PGE Kamojang Area meningkatkan ekonomi warga sekitar operasi melalui digitalisasi - WisataHits
Jawa Barat

PGE Kamojang Area meningkatkan ekonomi warga sekitar operasi melalui digitalisasi

JAKARTA, investor.id – PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) Area Kamojang, bagian dari Pertamina New & Renewable Energy, berkomitmen kuat terhadap pelaksanaan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), salah satunya adopsi digitalisasi untuk mewujudkan Area masyarakat yang modern dan melek teknologi. cincin operasi 1.

Tiga program TJSL yang menjadi unggulan PGE Area Kamojang adalah Ibun Mall, aplikasi Rangersdan Sinyal kami.

akting manajer umum PGE Area Kamojang Catur Hendro Utomo Kristiono mengatakan: Mal Ibu merupakan salah satu inovasi dan pendekatan baru dalam penjualan produk lokal secara online di Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung.

Mal Ibu dikembangkan oleh PGE Area Kamojang bersama generasi muda di Kabupaten Ibun dan sekitarnya. Dalam platform ini, UMKM memiliki kesempatan untuk mengembangkan dan meningkatkan baik kualitas maupun kuantitas produknya.

“Peran ini memungkinkan masyarakat menjadi lebih paham dengan teknologi dan memaksimalkan potensi lokal. inovasi Mal Ibu mendapatkan salah satu pengakuan dari aplikasi TikTok sebagai salah satu kreator terbaik tahun 2022,” kata Catur, Sabtu (19/11).

dia menjelaskan, Mal Ibu Menyikapi dampak ekonomi pandemi Covid-19 terhadap UMKM di Kabupaten Ibun yang mengalami penurunan pesanan dan produksi. Melalui Mal IbuUMKM dapat meningkatkan penjualan produk secara digital. Khususnya Mal Ibu juga memberikan pelatihan baik metode penjualan online, pembuatan konten penjualan, administrasi bisnis dan pengelolaan produk yang akan dijual sehingga UMKM berkesempatan untuk mengembangkan dan meningkatkan baik kualitas maupun kuantitas produknya. “Peran ini membuat masyarakat lebih tech-savvy dan memaksimalkan potensi lokal,” kata Catur.

Dalam program Ibu Mall, UMKM dapat meningkatkan penjualan produk secara digital

Program unggulan berikutnya dari Area PGE adalah Kamojang Aplikasi Rangerssebuah aplikasi multilayanan yang dikembangkan oleh kelompok remaja yang diketuai oleh Hendri Wahyudi.

Aplikasi Rangers memiliki berbagai fungsi seperti ojek, pengantaran sembako, kurir, pasar online, penjualan produk dan jasa UMKM lokal, bank sampah online hingga tiket elektronik homestay dan tempat wisata.

Aplikasi Rangers adalah aplikasi layanan yang memenuhi kebutuhan masyarakat di Kecamatan Ibun. Karena kebutuhan ini, kami berusaha membantu masyarakat dengan kemampuan terbaik kami. Harapannya, aplikasi ini bisa terus berkembang agar lebih banyak orang yang bisa menggunakannya,” ujar Hendri.

Up-to-date tentang pengisian e-money di Aplikasi Rangers dapat menggunakan sampah. Pengguna terdaftar dapat menyimpan tabungannya saat mengumpulkan sampah, yang terintegrasi ke dalam apa yang disebut bank sampah online Kumpulin.id.

Catur menambahkan, PGE Area Kamojang mendukung pengembangan operasional tahun ini Aplikasi Rangers dengan motor listrik tipe G-1 dari GESITS dengan total 16 unit. Baterai untuk motor listrik diisi dengan listrik yang dihasilkan dari energi bersih, terbarukan dan ramah lingkungan dari PLTP yang dikelola oleh PGE Area Kamojang. Artinya, motor listrik ini berjalan dengan 100% energi hijau, yaitu energi panas bumi.

inovasi Aplikasi Rangers, lanjut Catur, berhasil menurunkan emisi sebesar 4,03 ton CO2/bulan. Dengan menggunakan motor listrik untuk mengoptimalkan pengoperasian aplikasi Rangers, PGE Kamojang Area bersama mitra sponsor turut serta mendukung tujuan nol emisi atau net zero waste emission pada tahun 2060. “Semoga program ini dapat mendukung keberlanjutan dan semangat green energinya tersampaikan kepada masyarakat sekitar,” kata Catur.

Program unggulan selanjutnya dari PGE Area Kamojang berbasis digital adalah Sinyal kami. Program ini dilatarbelakangi oleh pandemi yang membatasi interaksi langsung dengan masyarakat. Letak desa yang terpencil di perbukitan yang tidak terjangkau oleh sinyal juga menjadi kendala. Dalam pelaksanaan program tersebut sinyal kami, PGE Area Kamojang bekerja sama dengan Cepi Nugraha, mitra sponsor yang mengembangkan layanan jaringan internet untuk desa-desa terpencil.

Menurut catur Sinyal kami Menyediakan jaringan internet untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di masa pandemi baik untuk kegiatan sekolah maupun kegiatan masyarakat sehari-hari. Signal Kita bahkan berinovasi menyediakan layanan internet dengan imbalan sampah dan penanaman pohon.

“Total sampah yang dikonversi menjadi layanan internet sebanyak 15,1 ton. Limbah diubah menjadi 16.800 jam komunitas online. Juga, lebih dari 1.000 pohon ditanam untuk menggantikan layanan internet yang digunakan masyarakat,” katanya.

program Sinyal kami Dikenakan oleh PGE Area Kamojang telah memenangkan Penghargaan Platinum dalam kategori Program Kebaruan Liga Pembuktian E2S 2022. PGE Area Kamojang merupakan salah satu dari 22 peserta peraih PROPER Emas 2020-2021 Bidang Energi dan Sumber Daya Alam (ESDM). Liga Pembuktian E2S 2022 berjudul Kolaborasi CSR: Membangun ketahanan masyarakat dan menciptakan mata pencaharian lokal.

PGE memastikan bahwa penerapan aspek lingkungan, sosial dan tata kelola (ESG) merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari bisnis panas bumi. Penerapan ESG merupakan upaya untuk memberikan nilai tambah bagi PGE, sekaligus mendukung program pemerintah terkait pemanfaatan energi bersih terbarukan, khususnya panas bumi.

Komitmen PGE terhadap pengembangan energi panas bumi dapat membantu mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan 7 (energi bersih dan terjangkau), Tujuan 12 (konstruksi dan produksi yang bertanggung jawab), Tujuan 13 (menangani perubahan iklim) dan Tujuan 15. (ekosistem darat) untuk mencapai SDGs (Tujuan Pembangunan Berkelanjutan).

Penerbit : Euis Rita Hartati ([email protected])

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button