Perkuat lahirnya startup digital berkualitas, Kemenparekraf luncurkan BEKUP 2023 - WisataHits
wisatahits

Perkuat lahirnya startup digital berkualitas, Kemenparekraf luncurkan BEKUP 2023

Perkuat lahirnya startup digital berkualitas, Kemenparekraf luncurkan BEKUP 2023

Piknikdong.com – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif meluncurkan program “Baparekraf untuk Startup (BKUP) 2023” untuk meningkatkan jumlah startup digital berkualitas di tanah air sehingga dapat memperkuat pemulihan ekonomi dan membuka lapangan kerja.

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno dalam “Kick-off BEKUP 2023”, Kamis (03/02/2023), menyampaikan bahwa Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berkomitmen untuk membangun ekosistem startup digital yang lebih baik guna mewujudkan digital startup yang berkualitas tersebut. muncul.

Kemenparekraf meluncurkan Kemenparekraf luncurkan “BEKUP 2023” perkuat lahirnya digital startup berkualitas, foto: Kemenparekraf

“BEKUP” merupakan ruang bagi startup digital untuk meningkatkan kapasitas dan kapasitas dengan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis startup.

]”BEKUP” membuka peluang bagi startup yang berencana membangun bisnis jangka panjang berdasarkan produk digital yang inovatif.

“BEKUP” sebagai program inkubasi berkelanjutan membuka peluang bagi para pendiri startup untuk memanfaatkan potensi ekonomi digital untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia,”

ujar Menparekraf Sandiaga Uno.

Menparekraf menjelaskan bahwa pada “BEKUP 2023”, peserta berkesempatan untuk mengikuti bootcamp dengan mentor profesional dan pendampingan untuk membantu mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh para pendiri startup dan berpartisipasi dalam satu hari demonstrasi.

“BEKUP menawarkan kesempatan kepada para pendiri startup untuk mendapatkan dukungan dan fasilitas sesuai dengan kebutuhan para pendiri startup.

Fasilitasi ini diperlukan bagi mereka untuk mengatasi berbagai tantangan yang mungkin mereka hadapi,”

kata Sandiaga.

Menparekraf berharap melalui program ini, para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif khususnya startup dapat berperan dalam menciptakan solusi inovatif dan modern untuk menghadapi segala tantangan yang ada guna mendukung dan mendorong ekosistem startup digital Indonesia mencapai optimisme perekonomian nasional di tahun 2023.

“Dalam ‘BEKUP 2023’, kami menargetkan 24 startup dapat mengikuti inkubasi selama tiga bulan dengan materi pelatihan yang komprehensif.

Setelah mengikuti pelatihan BEKUP, kami berharap ada dampak langsung bagi startup dan masyarakat luas.”

kata Sandiaga.

Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Muhammad Neil El Himam mengatakan, pemerintah dan pemangku kepentingan berupaya menciptakan ekosistem startup digital yang mendukung pertumbuhan startup digital Indonesia.

Menciptakan ekosistem startup digital global akan menginspirasi startup Indonesia untuk lebih kompetitif di Indonesia sehingga mampu bersaing secara global.

“Dalam program ini, kami akan memberikan pembelajaran sesuai dengan program yang telah teruji dan didukung oleh mentor berpengalaman dan ahli dari industri startup Indonesia”,

kata Nil.

Sejak tahun 2020, kata Neil, “BEKUP” telah memfasilitasi 300 startup di berbagai level dan mereka berhasil meningkatkan rata-rata tingkat kelangsungan hidup startup menjadi 58% lebih tinggi dari rata-rata startup yang hanya 10% mampu bertahan lebih lama dari tiga tahun.

Rata-rata peserta yang mengikuti BEKUP juga menunjukkan pertumbuhan pendapatan 256% dan pertumbuhan pelanggan 246% dalam satu hingga dua tahun.

Hal ini membuktikan bahwa melalui program ini peserta memiliki kesempatan untuk meningkatkan skala usahanya.

“Setelah mengikuti program ini, para startup harus mampu menciptakan inovasi dan teknologi agar mampu memberikan dampak positif seperti menumbuhkan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja baru”,

kata Nil.

Pendaftaran program BEKUP 2023 resmi dibuka mulai hari ini hingga 21 Maret 2023.

Untuk mensosialisasikan program ini, Kemenparekraf juga akan menggelar roadshow di tiga kota, yakni Bandung, Semarang, dan Surabaya.

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button