Pesona Pulau Kelor, surga bahari yang tersembunyi di Labuan Bajo - WisataHits
wisatahits

Pesona Pulau Kelor, surga bahari yang tersembunyi di Labuan Bajo

Pesona Pulau Kelor, surga bahari yang tersembunyi di Labuan Bajo
Harga tiket: Dari Rp 600.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Pasir Putih, Kec. Komodo, Kab. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur; Kasus: Verifikasi lokasi

Pulau Kelor adalah surga wisata Labuan Bajo NTT yang menawarkan keindahan alam yang indah berupa deretan perbukitan hijau dengan laut jernih yang indah.

Indonesia memang dikaruniai kekayaan alam yang melimpah. Tak heran jika negara ini memiliki sejuta destinasi wisata alam yang menunggu untuk dijelajahi. Pulau Labuan Baju Kelor merupakan salah satu tempat wisata yang sangat populer saat ini bahkan di mancanegara.

Surga wisata yang terletak di Nusa Tenggara Timur (NTT) ini menawarkan keindahan alam yang masih asri berupa deretan perbukitan hijau dengan laut jernih yang menawan. Destinasi wisata berupa pulau kecil tak berpenghuni ini merupakan tempat wisata yang cocok dipilih oleh siapa saja yang mencari ketenangan.

Destinasi wisata Labuan Bajo di NTT ini dijamin membuat setiap orang yang menginjakkan kaki disana akan terpikat dan terpesona dengan keindahan alamnya yang masih alami. Banyak orang memilih tempat wisata pulau tak berpenghuni ini sebagai tempat bulan madu atau liburan keluarga.

Daya Tarik Pulau Kelor

Daya Tarik Pulau KelorKredit gambar: Google Maps Julien Dubois

Terletak di Kabupaten Manggarai, Flores, Pulau Kelor menghadirkan suasana romantis dan damai bagi siapa saja yang ingin berlibur ke sini. Labuan Bajo menjadi salah satu tempat wisata paling populer di Indonesia, kecuali Bali, bagi wisatawan mancanegara. Berikut daya tarik pulau kecil ini:

1. Keindahan alam yang tak terjamah

Daya tarik utama yang ditawarkan pulau Kelor bagi para wisatawan yang melintas tentunya pemandangan alamnya yang selalu begitu asri dan alami. Suasana yang tercipta dari pemandangan pulau ini mirip dengan pemandangan alam yang bisa dilihat di Selandia Baru.

Oleh karena itu, tempat wisata ini sangat cocok bagi mereka yang menyukai kegiatan fotografi. Ada banyak spot foto dengan background yang sangat menawan khas pulau tropis. Pulau ini berwarna hijau berkat pepohonan dan rerumputan yang tumbuh di atas bukit dan dikelilingi laut biru.

2. Pulau itu selalu sepi

Kebanyakan orang mencari tempat yang tenang dan sunyi ketika mereka memutuskan untuk pergi berlibur ke suatu tempat. Oleh karena itu, pulau kecil Labuan Bajo ini bisa menjadi pilihan yang tepat, apalagi pulau ini memang tidak berpenghuni.

Pulau Kelor juga cukup sepi karena belum banyak orang yang datang mengunjungi pulau ini. Sehingga wisatawan lebih leluasa menjelajahi berbagai tempat tersembunyi di pulau ini tanpa diganggu oleh wisatawan lain.

3. Suasana lebih romantis dan tenang

Daya tarik lain dari Pulau KelorKredit gambar: Google Maps Julien Dubois

Pesona pulau ini adalah suasananya yang sangat romantis dan tenteram. Nama Pulau Kelor Labuan Bajo sendiri memang sama dengan nama sebuah pulau di Kepulauan Seribu Jakarta. Namun suasana yang dirasakan dari kedua tempat ini sangat berbeda karena Pulau Labuan Bajo juga lebih tenang dan sunyi.

Pulau Labuan Bajo ini sangat cocok bagi siapa saja yang ingin bersantai jauh dari hiruk pikuk ibu kota karena suasananya yang tenang dan romantis. Oleh karena itu, banyak pasangan pengantin baru yang memilih menghabiskan bulan madu di destinasi wisata yang satu ini.

4. Sebagai pulau persinggahan

Pulau Kelor sebenarnya lebih dikenal sebagai pulau persinggahan dibandingkan pulau wisata utama Labuan Bajo. Umumnya masyarakat lebih mengenal nama pulau seperti Pulau Padar dan Pulau Rinca di kawasan ini.

