Pesona Pantai Banyu Tibo, surga bahari yang tersembunyi di Pacitan - WisataHits
wisatahits

Pesona Pantai Banyu Tibo, surga bahari yang tersembunyi di Pacitan

Pesona Pantai Banyu Tibo, surga bahari yang tersembunyi di Pacitan
Harga tiket: Rp3.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Widoro, Kec. Donorojo, Kab. Pacitan, Jawa Timur; Kasus: Verifikasi lokasi

Pantai Banyu Tibo adalah sebuah pantai di Desa Widoro, Kabupaten Pacitan. Pantai indah ini terletak di sebelah barat Kabupaten Pacitan, jika Anda berada di pusat kota Pacitan jarak tempuhnya sekitar 40 kilometer.

Pantai ini sangat terkenal dengan kawasannya yang memiliki pesona luar biasa layaknya surga tersembunyi dengan pasir putih bersih. Pantai yang menawan ini memiliki pemandangan yang sangat indah dan tentunya tidak membuat bosan untuk sering berkunjung ke sini.

Pantai dengan air berwarna biru kehijauan yang mampu menyejukkan mata saat memandangnya membuat siapapun yang berkunjung sangat nyaman. Bagi anda yang belum pernah mengunjungi pantai ini tidak perlu khawatir karena pada artikel kali ini kami akan membahas segala hal tentang Pantai Banyu Tibo secara detail.

Daya tarik yang dimiliki Pantai Banyu Tibo

Objek Wisata Pantai Banyu TiboKredit gambar: Google Maps Stéphanie Jessy JS

Untuk daya tarik pantainya sendiri sudah tidak perlu diragukan lagi karena itulah banyak wisatawan yang mengunjunginya.

1. Pesona Pantai Banyu Tibo

Nama pantai Banyu Tibo sendiri diambil dari bahasa Jawa yang berarti air terjun. Air terjun di pantai ini tidak akan mengering meski musim kemarau melanda. Untuk mengakses pantainya sendiri harus sedikit berhati-hati karena jalannya agak terjal, harus menuruni tangga permanen dan manual untuk sampai ke pantai.

Pesona lainnya adalah saat sunset tiba, pantai ini adalah pantai yang tepat untuk anda jika ingin menikmati suasana senja saat sunset, bonusnya anda juga bisa melihat indahnya langit pagi saat matahari mulai terbit jika anda menghabiskan waktu. malam di pantai ini.

2. Air terjun dan pantai adalah satu

Struktur pantai ini sendiri hampir terlihat seperti tebing kecil, sehingga untuk mencapainya pasti membutuhkan sedikit usaha agar bisa menikmati pantai dan air terjunnya sekaligus. Garis pantai pantai ini juga tidak terlalu panjang karena tertutup tebing-tebing lainnya.

Bagi Anda yang ingin berenang di bawah air terjun, Anda juga harus berhati-hati dengan ombak di sini karena ombaknya cukup besar dan jarak antara pantai dan air terjun hanya beberapa meter saja. Jadi anda harus melihat keadaan terlebih dahulu, jika air surut anda bisa menikmati air terjun, namun jika sedang pasang anda harus menjauhi pantai.

Anda tetap bisa menikmati keindahan pantai dengan melakukan aktivitas lain seperti berfoto di atas tebing dan menyaksikan deburan ombak dari atas. Selain itu bagi anda yang hobi mancing, pantai ini adalah surganya para pemancing, banyaknya bebatuan dan tebing yang pasti dihuni oleh biota laut, anda bisa menggunakan teknik rock fishing untuk mendapatkan joran anda dengan mudah.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai Banyu TiboKredit gambar: Google Maps Tri Junaedi Sabri

Namun, jika Anda memilih melalui jalan utama Solo – Pacitan, Anda akan menemukan simpang tiga di dekat Masjid Raya Punung, Jawa Timur. Setelah itu, Anda tinggal mengikuti jalan Goa Gong dan lanjut ke jalan Kalak.

Sesampainya di desa Widoro Anda hanya perlu mengikuti rambu-rambu yang telah disediakan, pastikan Anda membaca rambu-rambu tersebut dengan seksama agar tidak bingung!

