Perjalanan ke Java Tempo Doeloe di Museum Ullen Sentalu, Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

Perjalanan ke Java Tempo Doeloe di Museum Ullen Sentalu, Yogyakarta

Liburan di Yogyakarta seharusnya tidak hanya untuk hiburan, Anda juga harus mendidik diri sendiri tentang tempat-tempat yang Anda kunjungi.

Ada baiknya juga mempelajari sejarah Jawa di Museum Ullen Sentalu. Museum ini terletak di Jl. Boyong Kaliurang, Sleman, Yogyakarta menawarkan pengalaman “petualangan” melalui waktu ke Jawa kuno.

Museum ini tidak hanya memiliki cerita tentang sejarah, budaya dan beberapa koleksi. Museum Ullen Sentalu juga memiliki arsitektur yang artistik dan kuno, sehingga cocok juga untuk anda yang ingin mencari spot foto.

Pendidik menemani Anda dalam menceritakan kisah-kisah terkait. Nuansa asri juga memberikan kesan menenangkan bagi pengunjung.

Museum Ullen Sentalu menawarkan dua paket wisata utama yaitu Adiluhung Mataram Tour dan Vorstenlanden Tour. Apa perbedaan antara kedua jenis wisata ini?

Wisata Adiluhung Mataram Sesuai dengan namanya, para pendidik akan memperkenalkan Anda pada budaya Mataram, khususnya para bangsawan zaman Mataram.

Pendidik menceritakan hal ini seperti mendongeng dengan menggunakan media yang berbeda, yang merupakan koleksi Museum Ullen Sentalu. Media-media tersebut berkaitan dengan kehidupan Mataram di masa lalu, seperti lukisan, foto, puisi, dan batik.

Di Wisata Adiluhung Mataram, Anda akan merasakan makna filosofis budaya Jawa yang penuh makna. Ada dua kawasan yang dikunjungi dalam Wisata Adiluhung Mataram yaitu Guwa Sela Giri dan Kampung Kambang. Anda akan dikenakan biaya Rp 50.000 untuk mengikuti Adiluhung Mataram Tour.

Wisata Volstenlanden berasal dari kata Volstenlanden yang berarti tanah para raja atau penjajah Belanda di Jawa. Pada tur ini, para pendidik bercerita tentang pulau di masa keemasan Kesultanan Yogyakarta dan Sunanat Surakarta melalui koleksi mahakarya dari Museum Ullen Sentalu.

Selain lukisan, ada koleksi lain seperti kebaya, batik, dan ornamen yang muncul dari perpaduan tiga budaya Jawa, Belanda, dan Cina.

Ada tiga kawasan wisata yang akan dikunjungi, Djagad Gallery, Esther Huis dan Sasana Sekar Bawana. Tur diakhiri dengan coffee time dan seporsi biskuit Belanda dari Beukenhof Bakkerij. Tur Volstenlanden menelan biaya Rp 100.000.

Kedua tur berlangsung kira-kira 45 menit yang sama. Bagi Anda yang berkunjung ke kota Yogyakarta sebagai tujuan liburan, Museum Ullen Sentalu bisa menjadi pilihan untuk mengunjungi tempat wisata Yogyakarta.

Video yang mungkin Anda sukai:

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button