Pesona Pucok Krueng, Pemandian Alami Eksotis di Aceh Besar - WisataHits
wisatahits

Pesona Pucok Krueng, Pemandian Alami Eksotis di Aceh Besar

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 09.00-17.00 WIB, Alamat: Ikeunku, Kec. Lhoknga, Kab. Aceh Besar, Aceh.; Kasus: Cek lokasi

Berbicara tentang keindahan alam Indonesia, dari Sabang hingga Merauke, Anda akan menemukan keindahan alam di banyak tempat. Provinsi Aceh sebagai salah satu provinsi di Indonesia juga memiliki potensi wisata alam yang luar biasa dan tidak kalah dengan daerah lain. Kali ini kita akan membahas salah satu tempat wisata alam Aceh Besar yaitu Pucok Krueng.

Seperti namanya, Pucok Krueng – yang dalam bahasa Indonesia berarti “hulu sungai”, terletak di Kabupaten Aceh Besar. Wisata alam ini merupakan wisata alam kolam renang alam yang dikelilingi oleh tebing-tebing karst yang tinggi. Walaupun untuk menuju tempat ini tidak terlalu sulit, namun akses jalan yang belum beraspal menjadi penyebab rendahnya jumlah pengunjung ke tempat wisata ini.

Satu hal yang patut diacungi jempol adalah pemandangan alamnya yang masih alami. Meski belum banyak fasilitas pendukung dan tidak banyak yang bisa dilakukan di tempat wisata ini, namun keindahan pemandangan dan suhu udara yang sejuk menjadikan Pucok Krueng sebagai tempat wisata di Aceh yang patut untuk dikunjungi.

Daya Tarik Pucok Krueng

Atraksi Pucok KruengKredit gambar: Google Maps Irfan Munadi

1. Kolam Pirus Alami

Sementara sebagian besar warna kolam alami adalah hijau tua, di tempat ini Anda dapat menemukan kolam dengan warna pirus yang begitu menawan. Kolam renang ini menjadi salah satu daya tarik Pucok Krueng.

Kolam alami ini memanjang cukup luas, meski luasnya masih jauh lebih sedikit dari luas danau. Selain itu, ada juga bagian kolam renang yang berada di bawah dua tebing yang berhimpitan. Meski menarik untuk dikunjungi, bagian kolam di bawah kedua tebing ini merupakan titik rawan bagi seseorang yang kekurangan oksigen saat berenang.

Karena adanya bahaya yang lebih besar daripada manfaatnya, ditambah dengan adanya kasus tenggelam yang terjadi, selama beberapa tahun pengunjung dilarang berenang. Untuk alasan keamanan, tidak pernah salah untuk mematuhi peringatan yang dipasang.

2. Ragam formasi lanskap

Tebing-tebing megah tempat wisata ini merupakan bagian dari kawasan karst yang sering dikunjungi masyarakat. Karst itu sendiri secara singkat dapat didefinisikan sebagai zona berkapur. Tak heran Anda bisa melihat berbagai bentang alam – perbukitan, gua, dolina (kolam), bahkan stalaktit dan stalagmit.

Gua dan bentang alam yang beragam ini menjadi daya tarik Pucok Krueng selanjutnya. Namun, untuk mempelajari lebih jauh tentang keanekaragaman lanskap ini, Anda mungkin perlu menjelajahi area lokasi ini lebih dalam. Ini tidak disarankan karena tidak ada yang bisa menjamin keselamatan Anda saat menjelajahi lingkungan sekitar.

3. Lingkungan yang indah

Meski kawasan ini tidak begitu jauh dari kota besar seperti Banda Aceh, Anda tetap bisa menikmati kondisi alam yang begitu terjaga dengan baik di Pucok Krueng. Sebelum mencapai lokasi, Anda akan disuguhkan dengan hamparan sawah dan perkebunan rakyat, kemudian dilanjutkan dengan kawasan hutan.

Sesampainya di sana, Anda pasti akan dibuat takjub dengan keindahan tebing dan kolam berwarna biru kehijauan. Pepohonan ada di sana-sini, rerumputan terhampar sehingga terlihat mubazir jika tidak memiliki tikar untuk piknik.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pucok KruengKredit gambar: Google Maps Zulfikar Coet

Pucok Krueng terletak di Mon Ikeun, Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh. Dari Banda Aceh, ibu kota provinsi Aceh, Anda tidak perlu menempuh jarak ratusan kilometer. Cukup menempuh jarak 18 kilometer melalui rute: Jl. Teuku Umar – Jl. Couper Nyak Dien – Jl. Banda Aceh-Calang – Jl. Banda Aceh-Meulaboh – Jl. PT Sai – Jl. Pucuk Krueng.

Anda bisa menggunakan peta online untuk menuju lokasi kolam alami di lokasi ini, namun jangan sungkan untuk bertanya kepada masyarakat sekitar. Menurut tinjauan lokasi ini, peta online sering dianggap “menyesatkan”, jadi disarankan untuk menanyakan arah kepada masyarakat setempat.

Untuk menuju kesana sebaiknya membawa kendaraan pribadi, baik itu kendaraan roda dua maupun roda empat. Jika Anda berangkat dari kota, Anda mungkin dapat menggunakan layanan transportasi online. Namun, mendapatkan kendaraan untuk kembali ke kota bisa sangat sulit.

