Peternakan Rajendra, Peternakan Kambing dan Domba - Wisata Edukasi - WisataHits
Yogyakarta

Peternakan Rajendra, Peternakan Kambing dan Domba – Wisata Edukasi

LANGIT7.ID, Jakarta – Rajendra Farm merupakan salah satu wisata edukasi yang berfokus pada peternakan kambing dan domba terpadu. Tempat ini menawarkan edukasi berupa pelatihan beternak domba.

Pengelola Desa Wisata Widosari Heri (37) menjelaskan kambing yang ada di Rajendra Farm terdiri dari dua jenis kambing yaitu Sapera dan Saanen.

“Kambing Sapera dan Saanen akan dipres menjadi susu dan diolah menjadi yoghurt, untuk itu kami sedang menunggu hasil dari BPOM,” kata Heri kepada Langit7, Jumat (19/8/2022).

Baca juga: Desa Wisata Widosari, Pemandangan Indah di Kulon Progo

Sedangkan untuk domba, kata Heri, kelompoknya biasanya memasoknya ke rumah makan dan bisa dijadikan sebagai pengawet. Seperti gulai dan tongseng yang dikalengkan.

“Makanan kalengan seperti gulai dan tongseng kambing sedang dimasak oleh masyarakat sekitar sebagai salah satu program pemberdayaan,” kata Heri.

Menurutnya, peternakan Rajendra memiliki juru masak khusus yang memproduksi daging olahan, mulai dari penyembelihan, pemasakan hingga pengalengan, yang diproduksi di ruangan tersendiri.

“Sekarang kami menggunakan pupuk kandang sebagai pupuk organik, dan kami juga melakukan perjalanan edukasi dari produksi ini,” katanya.

Wisatawan dapat melakukan kegiatan wisata edukasi dengan mengikuti proses pembuatan pupuk organik, serta pelatihan peternakan.

Heri menjelaskan, di kawasan Rajendra Farm juga terdapat bangunan berbentuk limas yang didesain khusus untuk pelatihan dan wisata kuliner seperti tongseng dan guling kambing.

“Kami juga memiliki fasilitas teater, biasanya kami bisa melakukan outbond dan kemudian membangun panggung dari bambu berbentuk gunung.

Baca Juga : Wisata Bahari Mangrove Baros, Eduwisata di Laguna Pantai Samas

Menurut Heri, panggung itu untuk pertunjukan tari dan tari, kunjungan dinas, dan lainnya.

Wisata edukasi ke Rajendra Farm ini berdiri sejak tahun 2018 dengan kapasitas hingga 1500 ekor kambing. Peternakan Rajendra terletak di desa wisata Widosari, tepatnya di desa Ngargosari, Samigaluh, Kulon Progo, Yogyakarta.

Sahabat Langit7 bisa mengunjungi kawasan wisata edukasi ini dengan biaya mulai Rp 35.000 per orang.

(Lembut)

Source: langit7.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button