Pesona Coban Rondo, Kesegaran Air Terjun Eksotis di Batu Malang - WisataHits
wisatahits

Pesona Coban Rondo, Kesegaran Air Terjun Eksotis di Batu Malang

Coban Rondo adalah air terjun Batu Malang yang memiliki pesona alam mengejutkan. Wisata bahari yang eksotis dengan pemandangan alam yang memanjakan mata pengunjung.

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Lokasi: Jl. Coban Rondo, Krajan, Pandesari, Kec. Pujon, Kab. Malang, Jawa Timur; Kasus: Cek lokasi

Malang cukup terkenal dengan berbagai wisata yang ditawarkannya. Dari wisata alam yang luar biasa, wisata kuliner, dll. Daerah provinsi Jawa Timur ini sudah terkenal di seantero Nusantara. Bahkan beberapa turis asing juga tertarik untuk mengunjungi kawasan ini.

Malang tidak hanya terkenal dengan apelnya atau kampung Inggris di sana. Namun, beberapa keingintahuan alam membuat kawasan ini banyak dikunjungi wisatawan. Salah satunya adalah air terjun yang bernama Coban Rondo. Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, artinya air terjun janda.

Asal usul nama tempat ini memang cukup menarik. Konon air terjun ini dinamai demikian karena seorang wanita bernama Dewi Anjarwati bersembunyi di sana untuk menyelamatkan diri dari seorang pria yang mencoba merebutnya. Suaminya berkelahi dengan pria itu dan meninggal, dia menjadi janda.

Tempat Wisata Coban Rondo

Atraksi Coban RondoKredit gambar: Twitter IKEN

1. Pemandangan alam yang luar biasa dan eksotis

Jika wisatawan berkunjung ke destinasi ini, mereka akan dibuat takjub dengan keindahan alam yang tersaji di sana. Air terjun dengan ketinggian sekitar 84 meter ini memang sangat indah memanjakan mata. Berlibur di tempat ini pasti akan memberikan pengalaman yang luar biasa.

Berbeda dengan air terjun pada umumnya yang memiliki bentuk alam yang relatif tertutup dengan tebing-tebing tinggi yang mengelilinginya, tempat wisata ini justru menampilkan keterbukaan bentang alamnya. Pohon-pohon pinus yang tumbuh di sekitar membuat tempat ini lebih alami.

Tebing yang membentuk air terjun ini memiliki bentuk yang melebar ke kanan dan ke kiri. Hal ini membuat tempat ini cukup terbuka, apalagi jika dilihat dari atas destinasi. Dengan bentuk lansekap seperti itu, pengunjung bisa menikmati sinar matahari saat cuaca sedang bagus.

Nuansa di tempat wisata ini sejuk dan asri. Banyak pohon tumbuh di daerah itu. Banyak sekali turis yang bermain di tempat ini. Selain bermain air yang cukup sejuk, berfoto merupakan hal yang tidak akan terlupakan saat Anda berada di destinasi ini.

Air terjun dengan ketinggian 1.135 mdpl ini berasal dari Cemoro Dudo yang merupakan lereng Gunung Kawi.

2. Labirin kecil di dekat air terjun

Tempat wisata Coban Rondo ini cukup terkenal dengan adanya labirin di dekatnya. Labirin ini terbentuk dari tanaman yang tumbuh di sana. Adanya kunjungan ini menjadi daya tarik tersendiri dari air terjun yang ada di Kabupaten Malang Jawa Timur ini.

Labirin ini memiliki ketinggian hingga 2 meter. Area jalan setapak cukup untuk dilalui beberapa orang. Di tengah labirin terdapat air mancur yang membuat tempat ini semakin megah. Air mancur seolah menjadi jantung keindahan labirin Coban Rondo.

Yang membuat tempat ini semakin menarik adalah rute atau pola labirinnya yang berubah-ubah setiap harinya. Bagi wisatawan yang pernah mengunjungi tempat ini, tidak bisa selalu melewati labirin dengan pola yang sama seperti sebelumnya. Inilah yang menjadi daya tarik dari tempat wisata ini.

