Pesona Air Terjun Tunan Talawaan, Air Terjun Alami di Tanah Minahasa - WisataHits
wisatahits

Pesona Air Terjun Tunan Talawaan, Air Terjun Alami di Tanah Minahasa

Sulawesi Utara menyimpan berbagai pesona wisata alam yang menarik. Air Terjun Tunan Talawaan menjadi salah satu rekomendasi favorit wisata alam yang bisa anda kunjungi di Minahasa Utara.

Harga tiket: Rp 2.500, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Wassia, Kecamatan. Dimembe, Kab. Minahasa Utara, Sulawesi Utara; Kasus: Cek lokasi

Air Terjun Tunan Talawaan menjadi primadona destinasi wisata di Sulawesi Utara. Tempat ini hampir tidak pernah sepi pengunjung. Setiap hari ratusan wisatawan berwisata di wisata alam ini. Selain itu, saat memasuki masa liburan, jumlah pengunjung bisa meningkat cukup signifikan hingga mencapai 1.000 orang lebih dalam satu hari.

Wisatawan yang berkunjung ke tempat ini tidak hanya dari daerah atau daerah lain di Indonesia, wisatawan yang berwisata ke Indonesia juga tertarik dengan wisata air terjun Tunan ini. Tingginya minat wisatawan ini dikarenakan keindahan alam tempatnya yang memang bisa menjadi liburan yang menyenangkan dan menyegarkan.

Selain itu, akses jalan menuju lokasi wisata juga cukup mudah dilalui, kendaraan roda dua dan empat masih bisa menyeberang jalan menuju tempat wisata. Fasilitas yang tersedia disini juga cukup memadai sehingga para wisatawan tidak akan kebingungan ketika membutuhkan sesuatu di tempat wisata ini dan mereka dapat berwisata di tempat ini dengan nyaman.

Daya tarik air terjun Tunan Talawaan

Daya tarik air terjun Tunan TalawaanKredit gambar: Google Maps Aivy Umboh

Wisata air terjun merupakan salah satu tempat yang cocok dikunjungi bagi anda yang ingin merasakan wisata alam dengan biaya yang cukup terjangkau. Karena Anda hanya perlu membayar untuk masuk dan parkir. Selain itu, Anda hanya perlu menyiapkan anggaran yang cukup untuk persediaan. Bahkan, Anda juga bisa membawa bekal sendiri dari rumah.

1. Air Terjun Tertinggi di Sulawesi Utara

Perlu anda ketahui bahwa wisata air terjun Tun Talawaan ini merupakan air terjun tertinggi di wilayah Sulawesi Utara. Walaupun tempat ini tidak setenar destinasi wisata lainnya, namun pesona tempat ini tidak kalah menarik dari wisata lainnya. Sulawesi dikenal memiliki beragam destinasi wisata alam yang menakjubkan, air terjun ini salah satunya.

Ketinggiannya yang mencapai 86 meter membuat aliran air di air terjun ini cukup deras. Saat Anda berkunjung ke sini, Anda akan merasakan keindahan alam yang masih cukup alami. Aliran air ini berasal dari sungai di daerah pegunungan yang kemudian melintasi tebing yang cukup curam. Sebagian besar lingkungan di sekitar tempat wisata masih dipenuhi pepohonan hijau.

Pemandangan di tempat ini sangat sejuk dipandang mata. Ditambah lagi dengan suara gemericik air terjun. Suasananya sangat cocok bagi anda yang ingin menyegarkan pikiran setelah disibukkan dengan segala urusan yang menguras banyak tenaga dan semangat.

2. Pemandangan di sekitar tempat yang indah

Dalam perjalanan menuju tempat wisata air terjun, Anda dapat menikmati pemandangan alam yang indah yang selalu asri, antara lain perkebunan kelapa, duku dan rambutan, hamparan ladang yang subur dan hutan yang sangat rindang. Anda juga akan melewati pendirian komunitas. Jadi kamu harus ramah saat bertemu dengan mereka, kamu bisa memulainya dengan tersenyum.

Masyarakat Manado terkenal dengan keramahannya dan suka mengobrol layaknya orang Indonesia. Sesampainya di lokasi wisata, Anda akan melihat air terjun yang begitu menarik, dengan latar belakang perbukitan yang menjulang tinggi ditumbuhi semak belukar dan tanaman langka lainnya.

3. Air jernih dan tidak pernah kering

Salah satu kekhasan air terjun di Tunan Talawaan ini adalah air di tempat ini sangat jernih dan tidak pernah kering di awal musim kemarau yang panjang. Apalagi destinasi wisata unik ini juga menawarkan pemandangan indah pantulan sinar matahari di air terjun sehingga membentuk warna-warni pelangi.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Air Terjun Tunan

Air Terjun Tunan Talawaan AlamatKredit Gambar: Saluran Google Maps STY

Jika anda bepergian dari Kota Manado, anda akan mencapai tempat wisata air terjun Tunan Talawaan dalam waktu 40 menit sampai 1 jam dari Bandara Sam Ratulangi. Itu jika Anda menggunakan transportasi sepeda motor. Jika tidak membawa kendaraan sendiri, selalu bisa menggunakan ojek dari pertigaan RS TNI AU.

Apabila anda melakukan perjalanan dari desa Talawaan, anda hanya akan menempuh jarak sekitar 5 kilometer dan akan memakan waktu sekitar 15 menit. Dari desa Talawaan, pergilah ke utara dan lewati perkebunan kelapa dan buah-buahan di sepanjang jalan menuju tempat wisata.

