Perampingan Wisatawan di Jalan Krebet Gondanglegi Dicor Beton – PETISI.CO - WisataHits
Jawa Timur

Perampingan Wisatawan di Jalan Krebet Gondanglegi Dicor Beton – PETISI.CO

MALANG, PETISI.CO – Demi kelancaran jalan menuju tempat wisata di Kabupaten Malang, Pemerintah Kabupaten Malang (Pemkab) Malang melalui Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (DPUBM) membangun jalan tol (beton merah) di kawasan Desa Krebet, Kecamatan Bululawang.

Pembangunan jalan beton dilakukan mengikuti beratnya jalan beraspal yang sebelumnya dicor (beton merah) dengan pertimbangan lebih awet dan kuat.

Saat ini pembangunan jalan sudah memasuki tahap dua. Jalan beton sepanjang 1,4 kilometer telah diselesaikan untuk jalur sisi timur selebar 3 meter. Saat ini penggarap proyek tersebut mulai menggenang di sisi barat.

Umur beton adalah 21 hari. Setelah kering dan berumur 21 hari maka kita akan melakukan yang berikutnya. Oleh karena itu, jalur di Krebet Gondanglegi masih berupa jalan satu arah,” jelas Plt. Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (DPUBM) Kabupaten Malang, Suwignyo, ST., di ruang kerjanya, Senin (24/10/2022).

Dari pantauan di lapangan, posisi sekat jalan satu arah sudah bergeser. Dari sudut pandang ini, jalur beton cor telah dilalui oleh semua kendaraan. Sebagian besar kendaraan roda empat, truk, dan roda dua melakukan perjalanan ke selatan-utara.

Menurut Suwignyo, pembangunan jalur ini akan berlangsung hingga akhir November. Kemudian ada masa tunggu 21 hari untuk beton.

Setelah selesai, jalan akan dibuka sepenuhnya. Namun, tidak semua jalan dicor. Hanya jalan terburuk yang diaspal. Sebagai informasi: Anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian PUPR 2022 akan digunakan untuk rehabilitasi jalur Krebet-Gondanglegi.

Nilai proyek sebesar Rp 11,5 miliar, sedangkan rekanan CV Majera Uno Jaya memenangkan tender dengan nilai penawaran Rp 8,86 miliar.

Anggaran tersebut diberikan oleh para pendukung rute ke Jalur Lingkar Selatan (JLS). Jalan Krebet Gondanglegi merupakan jalan utama menuju pertigaan Gondanglegi.

Pertigaan ini merupakan jalan menuju pantai selatan Balekambang dan sekitarnya. Hal ini juga sejalan dengan program Kementerian PUPR untuk merevitalisasi JLS.

Pengerjaan jalur Krebet-Gondanglegi sudah dilakukan sejak Juli lalu. Secara bertahap, konstruksi dimulai dari sisi selatan. Tepat di daerah sekitar perbatasan antara Gondanglegi dan Bululawang

“Target kami akhir tahun sudah bisa berfungsi normal. Tentu kita berharap masyarakat bersabar agar jalan ini bisa selesai. Dengan selesainya pembangunan ini, diharapkan perekonomian akan terus bergerak. Pariwisata juga bisa meningkat dengan cepat,” jelas mantan sekretaris PUBM ini

Sebelumnya, beberapa tahun lalu, Jalan Krebet-Gondanglegi belum bisa memperbaiki kerusakan jalan dengan cepat karena terkendala anggaran untuk menghadapi pandemi COVID-19 yang sudah digunakan pada awal tahun 2020 dan perbaikan baru bisa dilakukan. pada tahun 2022. (klis)

Kunjungan: 169

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button