini bisa menjadi desa wisata,” ujarnya pada penutupan Piala Gubernur Jawa Barat JRRC 2022, Minggu (10/2/2022). ).

Sementara itu, Sekretaris Pendidikan dan Olahraga Garut, Cecep Firmansyah mengatakan terkait arung jeram, Pemkab Garut akan menjadi tuan rumah 9 cabang olahraga ke depan dalam penyelenggaraan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV tahun 2022 untuk JRRC ini untuk dilakukan salah satu persiapannya. untuk tempat bisa arung jeram, yang nantinya akan digunakan saat porprov.

“Dengan kerja saya sebelumnya di JQR, selain menjajal arena atau venue, tentunya juga ada persiapan yang sangat matang untuk pelaksanaannya nanti. Kami berharap ke depannya tempat ini bisa dimanfaatkan secara rutin untuk pengembangan arung jeram,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Ketua Harian JQR Reggi Kayong Munggaran mengatakan, kompetisi JRRC kali ini bisa juga disebut sebagai ajang pelatihan bersama bagi para pegiat kemanusiaan khususnya di bidang penyelamatan air.

“Untuk berlatih bersama, mereka kemudian dibujuk dengan hadiah untuk mendapatkan motivasi. Jadi intinya kita latihan bersama,” ujarnya.

Ia mengungkapkan dengan _challenge_ ini ia bermaksud menawarkan tantangan kepada para peserta atau _rescuer_ agar mereka bisa lebih termotivasi karena kemenangan sesungguhnya bagi _rescuer_ ada di lapangan yang sebenarnya.

“Ketika orang-orang berharap antara hidup dan mati, kita membantu dan menyelamatkan nyawa. Jadi medalinya bisa hilang, hadiahnya juga akan dibagikan besok. Tapi di mana kita saat peristiwa kemanusiaan terjadi? Kekalahan yang sebenarnya.” bagi kita, saat itulah kita tidak bisa membuat diri kita berguna,” katanya.

Ketua Panitia JRRC Sandi Prisma Putra mengatakan kegiatan ini bukan hanya sekedar kejuaraan atau kompetisi, tetapi juga pendidikan untuk meningkatkan kompetensi atas potensi besar yang ada. Menurutnya, tidak masalah menang atau tidak, namun yang terpenting adalah bagaimana event ini bisa menjadi pemicu bagi para survivor untuk terus berlatih agar siap nantinya saat terjadi bencana.

“Ketika kondisi di sungai mengancam kehidupan manusia, setiap ahli bisa menjadi first responder yang baik sehingga bisa menangani bencana terkait bencana hidrometeorologi yang ada,” ujarnya.

Salah satu kontestan yang juga menjadi juara tim favorit di ajang JRRC ini, Suci, ketua tim UNPAD 2, mengumumkan bahwa dirinya dan tim battlenya sangat senang bisa mengikuti ajang ini. Di JRRC kali ini ia bisa menjalin silaturahmi dengan banyak peserta dari daerah lain.

“Makanya kami tahu potensi kami sejak awal, apalagi kalau kami perempuan, lawannya semua laki-laki. Tapi mari kita bersenang-senang, memeriahkan acara ini dan tetap berhubungan dengan yang lain,” kata Suci.

Ia mengungkapkan, pihaknya sudah mempersiapkan diri selama kurang lebih dua minggu untuk mengikuti JRRC ini pada waktu-waktu tertentu. Suci menambahkan, kegiatan ini merupakan terobosan yang baik, sehingga ia berharap JRRC dapat dilaksanakan di tahun-tahun mendatang.

“Dari sudut pandang saya, saya berharap ini adalah acara pertama. Semoga kegiatan JQR atau bahkan kegiatan rescue dapat dikembangkan lebih lanjut dalam kegiatan ini, mungkin ini menjadi point fundamental untuk memicu masa depan yang lebih cerah,” ujarnya.

Berikut daftar pemenang Piala Gubernur Jawa Barat JRRC 2022:

I. Pemenang dari Flip Boat Challenge
– Kategori pelajar/mahasiswa
Juara 1 SMK Al-Bantari
Juara 2 FISIP UNIGA Eclipse
Juara 3 WAPALAPA

– Kategori agensi
Juara 1 Provinsi Tagana Jawa Barat
Juara 2 PMI Kabupaten Garut

– Kategori umum
Juara 1 KAPINIE MUJ
Juara 2 FAJI Kota Bandung
Juara 3 Bale Bamboo Adventure

II.Kompetisi RROC

– Kategori pelajar/mahasiswa
Juara 1 SMK Al-Bantari Haurwangi
Juara 2 MAPERPA UNWIM
Juara 3 FISIP UNIGA Eclipse

– Kategori agensi
Juara 1 PMI Kabupaten Garut
Juara 2 Provinsi Tagana Barat

– Kategori umum
Juara 1 Tirtha Dharma Rafting Club
Juara 2 FAJI Kota Bandung
Juara 3 KAPINIS MUJ.

AKU AKU AKU. Pemenang Tantangan Sistem Penyelamatan Z-Drag

juara 1 tim dayung ZNA
Juara 2 CAPINIST MUJ
Juara 3 FAJI Kota Bandung

IV. Juara Umum SMK Al-Bantari Haurwangi

V. Tim favorit
Juara 1 UNPAD Juara 2
Juara 2 DLH Provinsi Jawa Barat

(SN)

Source: www.kompas86.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button