Pentingnya menghadiri tur museum selama menginap - WisataHits
Jawa Barat

Pentingnya menghadiri tur museum selama menginap

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Museum adalah tempat wisata yang kurang populer dibandingkan pantai, gunung, dan taman bermain. Namun bukan berarti museum kehilangan daya tarik wisatanya. Anda masih bisa bersenang-senang sambil mempelajari hal-hal baru.

Kunjungan ke museum mengingatkan pada masa sekolah. Waktu yang pernah Anda lakukan sebelumnya. Kini Anda bisa membangkitkan kenangan masa kecil saat datang ke museum.

BACA JUGA: Ihsan Ayatullah mengaku tak terima perintah Ade Yasin menyuap BPK

Manfaat berwisata ke museum

Berkunjung ke museum menjadi salah satu alternatif saat Anda bosan dengan tempat wisata lainnya.

Berikut manfaat yang Anda dapatkan saat berwisata ke museum.

1. Menambah wawasan tentang sejarah masa lalu

Mengunjungi museum dapat memperluas wawasan Anda tentang daerah tersebut. Ada informasi menarik yang jarang ditemukan sebelumnya. Museum memiliki berbagai jenis seperti sejarah, militer, makanan, seni dan sebagainya.

2. Ciptakan interaksi dengan orang lain

Manajemen museum telah memutuskan untuk membawa pengunjung melalui gedung dengan pemandu. Di setiap pemberhentian, pemandu akan memberikan informasi menarik. Dengan cara ini Anda bisa lebih mudah memahami apa saja peninggalan yang ada di museum tersebut.

Anda tidak akan sendirian. Ada wisatawan lain yang datang dan berinteraksi satu sama lain.

3. Menghilangkan stres

Efek samping dari mengunjungi museum adalah menghilangkan stres. Tidak seperti tempat wisata lainnya, museum cenderung sepi dan damai.

Selama kunjungan Anda ke museum, Anda dapat melihat berbagai benda dan karya seni menarik yang dipajang di sana. Melihat hal baru membuat pikiran lebih segar, stres hilang.

4. Memiliki berbagai spot foto menarik

Museum saat ini dilengkapi dengan berbagai spot foto menarik. Pernak-pernik tentang fasilitas khusus dari museum bisa kamu gunakan sebagai background postingan Instagram. Bisa dibilang museum ini tidak kalah dengan tempat-tempat Instagrammable lainnya.

5. Pelajari ceritanya dengan mengikuti timeline

Untuk membantu pengunjung, informasi di museum disusun secara kronologis berdasarkan peristiwa. Deskripsi sistematis akan membantu Anda lebih memahami jalannya peristiwa di masa lalu.

BACA JUGA: BPJS Ketenagakerjaan memastikan korban kecelakaan di Cibubur mendapatkan pelayanan yang optimal

Daftar museum di bandung

museum

Museum Geologi. (khusus Fidhiah Shabrina/RADAR BANDUNG)

Bandung memiliki wisata museum yang bisa Anda kunjungi. Dari sana Anda bisa melihat sekilas Bandung dan sekitarnya.

Bingung mau menginap dimana? Jangan khawatir, ada banyak hotel bagus di Bandung yang tersedia di Traveloka. Salah satunya adalah ibis Styles Bandung Grand Central.

Dan berikut adalah daftar Museum Bandung untuk dikunjungi di akhir pekan.

1. Museum Konferensi Asia-Afrika

Museum ini didirikan untuk memperingati Konferensi Asia Afrika yang diadakan di Bandung. Konferensi ini bertujuan untuk mempromosikan kerjasama ekonomi dan budaya antara negara-negara di kawasan Asia-Afrika.

Dalam konferensi yang berlangsung pada 18-25 April 1955 itu, Anda bisa melihat koleksi foto. Ada juga diorama, ruang pameran, dan ruang audiovisual untuk dinikmati selama Anda menginap.

Alamat museum ini adalah Jalan Asia Afrika No. 65, Braga, Sumur Bandung. Karena lokasinya yang berada di kawasan Jalan Braga, museum ini banyak dikunjungi wisatawan. FYI: Kawasan Jalan Braga cukup ramai dan ramai.

2. Museum Universitas Pendidikan Indonesia

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) mendirikan museum ini untuk melestarikan warisan pendidikan di Indonesia. Melalui museum ini, Anda dapat belajar tentang sejarah pendidikan di Indonesia dari prasejarah hingga saat ini.

Lokasi museum ini berada di Jalan Dr. Setiabudi No.229, Isola, Sukasari, Bandung. Anda bisa datang dari hari Senin sampai Kamis (09.00 sd 15.00 Wib) dan Jumat (09.00 sd 15.30 Wib).

3. Museum Sri Baduga

Melalui Museum Sri Baduga, Anda bisa belajar tentang sejarah perkembangan di Jawa Barat. Koleksi arca, makam batu, replika gua dan manuskrip kuno Padjajaran dapat ditemukan di museum ini.

Museum Sri Baduga terletak di Jalan BKR No. 185, Satwa, Astana Anyar, Bandung. Jam operasional adalah Selasa sampai Jumat dari pukul 08:00 hingga 16:00 dan Sabtu dan Minggu dari pukul 08:00 hingga 14:00.

4. Museum Nike Ardilla

Nike Ardilla adalah salah satu penyanyi terbaik di Indonesia. Pada tahun 1995 ia mengalami kecelakaan yang merenggut nyawanya.

Hingga saat ini, para penggemar masih menikmati karya-karyanya. Museum Nike Ardilla didirikan untuk mengenang karakter Nike Ardila. Museum ini terletak di Jalan Aria Utama No. 5, Cipamokolan, Rancasari, Bandung. Anda dapat mengunjungi WIB setiap hari mulai pukul 11:00 hingga 17:00.

5. Museum Siliwangi Wangsit Mandala

Perlengkapan pasukan dari Kodam Siliwangi bisa didapatkan di Museum Siliwangi Mandala Wangsit. Nama museum ini diambil dari nama pendiri kerajaan Pajajaran.

Museum ini menampilkan koleksi senjata kuno dan modern seperti keris, tombak, tank, meriam hingga kendaraan lapis baja. Anda dapat mengunjungi museum ini mulai pukul 08.00 hingga 14.00 WIB dan memiliki hari libur nasional pada hari Minggu.

Lokasi Museum Mandala Wangsit berada di Jalan Lembong No. 38, Sumur Bandung, Bandung.

Source: bandung.pojoksatu.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button