Perekonomian Jawa Tengah didorong oleh sektor pariwisata untuk pulih - WisataHits
Jawa Tengah

Perekonomian Jawa Tengah didorong oleh sektor pariwisata untuk pulih

TRIBUNPANTURA.COM, SEMARANG – Pemulihan ekonomi pasca Covid-19 terus digalakkan oleh berbagai pihak di berbagai sektor, termasuk pariwisata.

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Jawa Tengah berkomitmen untuk memberikan kontribusi nyata dalam percepatan pemulihan ekonomi melalui sektor ini.

“Dampak pandemi sangat drastis, terutama pada pariwisata. Tapi setelah vaksinasi dan protokol kesehatan pemerintah yang dilonggarkan, keadaan mulai membaik.”

“Daerah berlomba-lomba untuk pulih secepat mungkin,” kata Wakil Ketua Umum Koordinator Bidang Perekonomian Stefanus Suryaatmadja di sela-sela acara wisata coffee morning yang diisi dengan diskusi bersama pemangku kepentingan dan pegiat pariwisata di sebuah hotel di Semarang pada Selasa (29/11/2022).

Stefanus melanjutkan, masih banyak kendala bagi pelaku ekonomi di sektor pariwisata. Di bawah ini adalah akses keluar masuk Jawa Tengah yang belum dibuka lebih lanjut.

“Kami memiliki bandara yang sangat bagus dan kami ingin lalu lintas pariwisata semakin berkembang,” katanya.

Wakil Ketua DPRD Provinsi Jateng Ferry Wawan Cahyono menambahkan, akses dari dan ke Jateng belum bisa diakses secara universal, sehingga menghambat percepatan pemulihan ekonomi sektor pariwisata. Ia mengatakan harus ada sinergi dari semua sektor.

“Kita sedang kumpulkan apa masalahnya dan perlu masukan agar nantinya rute-rute yang menghubungkan lalu lintas pengunjung, wisata ini menjadi lebih terbuka dan destinasi tumbuh dan berkembang dengan baik,” ujar Ferry.

General Manager General Manager Bandara Internasional PT Angkasa Pura I Ahmad Yani Semarang mengatakan regulasi terkait protokol kesehatan masih diberlakukan saat ini.

Dalam hal ini, vaksin pertama, kedua, dan penguat adalah persyaratan penerbangan.

“Permenkes (tentang vaksin) itu masih berlaku sampai sekarang.

Sementara itu, menurut Hardi, pihaknya juga sedang menyiapkan kajian tentang pembukaan kembali jalur internasional.

Sujarwanto Diatmoko, Plt Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Provinsi Jawa Tengah, mengatakan pariwisata adalah industri yang bisa diandalkan.

Pekerjaan harus dilakukan pada konsepsi desa wisata dengan lebih fokus pada wisata budaya. Setelah itu terintegrasi dengan desa liburan lainnya, menjadikannya tujuan wisata utama.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button