Perjalanan ke Bukittinggi Kunjungi di sebelah menara jam - WisataHits
Yogyakarta

Perjalanan ke Bukittinggi Kunjungi di sebelah menara jam

Perjalanan ke Bukittinggi Kunjungi di sebelah menara jam

TEMPO.CO, jakarta – Bukittinggi merupakan kota ekonomi terbesar kedua di provinsi Sumatera Barat setelah Padang. Bukittinggi juga dikenal sebagai kota perjuangan bangsa dan tempat kelahiran beberapa tokoh pendiri Republik Indonesia. Diantaranya adalah Mohammad Hatta atau Bung Hatta dan Mr. Assaat, yang masing-masing adalah proklamator dan pejabat kepresidenan Republik Indonesia.

Bukittinggi bukan hanya kota bersejarah karena pernah menjadi ibu kota Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI), tetapi juga merupakan tujuan wisata yang populer. Apa yang bisa kita kunjungi di sana?

Destinasi di Bukittinggi

1. Lubang Jepang di Bukittinggi

Lubang Jepang atau Gua Jepang Bukittinggi merupakan salah satu wisata sejarah penjajahan Jepang. Lokasinya ada di Jl. Panorama, Bukit Cagang Kayu Ramang, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi.

Lubang Jepang dulunya adalah tempat tinggal para tahanan. Di lubang ini terdapat 21 ruangan yang terdiri dari ruang pertemuan, ruang tahanan, ruang penyiksaan, ruang amunisi dan lain-lain.

Baca: Wisata Gua Jepang Lintas Nusantara Yogyakarta Hingga Biak

2. Danau Maninjau

Wisata alam ini berada di Tj. Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Disini wisatawan bisa melihat keindahan danau dan alam disekitarnya.

Di sekitar Danau Maninjau terdapat sebuah tempat bernama Tikungan 44. Tempat ini menawarkan pemandangan sawah yang subur, asri dan hijau.

Sebelum menjadi objek wisata, Danau Maninjau digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga air.

3. Jam Gadang Bukittinggi

Jam Gadang merupakan ikon kota Bukittinggi yang terletak di kawasan Taman Sabai Nan Aluih. Persis di depan gedung Istana Bung Hatta.

Jam ini berukuran 13×4 meter. Di sekeliling gedung ditanami sejumlah pohon yang membuat suasana sedikit lebih hijau.

Di sekitar Jam Gadang terdapat pasar yang menjual pakaian, makanan, dan oleh-oleh khas Bukittinggi. Juga, ada kursi bagi wisatawan untuk beristirahat.

4. Museum Campago Ipuh Bung Hatta

Museum ini dulunya adalah tempat kelahiran Bung Hatta. Setelah ditinggalkan, rumah itu dirawat dan diubah menjadi museum.

Luas Museum Bung Hatta mencapai luas 1.000 m2. Semua aset tersebut dikelola oleh Dinas Pariwisata, Seni dan Budaya Kota Bukittinggi.

Terletak di Jl. Soekarno Hatta No.37, Campago Ipuh, Mandiangin Koto Selayan, Kota Bukittinggi. Museum Bung Hatta buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Untuk masuk ke sini, pengunjung hanya perlu membayar sepuasnya.

5. Taman Margasatwa dan Budaya Kinanta Bukittinggi

Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan merupakan tempat rekreasi keluarga. Ada kandang gajah dan Museum Rumah Adat Baanjuang.

Berlokasi di Jalan Cindua Mato, Benteng Ps.Top, Guguk Panjang, Kota Bukittinggi. Taman ini buka setiap hari mulai pukul 08:00 hingga 17:30. Tiket masuk dipatok Rp 5.000 rupiah.

DELFI ANA HARAPAN

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata di Bukittinggi, Ada Istana Bung Hatta

Selalu update informasi terbaru. Tonton breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di channel Telegram “http://tempo.co/”. klik bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button