Petahana Tak Lepas Lagi, Wajah Baru Muncul di Pilkades Tawangrejo Wonogiri - Solopos.com - WisataHits
Yogyakarta

Petahana Tak Lepas Lagi, Wajah Baru Muncul di Pilkades Tawangrejo Wonogiri – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Ilustrasi Pemilihan Kepala Desa atau Pilkades. (Solopos-Whisnupaksa Kridhangkara)

Solopos.com, WONOGIRI — Sebanyak lima orang telah terdaftar sebagai kepala desa (kades) Tawangrejo, Kecamatan Jatipurno, Wonogiri. Di sisi lain, kepala desa petahana dari desa setempat memutuskan untuk tidak mencalonkan diri lagi dalam pilkades serentak di 15 desa Wonogiri pada Rabu (12/7/2022).

Seperti diketahui, sebagian besar pendaftar pemilihan kepala desa berada di desa Tawangrejo (Kabupaten Jatipurno) dan Gambiranom (Kabupaten Batuwarno). Ada lima pendaftar di masing-masing dua desa.

Daihatsu Rocky Promotion, Harga Mobil Rp 200 Juta Jadi Hanya Rp 99.000

Jumlah pendaftar Pilkades di Desa Karangtengah (Kecamatan Karangtengah) mencapai empat orang. Selain itu, ada tiga pendaftar di dua desa, yakni Desa Glinggang (Kecamatan Pracimantoro) dan Desa Tempurharjo (Kecamatan Eromoko).

Sedangkan 10 desa lainnya masing-masing memiliki dua pendaftar. Masing-masing desa tersebut, seperti Desa Jatisrono (Jatisrono), Desa Geneng (Bulukerto), Desa Tanjung (Bulukerto), Desa Miri (Kismantoro), Desa Bakalan (Purwantoro), Desa Baleharjo (Eromoko), Desa Tambakmerang (Girimarto), Keloran (Selogiri), Desa Ngadiroyo (Nguntoronadi), Desa Wonoharjo (Nguntoronadi).

Ketua Panitia Pilkades Tawangrejo Triyono mengatakan, ada lima orang yang mendaftar sebagai calon kepala daerah Tawangrejo. Ini termasuk Untung, Sido, Marjuliyanto, Rejo dan Sutrisnowati. Kelima orang itu, kata Triyono, adalah warga biasa.

Baca Juga: Jumlah Pemilih di Pilkades Serentak Wonogiri Capai 40.122 Orang

“Tidak ada aparat desa, tokoh masyarakat biasa. Sekarang kami minta mereka mengisi surat-surat pendaftaran,” kata Triyono, Rabu (26/10/2022).

Kepala Desa Tawangrejo, Kecamatan Jatipurno, Suradi memutuskan untuk tidak melanjutkan jabatannya sebagai kepala desa di kemudian hari. Jabatan yang dijabatnya sejak 2016 akan berakhir pada akhir tahun ini.

Setelah jabatannya berakhir, Suradi mengaku akan melanjutkan usaha peternakan dan peternakannya. Hal ini sebenarnya sudah ia lakukan sejak sebelum menjabat sebagai Kepala Desa Tawangrejo.

“Waktu saya masih kepala desa, sebenarnya saya masih punya peternakan sapi. Namun jumlahnya sedikit, paling banyak sampai 30 ekor kambing. Setelah pekerjaan sebagai kepala desa selesai, saya akan meningkatkan lagi kegiatan peternakan dan pertanian saya,” katanya.

Baca Juga: Pendaftaran Selesai, Ini Tahap Selanjutnya Pilkades Serentak Wonogiri

Sejauh ini, seluruh panitia Pilkades di 15 desa di Kabupaten Wonogiri telah memasuki tahap penelitian berkas pendaftaran. Pelamar diminta untuk melengkapi berkas yang ditentukan oleh komisi dengan batas waktu 7 November 2022.

Kabid Pelayanan Pemberdayaan Masyarakat (PMD) Desa Wonogiri, Zyqma Idatya Fitha alias Fitha mengatakan, seluruh peserta yang dinyatakan telah melengkapi berkas dan memenuhi syarat panitia disebut sebagai kue dan nomor urut diterima Pilkades. pada 11 November 2022.

“Bisa jadi 40 pendaftar Pilkades sudah turun. Jika Anda menambahkannya, itu tidak mungkin. Misalnya, setelah diminta melengkapi berkas, ternyata ada desa yang calonnya kurang dari dua, kita akan lakukan perpanjangan pendaftaran setelah 7 November 2022,” kata Fitha menyetujui. Solopos.comSelasa (25/10/2022).

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button