Pertamina menanam 7.777 mangrove di Pantai Karawang untuk mendukung komitmen implementasi LST dan pencapaian SDGs - WisataHits
Jawa Barat

Pertamina menanam 7.777 mangrove di Pantai Karawang untuk mendukung komitmen implementasi LST dan pencapaian SDGs

Pertamina menanam 7.777 mangrove di Pantai Karawang untuk mendukung komitmen implementasi LST dan pencapaian SDGs

Penanaman mangrove di kawasan pesisir Karawang merupakan salah satu implementasi pilar pembangunan lingkungan

KARAWANG, JITUNEWS.COM – Untuk melaksanakan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dan untuk mendukung komitmen penerapan ESG (Environmental, Social, Governance) dan untuk mencapai prioritas Sustainable Development Goals (TPB)/SDGs, Pertamina diwakili oleh PT Pertamina Patra Niaga Fuel Terminal Cikampek bermitra dengan Masyarakat Desa Sedari yang tergabung dalam Lembaga Masyarakat Desa Hutan Rimba Jaya, pekan lalu melakukan penanaman 7.777 bibit pohon mangrove di bibir pantai Desa Sedari, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Program ini merupakan rangkaian program Sedari Kang Hari (Desa Sedari Kampung Hijau, Lestari dan Mandiri) yang berfokus pada pengelolaan atrisi, kontribusi perubahan iklim dan pengembangan ekowisata mangrove. Kegiatan dibuka oleh Abdul Gassing selaku Pengelola Terminal BBM Cikampek dan juga dihadiri oleh Pemerintah Desa Sedari, Lembaga Kemasyarakatan Hutan Desa Sedari, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karawang.

Area Manager Communication, Relations & CSR untuk wilayah Jawa Barat, Eko Kristiawan mengatakan pada kesempatan lain bahwa pelaksanaan program penanaman mangrove di kawasan pesisir Karawang merupakan salah satu implementasi dari pilar pembangunan lingkungan yang jatuh di bawah kategori Pertamina Green dan sejalan dengan penerapan ESG di bidang lingkungan.

Deputi Menko Perekonomian meninjau langsung pendaftaran target subsidi BBM di Bandung

“Program Sedari Kang Hari, FT Cikampek, merupakan bentuk implementasi program Pertamina Hijau, sejalan dengan pencapaian ESG di bidang lingkungan. Pada tahun 2021, Pertamina Group berhasil mempertanggungjawabkan kontribusi penanaman lebih dari 135.000 pohon di darat dan lebih dari 140.000 pohon bakau, sehingga mengurangi emisi karbon hingga 120.000 ton setara CO2 per tahun. Diharapkan program penanaman mangrove tahun ini di Karawang dapat meningkatkan jumlah pohon mangrove yang ditanam Pertamina Group pada tahun 2022 dan dapat menurunkan emisi CO2 lebih banyak lagi,” ujar Eko Kristiawan.

Ketua LMDH sekaligus Kepala Desa Sedari Bisri Mustopa menyampaikan apresiasinya atas program Pertamina yang dilaksanakan di kawasan pesisir utara Kabupaten Karawang, khususnya di Desa Sedari.

“Desa Sedari merupakan desa pesisir Kabupaten Karawang yang kehilangan banyak lahan akibat abrasi. Kami berterima kasih kepada PT Pertamina Patra Niaga Terminal BBM Cikampek yang telah peduli dengan desa kami dan berharap program ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan,” kata Bisri dalam sambutannya.

Selain itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Karawang yang diwakili oleh Sri Mukti selaku Kepala Dinas Pencemaran Udara dan Pengendalian Iklim Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Karawang mengatakan, penanaman mangrove di Desa Sedari sangat penting dalam mengurangi erosi. potensi dan penanganan Perubahan Iklim menimbulkan berbagai permasalahan Dampak kerugian bagi masyarakat, sehingga diperlukan kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan. Sri berharap ke depannya program ini berkelanjutan sehingga dampaknya dapat dirasakan oleh masyarakat luas.

Pada kesempatan yang sama, Asep Supriyadi, Kepala Dinas Ekonomi Kreatif dan Pariwisata atas nama Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karawang, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Desa Sedari berpotensi menjadi satu dengan potensi pesisirnya Mengembangkan desa wisata dan fitur alam.

“Saya berharap ke depan Desa Sedari bisa menjadi contoh desa wisata di kawasan pesisir yang dilindungi,” kata Asep.

Dalam kampanye penanaman, juga dilakukan penyerahan OTP atau Orang Tua Asuh Pohon. Pembentukan OTP ini merupakan bagian dari inovasi yang dilaksanakan dalam program untuk menjamin partisipasi dan tanggung jawab masyarakat terhadap perawatan setiap bibit pohon mangrove yang ditanam untuk meningkatkan keberhasilan penanaman, dan juga bertujuan untuk meningkatkan kemandirian masyarakat dalam melakukan penanaman mangrove -Pembibitan dan penanaman mangrove secara mandiri .

“Program penanaman mangrove di Karawang merupakan salah satu komitmen Pertamina untuk mencapai tujuan perusahaan yang berkelanjutan sejalan dengan langkah strategis perusahaan, mengingat program TJSL Pertamina Group akan menjadi pedoman strategis kuartal ke-3 tahun 2022 wilayah dengan 4 pilar untuk mencapai 10 Prioritas Berkelanjutan Tujuan Pembangunan/SDGs. Ketiga bidang tersebut meliputi bidang lingkungan, sosial dan pemerintahan. Sementara itu, 4 pilar program CSR Pertamina adalah pilar pembangunan ekologi, pilar pembangunan sosial, pilar pembangunan ekonomi, dan pilar pembangunan hukum dan pemerintahan,” tutup Regional Manager of Communication, Relations & CSR Jawa Barat. .

Pertamina melatih kelompok ternak untuk menggunakan biogas sebagai bahan bakar rumah tangga

Source: m.jitunews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button