Pesona Candi Mendut, objek wisata populer yang kaya akan filosofi - WisataHits
Yogyakarta

Pesona Candi Mendut, objek wisata populer yang kaya akan filosofi

PeekLifestyle Celebrities Candi Mendut merupakan salah satu tempat wisata di Magelang yang sangat populer. Lokasinya juga tidak jauh dari candi yang terkenal di dunia yaitu Candi Borobudur. Biaya masuknya pun terjangkau, sehingga bisa menjadi pilihan cadangan jika Anda tidak bisa mencapai Candi Borobudur.

Arsitektur bangunan candi Mendut tidak hanya sebagai hiasan tetapi juga menunjukkan banyak sejarah. Gedung ini merupakan salah satu gedung yang mengandung filosofi yang nantinya dapat memperluas ilmu pengetahuan.

Bagaimana sejarah dan informasi lengkap tentang candi ini? Lihat saja!

Sejarah Candi Mendut

Google Maps

Foto: Google Maps

Candi Mendut merupakan bangunan bersejarah peninggalan kerajaan Mataram kuno. Meski belum ada kepastian sejarah perkembangan awal hingga saat ini, namun diyakini bahwa Candi Mendut dibangun pada abad ke-9.

Nama Mendut berasal dari kata Venu, Vana, Mandira yang artinya pura di tengah hutan bambu. Sejarawan terkenal Belanda JG de Casparis menyatakan bahwa Candi Mendut dibangun pada masa pemerintahan Dinasti Syailendra pada tahun 824 Masehi. Dugaan ini didasarkan pada isi prasasti Karangtengah tahun 824 M.

Prasasti tersebut menyatakan bahwa Raja Indra mendirikan sebuah bangunan suci dan menyebutnya Wenuwana, atau Hutan Bambu, yang kemudian ditafsirkan oleh de Casparis sebagai Candi Mendut. Berdasarkan asumsi ini, sejarah Candi Mendut dimulai sebelum Candi Borobudur. Ini membuatnya lebih tua dari Candi Borobudur, salah satu candi terbesar dan paling terkenal di dunia, yang masuk dalam 7 Keajaiban Dunia.

Daya Tarik Candi Mendut

Google Maps

Foto: Google Maps

Dari sekian banyak pesona Candi Mendut dirangkum di bawah ini dan dijelaskan secara detail agar Anda semakin tertarik untuk datang. Berikut ini adalah daya tarik Candi Mendut:

1. Bangunan Kuil Bersejarah

Daya tarik pertama dan terpenting tentu saja keberadaan sebuah candi bersejarah bernama Candi Mendut. Candi Mendut berbeda dengan candi lainnya karena hanya ada satu candi di kawasan ini.

Jika diperhatikan, bentuk Candi Mendut mudah diingat karena tidak terlalu besar dan memiliki denah persegi. Tinggi total bangunan candi ini adalah 26,4 m, dimana tubuh candi berdiri di atas batu karang setinggi 2 m dan memiliki koridor yang lebar di permukaan batu.

Kemudian ada area berumput hijau di sekitar candi ini ditemani oleh pohon-pohon tinggi yang memberikan keteduhan bagi para pengunjung.

2. Wisata Sejarah Pendidikan

Candi Mendut bisa menjadi salah satu pilihan terbaik sebagai destinasi wisata keluarga sekaligus destinasi wisata sejarah di Magelang. Di sini Anda dan keluarga dapat mempelajari relief-relief yang menawarkan gambaran nilai filosofis yang sangat mendalam, antara lain:

  1. Relief Bodhisattva Ayalokitesvara
  2. Relief Kuwera & Hariti
  3. Relief dewi Tara
  4. Relief Sarwaniwaranawiskhambi

Jadwal dan harga tiket Candi Mendut

saintd.co

foto: saintd.co

Jika Anda tidak bisa mengunjungi Candi Mendut pada akhir pekan atau hari libur, jangan khawatir! Karena di hari biasa kamu masih bisa mengunjungi tempat wisata ini.

– Dalam kondisi normal, Candi Mendut buka setiap hari.
– Jam buka: buka mulai pukul 07.00 hingga 19.00 WIB.

Biaya masuknya hanya Rp 10.000 per orang. Dengan biaya tambahan lainnya yaitu biaya parkir.

