Peringkat daerah dengan biaya hidup termurah di Indonesia dua dari Jawa Timur - WisataHits
Yogyakarta

Peringkat daerah dengan biaya hidup termurah di Indonesia dua dari Jawa Timur

Peringkat daerah dengan biaya hidup termurah di Indonesia dua dari Jawa Timur

Surabaya (Beritajatim.com) – Sembilan kota dan kabupaten di Indonesia berikut memiliki biaya hidup yang relatif rendah. Dua di antaranya milik wilayah Jawa Timur.

Salah satu pertimbangan saat bergerak adalah ruang. Tidak hanya di kota-kota besar, beberapa daerah dengan biaya hidup rendah kini sedang mengalami tren urbanisasi.

Mengacu pada hasil Survei Biaya Hidup (SBH) 2010 yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS), ada beberapa kota yang masuk dalam daftar kota dengan biaya hidup terendah di Indonesia.

Berikut daftar 9 kota dan kabupaten di Indonesia dengan biaya hidup rendah.

1.Banyuwangi

Banyuwangi menempati urutan pertama sebagai kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia.

Hasil survei mengungkapkan bahwa biaya hidup bulanan di Banyuwangi dihitung untuk keluarga dengan 4 anggota adalah Rp 3.030.000. Berdasarkan UMK Banyuwangi tahun 2023 sebesar Rp 2.528.899, kota ini tergolong kota UMK sedang.

Bagi pembaca berita Jawa Timur yang ingin pindah ke Banyuwangi, kota ini juga menyimpan sederet keindahan alam yang memukau. Diantaranya adalah Taman Nasional Baluran, Kawah Ijen, Teluk Hijau, Pantai Plengkung yang terkenal di kalangan peselancar internasional dan masih banyak lagi.

Suci ke-2

Kudus yang juga terkenal dengan kotanya Sunan Kudus harganya hanya sekitar Rp 3.080.000 per bulan untuk satu keluarga.

Berdasarkan UMK sebesar Rp 2.439.813 yang berlaku di Kabupaten Kudus, jumlah tersebut termasuk UMK kelas menengah.

3. Yogyakarta

Biaya hidup di Yogyakarta sudah lama dikenal murah. Kota ini juga populer sebagai kota perantauan dan kota pendidikan.

Setidaknya biaya hidup yang dibutuhkan untuk hidup di kota ini berkisar antara Rp 1 hingga 1,5 juta per bulan. Biaya hidup ini setara dengan nilai UMK Yogyakarta sebesar Rp 2.324.775.

4. Solo

Secara geografis, kota Solo dekat dengan Yogyakarta. Fakta ini juga mempengaruhi biaya hidup di Solo yang semurah Yogyakarta.

UMK Kota Solo sebesar Rp 2.174.169, denominasi yang juga tidak jauh berbeda dengan Yogyakarta.

Biaya hidup bulanan di kota Solo berkisar antara Rp 1.000.000 – Rp 1.500.000 untuk satu orang dan Rp 3.000.000 – 3.500.000 untuk satu keluarga.

5. kereta bawah tanah

Kota Metro merupakan salah satu kota di Provinsi Lampung. Biaya bulanan adalah Rp 3.120.000 untuk satu keluarga. Sedangkan UMK yang berlaku sebesar Rp2.642.290.

Meski relatif murah dan berada di luar pulau Jawa, kota ini cukup besar dan memiliki akses fasilitas yang lumayan.

6. Cirebon

Cirebon merupakan kota dengan biaya hidup termurah di Jawa Barat. Biaya hidup di kota ini berkisar antara Rp 1.500.000 hingga Rp 2.000.000 untuk satu orang.

Dari rata-rata biaya tersebut dapat disimpulkan bahwa harga makanan, transportasi dan kebutuhan hidup lainnya masih sangat terjangkau. Apalagi dibandingkan dengan kota-kota lain di dekat Jakarta.

7. Purwokerto

Biaya hidup di Purwokerto adalah Rp 2.000.000 per bulan untuk satu orang. Di pinggiran kota, biaya hidup berkisar antara Rp 1.000.000 hingga Rp 1.500.000.

UMK yang berlaku di kota Purwokerto sebesar Rp 1.983.261. Beberapa destinasi terkenal di kota Purwokerto adalah Baturaden, Gunung Slamet dan masih banyak lagi.

8. Sibolga

Sibolga adalah sebuah kota di provinsi Sumatera Utara. Biaya hidup di kota ini berkisar antara Rp 1.000.000 hingga Rp 1.500.000 per bulan.

Kota ini terletak di pesisir barat yang membuatnya terkenal dengan keindahan pegunungan dan pantainya yang memukau. Destinasi wisata terkenal seperti Pulau Putri dan Pulau Poncan Gadang.

Menariknya, upah minimum di Kota Sibolga cukup tinggi yakni Rp 3.197.759.

9.Probolinggo

Selain Banyuwangi, kota termurah di Jawa Timur adalah kabupaten/kota Probolinggo.

Berdasarkan hasil survey yang ada, biaya hidup di kota ini adalah Rp 3.290.000 untuk satu keluarga. Dengan perhitungan sendiri-sendiri, biaya hidup yang ada tentunya bisa lebih murah lagi.

Ini adalah daftar kota-kota berbiaya rendah berdasarkan data BPS dan upah minimum.

Untuk kota di Jawa Timur hanya Banyuwangi dan Probolinggo. Banyuwangi menempati posisi pertama sedangkan Probolinggo menempati posisi ke-9. (kai/ian)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button