Pengunjung Gunung Kemukus Sragen mencapai 1.000 per hari - WisataHits
Jawa Tengah

Pengunjung Gunung Kemukus Sragen mencapai 1.000 per hari

Pengunjung Gunung Kemukus Sragen mencapai 1.000 per hari

TRIBUNJATENG.COM, SRAGEN – Hingga 1.000 pengunjung datang ke Gunung Kemukus, Sumberlawang, Sragen. Dibandingkan pekan lalu, pengunjung Gunung Kemukus lebih banyak datang pada hari ini, Minggu (1/1/2023).

Pengelola objek wisata Gunung Kemukus Mercellus Suparno mengatakan total pengunjung hingga Jumat (23-25/2022) mencapai 810 orang.

Jumlah kunjungan kembali turun menjadi 112 pada Senin (26/12) dan naik lagi pada Selasa (27/12) sebanyak 228 pengunjung, dan pada Rabu (28/12) tercatat 202 pengunjung memadati Gunung Kemukus.

“Pada hari Kamis sebenarnya dihitung 400 sampai 500 orang, pada hari Jumat ada 212 orang dan pada malam tahun baru ada 510 orang di sini. Tidak ada acara, hanya pesta kembang api dari warga sekitar,” kata Parno, sapaan akrabnya.

Lanjut Parno, diperkirakan 500 pengunjung akan datang pada pukul 14.00 hari ini, dan diperkirakan mencapai 1.000 orang pada malam hari.

Lanjutnya, beberapa pengunjung yang datang ke Jakarta berasal dari luar kota, yakni dari Semarang, Jawa Timur. Parno berharap wisatawan dari luar bisa berbagi Gunung Kemukus dengan lebih banyak orang.

Parno mengatakan, libur sekolah juga tidak berdampak signifikan terhadap kunjungan wisatawan ke Gunung Kemukus. Baru beberapa hari terlihat ramai.

faktor cuaca

Cuaca juga bisa menjadi kendala bagi banyak pengunjung, kata Parno. Saat panas, pengunjung tidak suka terlalu panas. Juga, tidak ada hujan.

“Cuaca menjadi kendala, karena banyak curah hujan di bulan Desember ini. Kemarin juga hujan beberapa hari, kalau hujan tidak ada yang datang,” lanjut Parno.

Setelah Gunung Kemukus diubah, kata Parno, banyak pengunjung yang hanya ingin jalan-jalan. Namun, masih ada peziarah yang berziarah ke makam Pangeran Samudro dan juga ke mata air.

Untuk menarik wisatawan, Parno mengaku ke depannya akan ada tambahan wahana permainan anak, kuliner dan event besar yang tentunya akan mengangkat budaya Jawa ke kancah nasional.

“Kebersamaan dengan anak-anak SD, SMP, dan SMA juga akan kita dorong. Kita akan ajak mereka merayakan budaya luhur bersama, ada kirab, gunungan, nyadranan,” ujarnya.

Baca juga: Tradisi 1 Suro, Prosesi Larap Slambu Makam Pangeran Samudro di Gunung Kemukus Sragen

Baca Juga: Obyek Wisata Kemukus Terapkan E-Ticket, PAD Tercatat Real Time

Baca juga: Kemukus Sragen Baru Rindu Pengunjung, Apa Alasannya?

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button