Sesampainya di tempat parkir mobil, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Dengan demikian, sebelum sampai di tempat wisata, Anda akan melewati jalan setapak yang sudah didesain menggunakan pavers, agar jalan tidak becek. Jalan ini memiliki panjang sekitar 400 meter dari pintu masuk menuju lokasi air terjun.

Namun, sebelum menyeberang jalan, Anda harus menyeberangi jembatan bambu yang di bawahnya dilewati sungai kecil. Kalau mau menyeberangi sungai pun bisa, karena airnya hanya sebesar lutut anak.

Sambil jalan-jalan bisa sambil menikmati kesegarannya hutan mini. Bahkan, jika Anda beruntung, Anda bisa melihat elang terbang berkeliling mencari makan. Selain itu, ada jenis burung lain dengan kicauan yang ramah telinga.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Tunan Talawaan

Harga Tiket Air Terjun Tunan TalawaanKredit Gambar: Vlog Bendungan Google Maps

Setiap wisatawan yang ingin mengunjungi tempat ini akan dikenakan biaya sebesar Rp 2500 per orang. Tarif tersebut diadakan karena pengelolaan tempat wisata cukup baik. Bahkan yang turun tangan langsung mengelola wisata alam adalah masyarakat setempat. Mereka menyadari bahwa wisata tersebut bisa menjadi ikon daerah yang terkenal.

Namun tarif tersebut belum termasuk biaya parkir kendaraan yang Anda bawa. Jika Anda menggunakan sepeda motor, biaya parkir yang harus Anda bayarkan adalah Rp 5.000. Sedangkan jika menggunakan mobil, Anda harus membayar biaya parkir sebesar Rp 10.000. Biaya tersebut akan dialokasikan untuk biaya pembersihan dan perawatan fasilitas wisata air terjun.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Air Terjun Tunan

Aktivitas di Air Terjun Tunan TalawaanKredit Gambar: Google Maps Dam Vlog

1. Berenang

Anda bisa merasakan sejuknya air saat berenang di kolam, tempat air terjun ini bermuara. Kolam ini memiliki kedalaman air hingga 1,5 meter. Di sekitar kolam terdapat bebatuan yang cukup licin, sehingga Anda harus berhati-hati saat bermain air. Apalagi jika Anda membawa anak di bawah umur.

2. Selenggarakan pesta barbekyu

Saat Anda ke Air Terjun Tunan Talawaan, Anda juga bisa mengadakan pesta barbeque di sekitar gubuk yang ada. Bahan yang umum digunakan adalah ikan nila dan ikan mas. Tempat yang bisa digunakan untuk melakukan aktivitas ini juga cukup memadai, sehingga Anda tidak perlu khawatir tidak memiliki tempat.

3. Ambil gambar

Kemanapun destinasi wisata yang dikunjungi tidak akan lepas dari berfoto, baik itu selfie maupun foto pemandangan di sekitar tempat wisata tersebut. Dalam wisata air terjun ini, wisatawan dapat menambahkan pemandangan alam namun sangat alami ke dalam koleksi foto liburan mereka. Mereka dapat mengunggahnya ke media sosial atau merahasiakannya.

Fasilitas yang tersedia di Air Terjun Tunan Talawaan

Fasilitas Air Terjun Tunan TalawaanKredit Gambar: Google Maps Black Noise

1. Area parkir

Tempat-tempat wisata cukup tertata dengan baik. Hal ini didukung dengan adanya lahan parkir yang cukup luas. Oleh karena itu cukup cocok untuk kendaraan yang diangkut oleh wisatawan. Selain itu, wisatawan juga tidak perlu khawatir ketika kendaraannya ditinggalkan, karena sudah ada pihak yang bertanggung jawab atas perawatan kendaraannya.

2. Saung

Di sekitar tempat wisata juga direncanakan pondok-pondok yang memiliki ukuran cukup besar. Saung ini berfungsi sebagai tempat peristirahatan bagi wisatawan yang berkunjung. Ada beberapa gubuk di sekitar tempat wisata, sehingga Anda selalu dapat menemukan tempat untuk beristirahat sejenak sambil menikmati bekal Anda.

3. Kantin

Bagi anda yang berwisata ke tempat ini tidak perlu khawatir jika anda lupa membawa bekal atau jika perbekalan anda habis. Di sini telah didirikan beberapa kantin yang menawarkan berbagai makanan dan minuman, sehingga dapat mengisi energi Anda untuk pergi ke tempat wisata atau ketika Anda kembali.

4. Toilet umum

Dimanapun Anda berada, toilet merupakan bagian dari perlengkapan yang sangat Anda butuhkan, termasuk di tempat-tempat wisata. Selain itu, sirkuit ini akan membuat Anda bersentuhan dengan air dengan suhu yang cukup dingin, yang dapat menyebabkan keinginan untuk buang air besar. Anda juga tidak perlu khawatir dengan ketersediaan toilet di sini, karena ada lebih dari satu toilet.

Masyarakat setempat berharap dengan mengunjungi Air Terjun Tunan Talawaan dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. Hal ini bisa didapatkan dari retribusi parkir yang dipungut atau dari beberapa kantin di sekitar lokasi wisata. Sehingga masyarakat bisa berjualan makanan dan minuman di sini sebagai sumber pendapatan sehari-hari.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button