Penggemar keroncong siap berwisata dan belajar bersama Waldjinah - WisataHits
Jawa Tengah

Penggemar keroncong siap berwisata dan belajar bersama Waldjinah

KOMPAS.com – Keroncong sebagai genre musik yang muncul dari perpaduan budaya barat dan timur masih populer hingga saat ini. Para penggemar dan penikmat dapat mempelajari seni musik keroncong secara langsung.

Ratu Keroncong Indonesia yang telah mengikuti musik ini selama lebih dari 60 tahun, Waldjinah, akan kembali membuka tempat belajar musik Keroncong gratis di rumahnya.

Baca juga:

“Ada tempat belajar musik keroncong di rumah (di) solo. kehendak Tuhan tahun depan kita buka kelas musik keroncong gratis seperti sebelumnya,” kata Waldjinah dalam rapat di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Jakarta, Jumat (12/9/2022).

Rumah Waldjinah terletak di Desa Mangkuyudan, Desa Purwosari, Kecamatan Laweyan, Surakarta.

Pembelajaran Budaya dan Wisata Keroncong

Sebagai informasi, saat menjadi ketua HAMKRI (Persatuan Artis Musik Keroncong Indonesia), rumah Waldjinah bernama tempat penampungan belajar alat musik keroncong dan batik.

Salah satu artis diberi julukan Ratu Keroncong Indonesia, Waldjinah, saat ditemui di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jumat (9/12/2022). KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Salah satu artis yang memakai julukan Ratu Keroncong Indonesia, Waldjinah, saat ditemui di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jumat (9/12/2022).

Namun, kegiatan tersebut terhenti akibat pandemi Covid-19.

“Anak muda jaman sekarang ingin Ada banyak keroncong, tapi tidak ada lagi latihan di masa pandemi, nanti akan saya hidupkan lagi,” kata Waldjinah.

Baca juga: Waldjinah, dari Kembang Kacang hingga Keroncong Ratu

Agenda belajar yang ditujukan untuk segala usia, terutama generasi muda, terhenti selama hampir tiga tahun akibat pandemi Covid-19.

“Di rumah, ibu saya menggunakannya untuk belajar musik keroncong secara gratis, tetapi kami berhenti melakukannya setelah pandemi. Gratis bagi siapa saja yang tertarik dan tertarik dengan musik keroncong,” kata Bambang putra Waldjinah.

Ia juga mengatakan bahwa Pemerintah Kota Surakarta telah memberikan kesempatan kepada setiap kecamatan di sana untuk menampilkan musik keroncong.

Baca Juga: Mengenal Keroncong Tugu, Musik Portugis-Betawi yang Memukau Batavia

Selain itu, pertunjukan keroncong secara rutin dapat dinikmati oleh masyarakat di Taman Budaya Surakarta atau dikenal juga dengan Taman Budaya Jawa Tengah.

“Kemudian ada Taman Budaya Surakarta, biasanya sebulan sekali kinerja Keroncong,” kata Bambang.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button