Periksa di sini! 5 Pilihan Wisata Alam Anti Mainstream - WisataHits
Jawa Tengah

Periksa di sini! 5 Pilihan Wisata Alam Anti Mainstream

Bogordaily.net– Wisata alam bisa menjadi pilihan menghabiskan akhir pekan. Nah, bagi Anda yang senang menjelajah destinasi wisata alam, ada tempat wisata alam anti mainstream yang bisa menjadi destinasi Anda. Seperti dirangkum SuaraJogja.id, berikut tempat wisata alam yang direkomendasikan untuk Anda:

Teras Panyaweuyan, Argapura, Majalengka

Jawa Barat dikenal memiliki banyak pemandangan alam yang indah dan asri, salah satunya adalah Teras Panyaweuyan di kabupaten Argapura. Terasering adalah pola atau teknik bercocok tanam yang menggunakan sistem bertingkat untuk mencegah terjadinya erosi tanah.

Teras di kaki Gunung Ciremai memanjang sejauh mata memandang, berbentuk anak tangga dengan ukuran yang sangat sempit atau dengan ukuran yang sama untuk setiap bagian bukit. Tempat ini cocok nantinya sebagai wish list liburan saat pandemi usai yaitu mengunjungi Majalengka untuk melihat keindahan teras yang sangat terawat ini.

Laut Kaolin, Belitung, Bangka Belitung

Terletak di Pulau Belitung di Provinsi Bangka Belitung, Danau Kaolin adalah sebuah danau yang terbentuk di area bekas penambangan kaolin. Hal ini menjadi salah satu khazanah pertambangan yang dikenal sebagai produk Bangka Belitung. Kaolin sendiri merupakan bahan baku industri berupa batuan atau tanah liat putih.

Kaolin umumnya digunakan dalam pembuatan keramik, obat-obatan, kertas berlapis, kosmetik, dan pasta gigi, tetapi terutama digunakan dalam pembuatan porselen. Kesan pertama setelah melihat kawasan danau ini seperti berada di Antartika, melihat banyak pemandangan putih yang tidak biasa ini. Meski danau ini luka akibat eksploitasi, alam telah menempatkan tempat ini kembali dalam daftar keinginan destinasi wisata alam yang layak untuk dikunjungi.

Brown Canyon, Tembalang, Semarang

Salah satu tempat wisata alam anti mainstream yang bisa menjadi destinasi adalah Brown Canyon. Situs ini merupakan bekas ranjau darat di Tembalang, Semarang. Tempat ini merupakan salah satu tempat paling menarik di Semarang dan dianggap mirip dengan Grand Canyon di Amerika Serikat. Kemiripan ini terletak pada perbukitan yang berubah menjadi tebing terjal. Brown Canyon bukanlah tujuan wisata resmi pemerintah. Namun, keunikan tempat ini menarik sejumlah wisatawan untuk berfoto. Seperti di Grand Canyon, AS, cocok sebagai wish list untuk dikunjungi nanti.

Air Terjun Lepo Dlingo, Bantul, Yogyakarta

Selain itu berbagai destinasi wisata seperti Candi Prambanan, Keraton Yogyakarta, Alun-alun dan Jalan Malioboro. Wisatawan tentu ingin mengunjungi tempat-tempat yang tidak mainstream untuk tujuan wisata dan bersantai tanpa diganggu banyak orang. Air terjun atau Grojogan dalam bahasa Jawa, Lepo Dlingo di Bantul, Yogyakarta bisa menjadi daftar keinginan untuk dikunjungi di lain waktu.

Bagi yang suka berenang ada kolam alami dengan air jernih untuk dicoba. Air Terjun Lepo Dlingu memiliki tiga tingkat, dengan tingkat kedua setinggi sepuluh meter. Tingkat ketiga dikelilingi oleh bebatuan di dinding sekitar air terjun, yang berbentuk persegi panjang dan jaraknya merata.

Gua Gong, Pacitan, Jawa Timur

Destinasi wisata yang menyenangkan dan menarik tentunya. Salah satu destinasi wisata alam goa adalah Goa Gong yang terletak di Pacitan, Jawa Timur. Keunikan gua ini adalah suara seperti gong terdengar ketika stalaktit dan stalagmit dipukul. Gua Gong memiliki banyak warna yang indah, gua sepanjang 256 meter ini memiliki fenomena alam yang menakjubkan.

Berupa ruangan besar dengan panjang 100 meter, lebar 15 hingga 40 meter, dan tinggi 20 hingga 30 meter di ujung gua.***

Source: bogordaily.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button