PHRI Kota Malang mencatat okupansi hotel meningkat saat libur Imlek - WisataHits
Jawa Timur

PHRI Kota Malang mencatat okupansi hotel meningkat saat libur Imlek

PHRI Kota Malang mencatat okupansi hotel meningkat saat libur Imlek

Untuk libur Imlek kemarin rata-rata sekitar 70 persen. Sementara pada hari biasa tingkat hunian berada di kisaran 20 persen.

MALANG, Jawa Timur (ANTARA) – Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Malang di Jawa Timur mencatat selama libur Imlek 2023, tingkat hunian hotel di wilayah tersebut meningkat dibanding hari-hari sebelumnya.

Ketua PHRI Kota Malang Agoes Basoeki di Kota Malang, Rabu mengatakan, perayaan Imlek yang bertepatan dengan akhir pekan juga meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Malang.

“Saat libur Imlek, okupansi hotel di Kota Malang meningkat,” kata Agoes.

Baca Juga: PHRI serukan PPKM dicabut untuk tingkatkan okupansi saat Imlek

Agoes menjelaskan rata-rata okupansi hotel di Kota Malang secara keseluruhan mencapai 70 persen. Kondisi ini jauh lebih baik dibandingkan hari-hari biasa di bulan Januari 2023 yang okupansinya sekitar 20 persen per hari.

“Pada libur Imlek kemarin rata-rata sekitar 70 persen. Sebaliknya, pada hari biasa tingkat okupansi sekitar 20 persen,” ujarnya.

Menurut dia, tingginya kunjungan wisatawan ke Malang selama periode ini didorong oleh peringatan Haul Akbar ke-78 dan pondok pesantren Harlah Darul Hadits Al-Faqihiyyah, selain liburan Tahun Baru Imlek.

Ribuan peserta peringatan Haul memusatkan kegiatannya di Kecamatan Klojen yang terletak di wilayah Kota Malang selama kurang lebih dua hari. Kehadiran para peserta peringatan Haul juga mendongkrak okupansi hotel di kawasan tersebut.

“Selain libur Imlek yang bertepatan dengan akhir pekan, ada juga peringatan panen (yang juga mendorong hunian) di Kota Malang,” ujarnya.

Baca Juga: PHRI Sumbar Minta Pemda Tingkatkan Kegiatan MICE Tahun 2023

Berdasarkan catatan PHRI Kota Malang, tingkat okupansi hotel di Kota Malang mengalami peningkatan signifikan saat musim liburan akhir tahun 2022. Tercatat di hari kerja rata-rata sekitar 60 persen sedangkan di akhir pekan mencapai 90 persen.

Salah satu pilar hunian hotel di Kota Malang adalah aktivitas Pertemuan, insentif, konferensi, dan pameran (MICE). Penyelenggaraan pertemuan yang dilakukan oleh pemerintah dan swasta memberikan dampak positif bagi industri perhotelan.

Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kota Malang (Disporapar) menyebut hingga 13,5 juta wisatawan akan mengunjungi sejumlah destinasi wisata seperti kampung tema, taman kota, dan pusat perbelanjaan di Kota Malang sepanjang tahun 2022.

Pada tahun 2023, kunjungan wisatawan ke Kota Malang diharapkan meningkat dengan adanya rangkaian kegiatan nasional seperti kompetisi bola voli profesional Proliga dan Indonesian Basketball League (IBL).

Reporter: Vicki Febrianto
Penerbit : Nusarina Yuliastuti
HAK CIPTA © ANTARA 2023

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button