Perlu diketahui juga bahwa jalan menuju lokasi (Jl. Pucuk Krueng) masih belum beraspal dan cenderung berlumpur terutama saat musim hujan. Disarankan juga untuk pulang sebelum matahari terbenam karena tidak ada lampu di jalan menuju Pucok Krueng.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga tiket masuk Pucok KruengKredit Gambar: Google Maps Muhammad Akbar

Untuk memasuki lokasi wisata Pucok Krueng, Anda tidak dikenakan biaya tiket masuk apapun. Pasalnya, belum ada manajemen khusus yang mengelola kawasan wisata alam ini. Dengan demikian, pengelolaan tempat wisata ini diserahkan kepada masyarakat sekitar.

Meski begitu, bukan berarti untuk memasuki kawasan wisata ini Anda tidak dikenakan biaya sama sekali. Umumnya, Anda akan dikenakan biaya pembersihan sebesar Rp 5000. Biaya parkir juga menggunakan nominal yang sama. Konon, dengan biaya minimal, Anda bisa mendapatkan pemandangan yang sangat indah dan alami.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pucok Krueng

Kegiatan menarik di Pucok KruengKredit gambar: Twitter Travellink Indonesia

Ada banyak aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di tempat wisata alam Aceh Besar ini, misalnya:

1. Nikmati pemandangan alam

Sebelum sampai di sana, Anda akan melintasi hutan kecil yang didahului persawahan dan perkebunan penduduk setempat. Bagi Anda yang belum berpengalaman berkendara di jalan yang “berbeda” dengan jalan kota, jalan Pucok Krueng bisa menjadi tempat latihan Anda. Tidak juga off road ya, tapi kamu tetap harus berhati-hati saat melintasi jalan yang sepi.

Setelah melewati jalan yang tidak begitu mulus, semua rasa lelah akan hilang begitu melihat tebing-tebing karst terjal yang ditumbuhi pepohonan di sekitarnya. Tidak ada alasan untuk meragukan ekosistem karst di sini, karena pemandangannya masih begitu indah.

2. Piknik keluarga

Meski fasilitas yang tersedia sedikit, Anda bisa bersantai bersama keluarga atau orang-orang terdekat dari tempat wisata ini. Suasana tenang di sekitar tempat wisata dan keindahan pemandangan alam di sekitarnya menjamin Anda bisa melepas penat dan kebosanan.

3. Ambil foto Ria

Di era media sosial, rasanya hambar mengunjungi lokasi wisata tanpa menghabiskan waktu untuk berfoto. Apalagi jika background pengambilan fotonya sebagus kolam alami dan tebing karst Pucok Krueng. Warna hijau yang dipadukan dengan minimnya fasilitas buatan membuat tempat ini menjadi spot yang bagus untuk hunting foto landscape.

4. Memancing

Meski tidak banyak orang yang melakukannya, terkadang Anda bisa menemukan orang memancing di kawasan wisata. Untuk memancing Anda tidak perlu membayar biaya apapun tetapi pastikan Anda membawa peralatan sendiri dan izin dari pengelola lokasi.

5. Berenang

Warna kolam alami di tempat ini adalah pirus dan terlihat begitu segar. Tentu saja, semua orang yang suka berenang akan segera tertarik ‘terrier’‘. Meski ada imbauan dari kepolisian setempat untuk tidak berenang di sini, terkadang ada warga yang nekat berenang. Panggilan itu dilakukan setelah seorang korban meninggal karena tenggelam saat berenang.

Jika Anda ingin berenang di sini pastikan Anda tidak berenang sejauh itu. Cobalah untuk menghindari kolam di tebing meskipun bagian itu sangat menarik untuk dijelajahi. Juga, hindari menyelam terlalu dalam. Tidak ada tim penyelamat di lokasi ini, jadi Anda bertanggung jawab atas keselamatan pribadi Anda.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pucok KruengKredit gambar: Google Maps Irfan Munadi

Memang tidak banyak fasilitas yang disediakan oleh destinasi wisata ini. Saat pertama kali masuk, Anda pasti bisa menemukan tempat parkir campur yang dikelola oleh masyarakat sekitar. Seperti yang sudah disebutkan, siapkan biaya parkir sebesar Rp 5.000. Tarif untuk kendaraan roda dua dan empat dapat bervariasi.

Selain itu, di lokasi wisata Pucok Krueng, Anda bisa menemukan warung-warung kecil dan tempat duduk yang mungkin tidak terlalu memadai. Warung yang tersedia bahkan tidak banyak menjual makanan, jadi sebaiknya bawa makanan sendiri dari rumah.

Mushola terbuka (tanpa dinding) juga tersedia di kawasan wisata ini. Toilet sebagai salah satu fasilitas penting tersedia di lokasi. Kebersihan fasilitas di tempat ini bisa dikatakan baik, walaupun dibandingkan dengan fasilitas di tempat wisata lainnya, fasilitas wisata di tempat ini masih perlu banyak perbaikan.

Meski dengan fasilitas yang hanya bisa dibilang “minimal”, tak ada salahnya jika Anda berkunjung ke Pucok Krueng untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman-teman. Lokasinya yang tidak terlalu jauh dari kota besar dan pantai Lhoknga menjadikan destinasi alam ini layak untuk dikunjungi. Daftar Keinginan saat berkunjung ke Aceh Besar.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button