Pesona Pantai Iboih, surga laut tersembunyi yang eksotis di Sabang - WisataHits
wisatahits

Pesona Pantai Iboih, surga laut tersembunyi yang eksotis di Sabang

Harga tiket: Gratis, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Iboih, Kecamatan. Sukakarya, Kota Sabang, Aceh; Kasus: Cek lokasi

Pantai Iboih Sabang mungkin sudah tidak asing lagi bagi para pemburu vitamin laut. Pasalnya, keindahan pantai yang terletak di Pulau Weh ini tidak pernah menjadi tujuan wisata wajib bagi sebagian besar wisatawan yang berlibur ke kota Sabang.

Selain bisa menikmati suasana pantai yang damai jauh dari hiruk pikuk kota, wisatawan juga bisa menyaksikan langsung keindahan biota laut Pantai Iboh tanpa harus berenang. Belum lagi penduduk setempat menawarkan berbagai hidangan lezat berbahan dasar laut segar yang tidak boleh dilewatkan.

Punya rencana liburan setelah pandemi berakhir? Berkunjung ke Kota Sabang adalah ide yang tepat, apalagi jika Anda singgah di Pantai Iboih. Informasi di bawah ini dapat memandu Anda untuk lebih mengenal pantai ini sebelum mengunjunginya.

Atraksi Pantai Iboih

Aktivitas di Pantai IboihKredit gambar: Google Maps Atashi Despacito

1. Pelabuhan yang Menawan

Pada dasarnya, Pantai Iboih, yang juga disebut Teupin Layeu oleh penduduk setempat, adalah sebuah pelabuhan. Dari pelabuhan inilah para pelancong memulai perjalanan mereka ke Pulau Rubiah. Meskipun banyak yang menganggap Iboih sebagai pelabuhan, Iboih masih merupakan pantai yang indah untuk dikunjungi.

2. Air laut berwarna biru kehijauan

Pantai ini memiliki air laut yang sangat jernih. Dilihat dari kejauhan, air pantai ini berwarna biru kehijauan. Saking indahnya, para traveler yang datang kesini betah berlama-lama menikmati keindahan alam yang disuguhkan.

3. Keanekaragaman biota laut

Objek wisata yang dimiliki oleh Pantai IboihKredit gambar: Twitter Tony

Tidak hanya menyuguhkan pemandangan yang memanjakan mata, pantai Iboih juga menawarkan keindahan biota laut yang luar biasa. Memiliki air laut yang jernih tentu bisa menggambarkan seperti apa kehidupan bawah laut di pesisir kota di ujung barat negara ini.

4. Pasir putih bersih

Meski menjadi tempat perahu nelayan dan perahu untuk menyeberang ke Pulau Rubiah, Iboih memiliki pasir putih yang begitu bersih. Tak heran jika objek wisata ini masih alami, mengingat para pelancong sangat sadar akan pentingnya menjaga kebersihan salah satu surga dunia ini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai IboihKredit gambar: Twitter tfaisal

Pantai Iboih, juga dikenal sebagai Teupin Layeu, terletak di bagian utara provinsi Banda Aceh. Tepatnya terletak di Pulau Weh, Kota Sabang, yang merupakan kota di ujung barat Indonesia.

Akses menuju destinasi ini sangat mudah. Jika Anda datang dari luar Aceh, perjalanan menuju pantai bisa dimulai langsung dari Terminal Batoh atau Bandara Sultan Iskandar Muda. Dari bandara, Anda bisa menggunakan angkutan umum untuk menuju pelabuhan Ulee Lheue.

Sesampainya di pelabuhan, Anda harus terlebih dahulu membeli tiket kapal untuk menyeberang ke Sabang. Waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke Pantai Iboih sekitar 45 menit hingga lebih dari 1 jam, tergantung jenis perahu yang Anda pilih.

Sesampainya di Pelabuhan Balohan, Anda bisa menggunakan moda transportasi umum seperti becak atau taksi. Jika Anda tidak ingin menggunakan transportasi umum, Anda dapat menyewa sepeda motor atau mobil dengan harga yang berbeda. Dari pelabuhan, Anda harus menempuh jarak sekitar 30 km dalam waktu 45 menit untuk mencapai pantai.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga Tiket Pantai IboihKredit gambar: Twitter Radio Sonora Jakarta

Perlu diingat bahwa Iboih adalah pelabuhan. Inilah sebabnya mengapa wisatawan tidak membayar tiket masuk untuk menikmati keindahan laut Pelabuhan atau Pantai Iboih. Namun, wisatawan tentu harus menyiapkan dana agar bisa sampai ke pantai.

Kecuali biaya tiket pesawat, pengunjung harus menyiapkan kocek sekitar Rs 50.000 untuk naik angkutan umum dari bandara atau terminal ke Pelabuhan Ulee Lheue. Dari pelabuhan di Pulau Weh, pengunjung bisa naik feri atau speedboat dengan biaya sekitar 50.000 rupee selama 45 menit.

Sedangkan jika Anda lebih suka menggunakan feri, harga tiketnya tentu jauh lebih murah, sekitar Rp 20.000. Namun, waktu tempuh sekitar 2 jam 40 menit untuk sampai ke pantai yang indah ini.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Iboih

Aktivitas di Pantai Pantai IboihKredit Gambar: Instagram Onyeng Gta

Ingin mengunjungi pantai eksotis di Sabang? Berikut adalah beberapa cara terbaik untuk menikmati surga dunia di pantai barat Indonesia ini:

1. Menyelam skuba

Menyelam merupakan salah satu aktivitas yang wajib dilakukan di Pantai Iboih, khususnya bagi wisatawan mancanegara. Banyak penyelam profesional dan amatir datang untuk melihat kehidupan laut seperti apa yang ditawarkan pantai di Pulau Weh ini.

