Pengusaha Singkawang menawarkan tanah gratis, hanya membayar biaya pengelolaan - WisataHits
Jawa Barat

Pengusaha Singkawang menawarkan tanah gratis, hanya membayar biaya pengelolaan

PONTIANAK – PT Rajawali Bintang Timur memberikan lahan gratis di kawasan Singkawang Timur, kota Singkawang, Kalimantan Barat. Mereka membuat hingga 500 lot tersedia bagi komunitas untuk memiliki lot.

Direktur PT Rajawali Bintang Timur mengatakan pihaknya juga membuat program ini untuk membantu pemerintah meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Tanah di Singkawang Timur ini merupakan tanah pegunungan dan dekat dengan tempat wisata seperti Belimbing, Eria dan lain-lain.

“Program ini kami laksanakan untuk masyarakat yang kesulitan membeli tanah. Tanah sangat mahal dan sulit dibeli karena harganya naik. Dan untuk membantu pemerintah memperbaiki UN. Tanahnya kami sediakan gratis, tapi harus ada biaya, tidak sampai Rp 10 juta (Rp 9,5 juta),” jelas Susan, Senin, 15 Agustus 2022.

Untuk mendapatkan tanah, warga harus menyiapkan persyaratan berupa kartu keluarga, KTP, NPWP dan BPJS. Luas lahan kosong ini sekitar 8×20 meter persegi, warga hanya membayar biaya administrasi sebesar Rp 9,5 juta.

“Dia akan menerima staking, menyerahkan staking dan menerima SKT/SPT. Kami membuatnya menjadi berkas lengkap yang bisa diserahkan langsung ke BPN. Kita buka tanahnya, lalu kita kuatkan. Nanti bisa SPT/SKT bisa upgrade sertifikat, sekarang mungkin mahal di BPN, tapi nanti kita bisa menunggu program pemerintah Prona, sertifikat bisa gratis,” jelasnya.

Biaya pengelolaan kavling 8 x 20 meter persegi sekitar Rp 9,5 juta. Warga yang ingin memiliki tanah gratis dapat membayar biaya pengelolaan dalam 10 kali angsuran, tanpa bunga, tanpa denda, dan tanpa uang muka.

“Kami sedang membersihkan lahan, kami perlu menyewa ekskavator, pengawas, pasak. Kami harus membuat tiang, tukang yang membuat tiang semua butuh uang. Dana sebesar Rp 9,5 juta itu akan digunakan untuk biaya operasi pegging, pembebasan lahan, pembuatan SPT, biaya pemasaran dan stempel serta biaya lainnya,” katanya.

Lokasi tanah bebas berada di kawasan Singkawang Timur, dekat dengan tempat wisata. Penghuni bebas memilih berapa banyak yang akan diambil tanpa batasan, asalkan bisa membayar biaya pengelolaan.

“Lokasinya di Singkawang Timur. Sekarang Singkawang sedang membangun bandara, pasti semua orang sudah tahu luar biasa perkembangan kota Singkawang. Warga bisa datang langsung ke kantor kami di PT Rajawali Bintang Timur depan Polsek Singkawang, Jalan Firdaus 2. Lalu kalau ada Facebook bisa mencari marketing kami,” jelasnya.

“Ada tempat wisata belimbing, vihara besar. Begitu banyak tempat wisata di sana. Ada 46 hektar benar-benar gratis, hanya biaya begitu banyak. Anda bebas membeli sebanyak yang Anda mau selama Anda bisa membayar biaya pengelolaannya,” katanya. (ser/iklan)

Source: pontianakpost.jawapos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button