Sarana transportasi untuk menuju pantai indah ini pun beragam, namun lebih disarankan menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan sepeda motor karena akses transportasi umum agak sulit.

Harga tiket masuk wisata pantai

Bagi anda yang suka berwisata namun juga tidak ingin mengeluarkan uang terlalu banyak, Pantai Banyu Tibo adalah tempat yang wajib anda kunjungi, harga tiket masuknya pun bervariasi, namun tentunya hal tersebut tidak akan menguras kantong anda. Harga tiket dibagi menurut weekend dan weekdays, selain itu juga dibedakan untuk anak-anak dan dewasa.

Di hari biasa, tiket yang harus dibayar untuk anak-anak hanya Rp 2.000, sedangkan di akhir pekan Rp 3.000. Untuk tiket dewasa di hari kerja Rp 3.000 sedangkan di akhir pekan hanya Rp 5.000, murah bukan? Biaya parkir yang dikeluarkan juga murah yaitu Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 jika mengendarai mobil.

Pantai Banyu Tibo tidak memiliki jam buka yang berarti Anda bisa berkunjung kapan saja karena pantai ini buka 24 jam sehari. Namun perlu diingat pada malam hari pasti tidak ada petugas atau pengunjung lainnya, jadi usahakan datang pada waktu yang masuk akal.

Aktivitas Seru Yang Bisa Dilakukan Di Pantai Banyu Tibo

Aktivitas Seru di Pantai Banyu TiboKredit gambar: Google Maps Bagus Reza Erlangga

Kegiatan apa saja yang bisa kamu lakukan disini? Pastinya kamu penasaran banget dengan kegiatan yang bisa kamu praktikkan, berikut detailnya.

1. Ambil foto di tempat terbaik

Sudah bukan rahasia lagi jika anda berkunjung ke pantai ini harus mengabadikannya dengan kamera baik kamera dslr maupun kamera handphone, namun setiap pantai pasti memiliki ciri khas tertentu yang membuat spot foto berbeda-beda, seperti di pantai banyu tibo . Spot foto pertama adalah air terjun. Hah air terjun di pantai? Benar sekali, Anda bisa menikmati nuansa pantai dan air terjun sekaligus di pantai menawan ini. Air terjun dengan ketinggian sedang ini langsung menghadap ke pantai jadi pastinya sangat indah bukan?

Spot foto yang kedua adalah saat matahari terbenam atau sunset, saat matahari terbenam tiba, anda bisa menikmati romantisme langit bersama orang tersayang sambil mencicipi makanan khas pantai, selain itu tentunya sangat bagus jika momen ini di abadikan dengan handphone anda dan di posting di media sosial.

2. Menikmati keindahan pantai

Saat pertama kali menginjakkan kaki anda akan disambut oleh pemandangan sungai yang tidak terhalang dengan nuansa pedesaan yang sangat kental disertai angin sepoi-sepoi yang bertiup, selain itu anda juga dapat menikmati pemandangan sambil menyantap beberapa warung makan yang sudah tersedia di sekitar Banyu Pantai Tibo, salah satunya adalah lobster mutiara. Menu ini merupakan menu andalan warung disini dan lobster ini dikenal sebagai lobster yang paling enak.

Selain itu, di warung ini Anda juga bisa menikmati pemandangan air terjun dan pantai sekaligus. Harus diingat bahwa air di sungai ini adalah air yang berasal dari sungai alami, lebih tepatnya dari mata air pegunungan, bisa dibayangkan betapa segarnya? Selain itu, di pantai cantik ini juga terdapat jembatan yang bisa kamu jadikan spot foto seru, sembari sungainya bisa kamu gunakan untuk berenang.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas Pantai Banyu TiboKredit Gambar: Google Maps Imam Fahrudin

Karena pantai ini sangat ramai maka fasilitas yang disediakan pengelola pantai pun tidak sembarangan, fasilitas pantai indah ini cukup lengkap dan nyaman untuk digunakan.

  • Akomodasi
  • Kopi
  • Restoran
  • Kamar mandi yang nyaman
  • Menjembatani
  • Tempat parkir

Demikian informasi Pantai Banyu Tibo yang dapat disampaikan, semoga informasi diatas bermanfaat dan di lain kesempatan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button