Pengorbanan sampai hantu mengapung di Jembatan Suramadu - WisataHits
Jawa Timur

Pengorbanan sampai hantu mengapung di Jembatan Suramadu

Bacaini.id, MADURA – Siapa yang tidak mengenal Jembatan Suramadu yang menghubungkan Pulau Jawa dengan Pulau Madura dengan megahnya. Tak hanya fakta menarik dan unik, pembangunan hingga berdirinya jembatan ini juga diselimuti mitos dan mistis yang diyakini masyarakat sekitar dan pengendara yang melintas.

Surabaya – Madura adalah singkatan dari Suramadu. Jembatan Nasional Suramadu membentang sepanjang 5,4 kilometer melintasi Selat Madura dan dinobatkan sebagai jembatan terpanjang ketiga di Asia Tenggara oleh Guinness World Records pada tahun 2011.

Jembatan Suramadu bahkan menjadi ikon pariwisata menarik di Jawa Timur – Madura, dengan tiang besar di tengah jembatan, mirip dengan Tower Bridge di Inggris. Ratusan lampu dan lampu lalu lintas berkelap-kelip di sepanjang jembatan, terutama di malam hari.

Di balik kemegahannya, mitos dan mistisisme berkembang dari mulut ke mulut di kalangan masyarakat umum setelah dibangunnya Jembatan Suramadu pada tahun 2009. Berikut Bacaini.id rangkum dari berbagai sumber.

1. Pengorbanan Pembangunan Jembatan Suramadu

Mitos yang beredar bahwa pembangunan jembatan terpanjang di Indonesia memakan banyak korban jiwa. Sedikitnya 20 pekerja konstruksi tewas tertimbun material dan terkubur hidup-hidup. Konon ketika penanaman paku tanah berkali-kali gagal dan bisa diatasi setelah ritual, tumbalnya adalah tumbal.

2. Berdiri di kuburan

Jembatan Suramadu juga diresmikan sebagai jalan tol Surabaya – Madura. Tersebar kabar bahwa pintu tol itu berada di lokasi bekas kuburan besar. Demi kepentingan pembangunan jembatan, makam itu kemudian dipindahkan.

Ngeri, ditemukan jenazah saat proses pemindahan masih dalam keadaan utuh, meski disebutkan tidak ada warga sekitar yang meninggal sebelum penguburan.

3. Penampakan arwah gentayangan

Sekitar tahun 2014, rentetan kecelakaan yang melibatkan lima mobil terjadi di Jembatan Suramadu. Satu orang tewas dalam insiden ini. Dikisahkan, kecelakaan itu terjadi setelah salah seorang pengemudi kendaraan melihat penampakan roh Kuntilanak. Masyarakat juga mengatakan sering terlihat penampakan kuntilanak di lokasi kejadian bahkan sebelum jembatan dibangun.

Selain Kuntilanak, hantu berupa bunga matahari bolong juga kerap muncul, mengejar pengendara yang melintasi Jembatan Suramadu. Sosoknya adalah seorang wanita cantik dengan rambut panjang. Ketika wanita itu berbalik, yang membuatnya ngeri adalah lubang besar di punggungnya.

4. Setan ular menghuni jembatan

Sebuah urban legend yang juga diyakini adalah adanya setan ular besar sebagai penghuni Jembatan Suramadu. Setan ini sering terlihat oleh orang-orang tertentu yang berkeliaran di sekitar jembatan.

Namun, siluman ular ini merupakan sosok penjaga karena kehadirannya dipercaya tidak akan mengganggu warga atau kendaraan yang melintasi Jembatan Suramadu.

Pengarang: Novira
Dihimpun dari berbagai sumber

Cetak ramah, PDF & emailCetak ini

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button