– Biaya parkir Rp 10.000
– Biaya parkir motor Rp 5.000

Lokasi dan cara menuju Candi Mendut

happytour.id

Foto: happytour.id

Situs Candi Mendut

Lokasi Candi Mendut tepatnya berada di Jalan Magelang Sumberrejo, Desa Mendut, Mungkid, Magelang. Menemukan candi ini tidak akan sulit karena tidak jauh dari Candi Borobudur dan Candi Pawon. Hanya berjarak sekitar 3 kilometer ke arah timur dari Candi Borobudur dan hanya 1,5 kilometer ke arah utara dari Candi Pawon.

Bagaimana menuju ke Candi Mendut?

Bagaimana cara mencapai Candi Mendut? Sama seperti Anda mencapai Candi Borobudur. Jika Anda datang dari pusat kota Yogyakarta, ambil Jalan Mataram, lalu Jalan Diponegoro, lalu Jalan Magelang – Yogyakarta. Setelah sampai di bundaran, ambil jalan keluar ke-2 menuju Jalan Magelang – Yogyakarta atau Jalan Semarang – Yogyakarta. Setelah itu ikuti saja jalan tersebut hingga melewati Viar Kharisma Motor Mlati. Ikuti saja Jalan Mayor Kusen lalu belok kanan ke Jalan Nanggulan Mendut sampai Anda tiba di tujuan.

Bagaimana dengan transportasi umum? Ada bus yang selalu siap mengantar Anda ke tujuan. Namun, pastikan untuk membawa bekal yang cukup! Hal ini dikarenakan transportasi umum dapat memakan waktu lebih lama untuk sampai ke sana dibandingkan dengan kendaraan pribadi, yang hanya membutuhkan waktu sekitar 57 menit.

Fasilitas yang ada di Candi Mendut

rentalmobiljogja.id

Foto : rentalmobiljogja.id

Berikut sejumlah fasilitas yang tersedia untuk Anda saat mengunjungi Candi Mendut:

  1. Parkir Kendaraan
  2. stan wisata
  3. Toilet
  4. ruang sholat
  5. Pusat Informasi
  6. bangunan candi
  7. taman

Aturan di Candi Mendut

umjogja.id

Foto : aroundjogja.id

Seperti halnya tempat wisata sejarah lainnya, saat berkunjung ke Candi Mendut, ada beberapa aturan yang harus dipatuhi oleh wisatawan. Pada masa pandemi tahun lalu, pengunjung hanya bisa melihat Candi Mendut dari luar pagar yang mengelilingi candi. Selama pandemi, aturan berikut berlaku:

  1. Membatasi jumlah pengunjung.
  2. Pengunjung wajib menggunakan protokol kesehatan.

Aturan umum yang harus diikuti oleh pengunjung saat memasuki area di dalam Candi Mendut adalah sebagai berikut:

  1. Dilarang membawa, makan dan minum,
  2. Jangan masuk dalam keadaan mabuk
  3. Jangan terlalu keras,
  4. Jangan pakai sepatu hak tinggi
  5. DILARANG MEROKOK,
  6. Dan selalu memperhatikan kebersihan, serta dilarang meninggalkan sampah.

Aturan tersebut tidak hanya dimaksudkan untuk mengganggu kebebasan pengunjung, tetapi juga sebagai upaya menjaga kelestarian dan keamanan Candi Mendut itu sendiri.

Tips mengunjungi Candi Mendut

pinterest.com

Foto: pinterest.com

Sekarang setelah Anda mengetahui apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat mengunjungi candi ini, Anda harus mengetahui tips cara mengunjungi Candi Mendut. Tentu saja, sebagai bangunan bersejarah, selalu ada budaya yang harus diikuti yang tidak boleh dianggap enteng.

Meski merupakan bangunan bersejarah, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan saat mengunjungi candi ini. Persiapan dan tips ini wajib diterapkan agar perjalanan liburan Anda dan keluarga di Magelang Jawa Tengah lancar dan berkesan. Ini dia tipsnya:

  1. Jika Anda ingin mengunjungi Mendut Borobudur, Magelang, waktu terbaik disarankan di pagi hari.
  2. Siapkan kamera terbaik Anda untuk mencari foto di tempat-tempat menarik Candi Mendut atau sekedar memotret bangunan candi yang bisa terlihat estetis.
  3. Memakai pakaian aksesoris terbaik dan pendukung. Tidak perlu heboh dan berlebihan, yang penting sopan dan menghargai budaya.
  4. Terakhir, tetapi tidak kalah penting, Lestarikan keindahan, keindahan dan kebersihan objek wisata budaya dan sejarah ini.

Itulah informasi lengkap tentang Candi Mendut. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat berkunjung!.(prl).

Source: www.intipseleb.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button