Perlambat Penipisan, Mahasiswa Inbound PMM UPGRIS Tanam 5.000 Mangrove. Ini lokasinya - WisataHits
Jawa Tengah

Perlambat Penipisan, Mahasiswa Inbound PMM UPGRIS Tanam 5.000 Mangrove. Ini lokasinya

Perlambat Penipisan, Mahasiswa Inbound PMM UPGRIS Tanam 5.000 Mangrove.  Ini lokasinya

SEMARANG, suaramerdeka.com – Mahasiswa peserta program Pertukaran Mahasiswa (PMM) Inbound Gratis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menanam 5.000 pohon mangrove di Pantai Utara Mangunharjo, Tugu, Kota Semarang pada Sabtu, 7 Januari 2023.

Mahasiswa tersebut berasal dari 33 perguruan tinggi di seluruh Indonesia yang sedang mengikuti kuliah sementara di Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) selama satu semester.

Rektor UPGRIS Dr. Sri Suciati MHum menilai penanaman ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan bakti sosial bagi mahasiswa inbound PMM. Sebelumnya, aksi serupa digelar di lahan Panti Sosial Mardi Utomo Tembalang.

Baca juga: Ikut Pesta Natal di UPGRIS, Ini Menyentuh Pesan Romo Dr. Aloysius Budi Purnomo

“Setiap kali ada momen penting di UPGRIS ke depan, seperti ulang tahun, kami ingin menandainya dengan menanam pohon. Penanaman pohon ini sangat menginspirasi karena sangat bisa memperlambat abrasi,” ujar Rektor di lokasi penanaman.

Menurutnya, menanam pohon ini juga sebagai bentuk kontribusinya terhadap perlindungan alam. Diharapkan manfaatnya akan terus dirasakan hingga generasi berikutnya.

“Menanam pohon berarti menanam kehidupan, menumbuhkan harapan. Kita bisa menikmati manfaatnya bersama-sama, bumi yang kita tinggali bersama menjadi lebih hijau,” ujarnya.

Baca Juga: Komitmen PBSD UPGRIS Melestarikan Budaya Jawa

Rektor menilai salah satu hal positif dari pelaksanaan PMM inbound adalah dengan hadirnya modul Nusantara. Peserta akan mendapat kesempatan untuk mengalami berbagai seni dan budaya di tujuan wisata tempat siswa belajar.

“Rata-rata mereka belum pernah ke Jawa, sehingga mereka sangat bersemangat ketika mengikuti modul Nusantara yang di antaranya mengunjungi tempat-tempat wisata. Para mahasiswa merasa saling memiliki di tengah latar belakang budaya yang berbeda,” jelasnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button