3. Berbagai wahana menarik untuk dicoba

Tempat wisata ini tidak hanya menawarkan pengunjung pemandangan alam khas air terjun pada umumnya. Pengunjung dapat mencoba beberapa jalan-jalan wisata yang ditawarkan oleh pengelola.

Ada banyak wahana yang tersedia di tempat ini untuk dinikmati pengunjung. Beberapa di antaranya adalah flying fox, camping ground, berbagai outing, fun tubing, paintball, perkebunan apel. Ada begitu banyak pilihan bagi pengunjung untuk menikmati destinasi ini.

Pengunjung tidak hanya senang melihat keindahan alam tempat ini, tetapi juga wisata yang ditawarkan. Bahkan, wisatawan juga bisa berkemah di sana. Ini akan memberikan pengalaman yang luar biasa, yaitu berkemah di dekat air terjun yang cukup indah.

Dengan berbagai jenis wisata yang bisa dipilih, tempat ini sangat menarik untuk dikunjungi. Pengunjung tidak akan bosan mencari cara untuk menikmati destinasi ini. Fasilitas untuk wisata ini juga cukup memadai, sehingga akan sangat mudah untuk menikmatinya.

Seperti tempat-tempat lain di sekitar Malang, destinasi ini juga menawarkan wisata perkebunan apel. Apel malang yang cukup terkenal itu ditanam oleh pengelola di tempat ini. Keberadaannya menjadikan ciri khas wisata. Pengunjung dapat memetik apel dan mencicipinya.

Alamat dan Rute Menuju Tempat Wisata Coban Rondo

Alamat Coban RondoKredit gambar: Google Maps di Sari Putri

Tempat wisata ini terletak di Pandesari, sebuah desa di kecamatan Punjong. Tempat ini terletak di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Ada beberapa pilihan untuk menuju lokasi ini. Diantaranya dilakukan dengan kendaraan umum atau kendaraan pribadi.

Jika pengunjung menggunakan angkutan umum, bisa naik bus menuju terminal Arjosari Malang. Setelah itu, naik bus yang menuju Landungsari. Setelah sampai di Landungsari, naik bus kembali ke arah Pujon atau Kediri. Setelah berjalan, turun di pertigaan patung sapi dan menyewa ojek.

Namun, jika pengunjung menggunakan kendaraan pribadi, akan cukup mudah. Pengunjung cukup mengikuti jalan menuju Pujon. Saat sampai di puncak perbukitan yang akan dilalui, maka ada papan petunjuk arah menuju lokasi wisata air terjun. Pengunjung tinggal mengikutinya saja untuk sampai ke tujuan.

Jarak tempat wisata dengan pusat kota Malang hanya sekitar 30 kilometer. Waktu tempuh kurang lebih 1 jam. Sedangkan jarak tempuh dari kota Surabaya sekitar 142 kilometer dengan waktu tempuh berkisar antara 3 sampai 4 jam tergantung kondisi jalan apakah macet atau tidak.

Harga Tiket Masuk Coban Rondo Batu Malang

Harga Tiket Coban RondoKredit gambar: Google Maps Djoko Nurtjahjo

Jika ingin memasuki tempat wisata ini, pengunjung tidak perlu khawatir kehilangan banyak uang. Untuk turis asing biayanya hanya Rp 10.000, sedangkan untuk turis lokal hanya Rp 8.000.

Di tempat wisata ini, jika pengunjung membawa kendaraan, dikenakan biaya kendaraan dan biaya parkir. Di sini, Anda tidak hanya harus membayar biaya parkir, tetapi juga biaya kendaraan yang hidup di lokasi.

Biaya untuk beberapa jenis kendaraan adalah Rp 2.000 hanya untuk kendaraan roda 2 dan Rp 4.000 untuk kendaraan roda 4. Jika pengunjung menggunakan bus atau lainnya yang memiliki roda 6 atau lebih, Rp 4.000 untuk kendaraan roda 4.

