Perkuat Ekosistem Pesisir, Bupati Sidoarjo Tanam Bersama Gubernur Jatim 1000 Mangrove - WisataHits
Jawa Timur

Perkuat Ekosistem Pesisir, Bupati Sidoarjo Tanam Bersama Gubernur Jatim 1000 Mangrove

Perkuat Ekosistem Pesisir, Bupati Sidoarjo Tanam Bersama Gubernur Jatim 1000 Mangrove

Dari kanan: Bupati Sidoarjo bersama Gubernur Jatim Khofifah didampingi Nani Hendiarti, Deputi Koordinator Bidang Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, melakukan penanaman 1000 mangrove.
Dari kanan: Bupati Sidoarjo bersama Gubernur Jatim Khofifah didampingi Nani Hendiarti, Deputi Koordinator Bidang Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, melakukan penanaman 1000 mangrove.

Pengkhotbah: Hanya Hidayah
| Editor: Dede Nan

WAKTU JATIM – Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor berpartisipasi dalam upaya penguatan ekosistem mangrove melalui 3rd East Java Mangrove Festival di kawasan Wisata Bahari Tlocor dan Pulau Lusi, Jabon Sidoarjo. Pulau Lusi (Sidoarjo Lumpur) merupakan daratan berupa lumpur di muara Sungai Porong yang ditumbuhi berbagai jenis mangrove dan tumbuhan liar lainnya.

Upaya penguatan ekosistem mangrove ini merupakan langkah yang digagas oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Khofifah menanam 1.000 bibit mangrove dan bibit pohon produktif didampingi Deputi Bidang Koordinasi Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Nani Hendiarti. Serta pelepasan 23.000 unggas air dan biota air berupa ikan dan udang di perairan Pulau Lusi, Sidoarjo.

Baca Juga: Situs Penggigit, Arya Wiraraja, dan Jejak Kerajaan Lamajang Tigang Njuru

Dalam kesempatan itu, Khofifah juga menyampaikan SK Gubernur Jawa Timur tentang Pokja Pengelolaan Ekosistem Mangrove Daerah Provinsi Jawa Timur yang beranggotakan unsur Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, OPD bersama Pemerintah Provinsi Jawa Timur. , terdiri. TNI-AL, BPN, akademisi, penggiat dan pemerhati mangrove, serta tokoh masyarakat.

“Festival Mangrove merupakan salah satu upaya membangun sinergi hulu dan hilir yang lebih luas untuk menjaga ekosistem mangrove. Sebab, ekosistem mangrove telah membawa manfaat bagi masyarakat pesisir baik dari segi lingkungan, ekonomi, maupun sosial,” kata Khofifah, Senin (30/01/2023).

Bupati Sidoarjo yang biasa disapa Gus Muhdlor juga mengatakan bahwa Kabupaten Sidoarjo merupakan daerah penyangga atau daerah delta. Sidoarjo memiliki garis pantai sepanjang 33 km dan 29,9% berupa tambak. Tambak ini sangat bergantung pada ekosistem lingkungan. Selain itu, Sidoarjo bagian timur merupakan kawasan industri.

Baca Juga : Dari Pecinta Honda CB150X Rolling City Tahun 2023 di Kota Malang

“Jadi, seperti hewan pesisir atau udang windu, mereka hanya memiliki habitat di beberapa tempat dan tidak bisa hidup karena ketidakseimbangan lingkungan, ketidakseimbangan antara industri besar dan perlindungan lingkungan. Kami berharap festival mangrove ini dapat menginspirasi kita untuk lebih menjaga lingkungan,” tutupnya.

Tema:

Bupati Sidoarjo Gubernur Jawa Timur

Berita Utama Penguatan Ekosistem Pesisir, Bupati Sidoarjo Tanam Bersama Gubernur Jatim 1000 Mangrove.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari JatimTIMES.com. Yuk gabung grup Telegram, klik link Telegram JatimTIMES lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button