Oleh karena itu, banyak penyedia jasa wisata yang hanya menggunakan pulau kecil ini sebagai persinggahan karena letaknya yang dekat dengan pulau terkenal ini. Meski hanya sekedar persinggahan, namun keindahan alamnya sayang jika dilewatkan begitu saja.

Dikelilingi oleh pasir putih dan ombak biru yang tenang, banyak wisatawan jatuh cinta dan mengabadikan keindahan pulau ini dalam foto mereka.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pulau KelorKredit gambar: Google Maps Asri Derulo

Pulau Kelor termasuk dalam kawasan wisata utama Labuan Bajo di wilayah Flores, Nusa Tenggara Timur. Letak pulau ini sendiri berdekatan dengan pulau populer lainnya di kawasan Labuan Bajo seperti Pulau Rinca, Pulau Padar, Pulau Komodo dan lain-lain.

Oleh karena itu, pulau ini dijadikan sebagai pulau persinggahan. Sehingga, itinerary untuk menuju pulau ini biasanya dibuat satu paket dengan paket Sailing Komodo.

Wisatawan dapat mencapai pulau tersebut menggunakan speed boat melalui Pelabuhan Tilong yang memakan waktu sekitar 20-30 menit. Pilihan lain yang tersedia adalah berangkat dari dermaga Labuan Bajo dan naik perahu selama 30 menit.

Biaya perjalanan ke Pulau Kelor

Pulau Kelor SegarKredit gambar: Google Maps Ahmed R.

Padahal, tidak ada tiket masuk khusus yang harus dibayar pengunjung saat ingin ke Pulau Kelor. Namun biaya yang perlu disiapkan wisatawan adalah biaya transportasi sewa kapal dari pelabuhan ke pulau dan sebaliknya.

Anggaran sewa perahu yang harus disediakan sekitar Rp 600 ribu yang bisa memuat 6 hingga 7 penumpang. Pilihan lain yang lebih hemat adalah dengan mengikuti open trip yang ditawarkan oleh Dinas Pariwisata Labuan Bajo.

Kegiatan open travel yang ditawarkan biasanya berlangsung selama 3 hari 2 malam dan wisatawan dapat mengunjungi berbagai tempat wisata di Labuan Bajo.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pulau Kelor

Kegiatan di Pulau KelorKredit gambar: Google Maps 林政錡

Dengan bentang alam yang masih asri dan belum banyak dijamah manusia, aktivitas yang bisa dilakukan di sana sangat bergantung pada apa yang ditawarkan pulau ini secara alami. Berikut beberapa aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan di Pulau Kelor.

1. Mendaki

Kegiatan yang bisa dilakukan di tempat wisata tidak hanya sekedar foto-foto. Wisatawan yang menyukai aktivitas fisik atau olahraga dapat menikmati bukit hijau di Pulau Labuan Bajo ini sebagai tantangan fisik.

Dengan medan yang cukup terjal, aktivitas pendakian di bukit tunggal ini memang cukup sulit, namun dijamin setiap orang akan puas saat mencapai puncak.

Meski kemiringan bukit hampir 45 derajat, namun sudah ada jalur pendakian untuk memudahkan wisatawan naik atau turun. Rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk mendaki bukit hingga ke puncak adalah 30-45 menit.

Meski cukup menguras tenaga dan terjal, semua kesulitan itu akan terbayar ketika sudah sampai di puncak. Wisatawan akan dihibur dengan keindahan gradasi laut biru yang terbentang luas di sekitar pulau.

2. Snorkling

Laut di sekitar Pulau Kelor sangat jernih dan ombaknya juga tenang. Sedangkan aktivitas air yang cocok dilakukan di sini adalah snorkeling. Wisatawan dapat menikmati pemandangan bawah laut yang masih alami dengan terumbu karang yang megah.

Fasilitas yang tersedia di area pulau

Fasilitas Pulau KelorKredit gambar: Google Maps Keigo T

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, Pulau Kelor lebih merupakan pulau persinggahan dibandingkan tempat wisata utama di kawasan Labuan Bajo.

Sedemikian rupa sehingga di pulau yang indah ini belum ada fasilitas yang dibangun, baik itu hotel, warung makan, mushola atau bahkan toilet. Setiap wisatawan yang ingin menghabiskan waktu di pulau ini harus menyiapkan bekal sendiri.

Pulau Kelor di Labuan Bajo ukurannya tidak terlalu besar namun menyimpan begitu banyak keindahan alam yang selalu indah dan jarang terjamah oleh manusia. Wisatawan yang ingin menikmati ketenangan dan suasana romantis tidak boleh melewatkan kesempatan untuk singgah di pulau hijau ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button