Pengunjung yang ingin melihat terumbu karang di pantai ini bisa menyewa alat snorkeling dengan harga sewa yang bervariasi mulai dari Rp 400.000. Biaya kursus ini sudah lengkap dengan dive guide yang handal.

2. Snorkeling

Selain menyelam, snorkeling juga merupakan salah satu kegiatan yang paling banyak dilakukan oleh wisatawan. Banyak warga di kawasan ini yang menawarkan alat snorkeling dengan harga sewa yang terjangkau.

Saat melakukan aktivitas ini, pengunjung dapat melihat ikan-ikan kecil dengan berbagai warna dan jenis. Apalagi keindahan terumbu karang di bawah air laut yang dangkal juga siap memanjakan mata siapa saja yang mengamatinya.

3. Saksikan kehidupan laut dengan perahu kaca

Tidak semua pengunjung Pantai Iboih suka basah kuyup. Meski begitu, wisatawan tetap bisa menikmati keindahan bawah laut pantai yang indah ini dengan menaiki perahu yang di tengahnya terdapat kaca bening.

Untuk bisa mencoba aktivitas menarik ini, wisatawan bisa menyewa perahu di pantai Iboih dan operator perahu akan mengantar Anda berkeliling pantai tergantung paket yang dipilih. Jika memilih paket Pulau Rubiah, operator akan mengantar pengunjung dari pelabuhan menuju Pulau Rubiah sambil menikmati pemandangan laut yang terlihat begitu jernih berkat air laut yang jernih.

4. Saksikan matahari terbit

Aktivitas menarik di Pantai IboihKredit gambar: Pengelolaan Donasi Google Maps

Pantai Iboih memiliki letak geografis yang tidak begitu ideal untuk menikmati sunset. Justru tempat ini lebih ideal untuk menyaksikan matahari terbit di ufuk timur. Gradasi warna yang dihadirkan terlihat lebih natural. Pemandangan indah ini setidaknya bisa dilihat sejak pukul enam pagi.

5. Nikmati makanan laut

Perjalanan ke pantai ini tidak akan lengkap tanpa mencicipi makanan laut lokal. Banyak sekali warung makan yang menjual berbagai macam seafood yang masih segar dengan cita rasa yang menggiurkan. Jangan lupakan masakan khas Aceh yang wajib kamu coba.

Penginapan murah di sekitar pantai

Akomodasi di sekitar Pantai IboihKredit gambar: Google Maps Bjorn Jeurgens

1. Penginapan Iboih

Iboih Inn terletak di Jalan Pantai Iboih, Sukakarya, Kota Sabang. Hanya perlu berjalan kaki sekitar 9 menit untuk sampai ke pantai. Yang menarik dari hostel ini adalah balkonnya yang menghadap ke pantai. Di sini, pengunjung bisa bersantai sambil menikmati keindahan Laut Iboih tanpa basah kuyup.

2. Bungalo Iboih

Hostel ini berada di lokasi yang bagus untuk menikmati pemandangan pantai, wisata kuliner, ATM, atau hanya berjalan-jalan. Tarif kamar per malam cukup terjangkau, apalagi jika bukan saat musim liburan. Yang menarik adalah ada tempat tidur gantung disiapkan di setiap ruangan. Sehingga pengunjung bisa bersantai menghadap pantai.

3. Teupin Layeu

Hostel ini juga masih berada di kawasan Iboih, Kota Sabang. Untuk bisa mengunjungi pantai ini, pengunjung hanya perlu berjalan kaki selama dua menit. Fasilitas kamar yang ditawarkan juga cukup lengkap seperti AC, tempat tidur bersih dan toilet. Selain itu, setiap kamar di hostel ini langsung menghadap ke pantai.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pantai IboihKredit gambar: Google Maps Rizki Foody

Sebagai destinasi favorit di Kota Sabang, Pantai Iboih menawarkan fasilitas umum dan wisata yang cukup lengkap. Selain dermaga tempat banyak angkutan laut singgah, pantai ini juga penuh dengan warung atau tempat makan dan juga hostel yang didesain stylish. bungalo.

Karena kehidupan bawah laut menjadi daya tarik utama pantai ini, maka diving dan snorkeling otomatis menjadi kegiatan yang paling banyak dicari oleh banyak wisatawan. Tidak perlu khawatir jika Anda tidak membawa perlengkapan karena banyak penduduk lokal yang menyewakan perlengkapan menyelam dan snorkeling dengan harga sewa mulai dari Rs 50.000.

Selain itu, pantai ini juga menawarkan perahu kaca yang bisa disewa pengunjung untuk berkeliling kawasan Iboih hingga Pulau Rubiah. Saat menaiki kapal ini, pengunjung dapat melihat pemandangan bawah laut melalui kaca di bagian tengah kapal.

Pantai Iboih Sabang adalah surganya para penyelam, bahkan orang asing. Tentu bukan tanpa alasan, air yang jernih, pasir putih yang lembut, serta pemandangan bawah laut yang fantastis menjadi daya tarik utama pantai ini. Ingin mengunjungi surga laut ini? Mungkin Anda bisa merencanakannya mulai sekarang.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button