Penyelam mengibarkan bendera merah putih di Umbul Ponggok untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia - WisataHits
Jawa Tengah

Penyelam mengibarkan bendera merah putih di Umbul Ponggok untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia

Klaten – Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 digunakan kemarin (17.8) oleh pengelola Ponggok Umbul, Desa Ponggok, Polanharjo untuk mengibarkan bendera merah putih di dalam air. Upacara tersebut melibatkan setidaknya 18 penyelam yang mengenakan pakaian dan perlengkapan selam.

Dari 18 penyelam tersebut, tiga orang ditugaskan untuk menerbangkan Sang Saka Merah Putih. Sementara itu, wisatawan mengelilingi umbul tepi kolam dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya sambil memberi hormat kepada bendera. Mengheningkan cipta selama satu menit untuk mengenang jasa para pahlawan yang gugur.

Kepala Dinas Pariwisata Desa BUMDes Tirta Mandiri Desa Ponggok Suyantoko mengatakan, upacara pengibaran bendera ini rutin dilakukan setiap tahun.

“Menyelenggarakan Upacara HUT RI ke-77 di dalam air merupakan keunikan tersendiri bagi Umbul Ponggok. Kami ingin memadukan potensi panji ini dengan kecintaan terhadap NKRI,” kata Suyantoko.

Suyanto menjelaskan, upacara HUT RI ke-77 terdiri dari Tim Cari dan selamatkan (SAR) Klaten dan Solo. Termasuk pegawai BUMDes Tirta Mandiri dan wisatawan yang berkunjung. Ada juga waktu pengibaran bendera di air dengan kedalaman 3,2 meter, kurang dari 10 menit.

“Sebelumnya, petugas upacara telah melakukan latihan. Termasuk sampel. Jadi saya dilatih,” katanya.

Sementara itu, salah seorang petugas pengibaran bendera, Bayu Windardo, 23 tahun, mengaku sudah mempersiapkan diri dengan berlatih. Padahal itu rutin dilakukan setiap tahun.

“Tentu menyenangkan mengibarkan bendera di air. daripada di tempat lain di daratan. Jika menghadiri upacara di daratan, Anda juga melakukannya sebagai mahasiswa,” kata Bayu.

Bayu mengatakan, ada sejumlah tantangan yang harus dihadapi saat mengibarkan bendera di air. Salah satunya ketika bendera dikibarkan, kerekan juga ikut naik.

“Khususnya di dalam air, Anda tidak bisa mendengar suara dari speaker sama sekali. Jadi gunakan perasaan saja. Kami mengibarkan bendera sambil menyanyikan lagu Indonesia Raya,” ujarnya. (ren/adi/bendungan)

Source: radarsolo.jawapos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button