Biaya parkirnya sendiri sama untuk kendaraan roda 2 dan 4 hanya Rp 4.000. Jika pengunjung menggunakan kendaraan roda 6 atau lebih, dikenakan biaya parkir sebesar Rp 6.000.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Coban Rondo

Kegiatan Coban RondoKredit gambar: Google Maps Dimas Saputro

1. Ambil gambar

Seperti diketahui, tempat wisata di Malang ini memiliki pesona alam yang luar biasa. Sangat disayangkan jika tidak mengabadikan momen di sini dengan berfoto.

Tampilan alamnya yang luar biasa membuat tempat ini menjadi salah satu pilihan untuk dijadikan background foto untuk diunggah ke jejaring sosial. Keindahan air terjun ini juga akan membuat foto yang diambil menjadi begitu indah.

2. Nikmati air terjun yang mengalir

Berkunjung ke air terjun akan sangat mengecewakan Anda jika tidak merasakan sensasi air terjun dari ketinggian. Air terjun yang mengalir tentu membuat daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Jika Anda datang ke tempat ini, Anda pasti merasakan air terjun yang mengalir. Bermain air juga bisa diabadikan dengan berfoto. Berfoto sambil menikmati tempat wisata ini menjadi pilihan lain bagi pengunjung untuk berfoto. Wisatawan pasti akan mendapatkan gambar yang luar biasa dan indah.

3. Manfaatkan tur wisata yang tersedia

Air terjun ini tidak hanya memiliki keindahan alam yang indah untuk dinikmati, tetapi juga menawarkan beragam wisata. Di tempat ini, pengunjung bisa merasakan sensasi kunjungan tersebut. Salah satunya adalah wisata paintball.

Pengunjung bisa menikmati permainan menembak ini dengan merogoh kocek Rp 450.000. Harga ini untuk permainan 3 orang melawan 3 orang lainnya.

Selain itu, pengunjung dapat memanfaatkan wisata air yang ditawarkan di lokasi. Salah satunya adalah fun tube. Merupakan kegiatan menuruni sungai dengan menggunakan ban apung. Wahana ini tentu sangat menarik untuk dicoba.

Tabung lucu akan sangat menyenangkan jika Anda mencobanya bersama. Tour ini membutuhkan biaya sebesar Rp 35.000 untuk 1 orang. Dengan biaya tersebut tentunya sangat sebanding dengan kunjungan yang ditawarkan.

Jika pengunjung berencana untuk bermalam di tempat wisata ini, tidak perlu khawatir untuk mencari penginapan. Destinasi wisata air terjun yang indah ini menawarkan wisata camping. Di tempat ini terdapat bumi perkemahan bagi wisatawan untuk berkemah.

Pengelola menyediakan beberapa tenda yang bisa disewa wisatawan. Berkemah di tempat wisata air terjun pasti akan sangat menyenangkan bagi wisatawan. Lebih lengkap lagi jika dilakukan bersama teman, keluarga, atau kelompok lain. Pastinya akan memberikan pengalaman berbeda saat berada di air terjun.

Tempat wisata ini juga menawarkan perjalanan pulang pergi. Ada kategori outgoing untuk pelajar dan anak-anak yang didalamnya juga ada flying fox.

Fasilitas yang tersedia di Coban Rondo Malang

Fasilitas Coban RondoKredit gambar: Google Maps Yudhit Pramuji Giriasto

Dengan mengunjungi tempat ini, Anda akan mendapatkan beberapa fasilitas yang bisa Anda nikmati. Lokasi ini menawarkan tempat parkir yang cukup luas untuk menampung kendaraan penumpang. Ada juga toilet umum yang bisa digunakan sekaligus sebagai tempat ibadah, yaitu mushola.

Di sekitar kawasan ini juga banyak terdapat warung makan yang bisa menjamin pengunjung tidak akan kelaparan. Jika pengunjung ingin bermalam di dekat kawasan wisata ini, mereka bisa menyewa penginapan. Selain bivak yang direncanakan, ada juga penginapan lain tetapi jaraknya cukup jauh. Jaraknya sekitar 5-8 kilometer dari tempat wisata ini.

Tempat wisata air terjun ini memiliki beberapa hal yang patut untuk dikunjungi. Coban Rondo tidak hanya menawarkan keindahan dan pemandangan alam yang indah yang mengelilinginya, tetapi juga berbagai wisata yang bisa dinikmati.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button