Pengaruh Pernikahan Kaesang - Erina, PHRI Yogyakarta menyebut okupansi hotel meningkat - WisataHits
Yogyakarta

Pengaruh Pernikahan Kaesang – Erina, PHRI Yogyakarta menyebut okupansi hotel meningkat

TEMPO.CO, Yogyakarta – Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyebut pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep, dengan Erina Gudono di Pendopo Ambarrukmo Yogyakarta akan berdampak positif bagi okupansi hotel di kawasan tersebut. memiliki . Khususnya pada H-1 dan H-Day atau Jumat-Sabtu 9-10. Desember 2022.

“Jumat dan Sabtu lalu saat melangsungkan pernikahan, hotel-hotel di kawasan utara dan timur Yogya rata-rata tingkat okupansi hampir 100 persen,” kata Deddy Pranowo Eryono, Ketua PHRI DIY, Senin, 12 Desember 2022.

Lokasi pernikahan Kaesang Erina berada di Kabupaten Sleman yang lebih dekat dengan perbatasan dengan kota Yogyakarta. Secara geografis, hotel-hotel di kawasan yang berdekatan dengan lokasi ini, yakni Kabupaten Sleman di selatan, timur, dan Kota Yogyakarta, paling terpengaruh tingkat huniannya.

Kawasan Sleman di sebelah selatan, timur atau berbatasan dengan kota Yogyakarta memang terkenal dengan sebaran hotel berbintang. “Dari Jumat hingga Sabtu yang bertepatan dengan momen pernikahan, okupansi hotel bintang tiga ke atas di kawasan terdekat dengan wilayah pernikahan meningkat tajam hingga hampir 100 persen,” kata Deddy.

Menurut Deddy, kontributor warga adalah keluarga atau rombongan tamu pernikahan yang diundang oleh Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. Akad nikah di Yogya sendiri hanya dihadiri oleh tamu undangan yang dibatasi sekitar 250 orang.

Namun ternyata para tamu undangan juga memperpanjang masa tinggalnya di hotel tersebut untuk menghadiri acara Syukuran Kaesang-Erina di Solo. “Jadi cukup banyak tamu yang menghadiri hajatan di Solo tapi menginap di Yogyakarta,” kata Deddy.

Laporan yang dihimpun PHRI menunjukkan hotel-hotel di kawasan Sleman mengalami tingkat hunian yang tinggi hingga 12 Desember. “Karena tamunya juga juara besan (tasyakuran di Solo) lalu kembali ke Yogya untuk bermalam di sana sebelum pulang,” kata Deddy.

Menurut Deddy, tamu Kaesang-Erina di Yogya masih dijejali bintang tiga ke atas hingga H+1 kontrak karena hotel-hotel di Solo sudah penuh saat acara syukuran digelar. “Ketika mereka memutuskan untuk tinggal di Yogya untuk menghadiri sebuah acara di Solo,” ujarnya.

Terkait libur Natal dan Tahun Baru, PHRI DIY menemukan pemesanan hotel di Yogyakarta sudah melebihi target, terutama sepuluh hari jelang pergantian tahun. “Jumlah pemesanan dari 20-31 Desember sudah mencapai 87 persen, melebihi target kami yang semula hanya 80 persen,” kata Deddy.

Reservasi yang melebihi target tersebut, baik hotel berbintang maupun non bintang. “Meski ada beberapa hotel yang okupansinya sudah 100 persen (menjelang pergantian tahun), masih banyak hotel yang kamar tersedia dan wisatawan masih bisa memesan,” kata Deddy.

Baca juga: Kaesang – Perayaan Pernikahan Erina Setelah itu, Pura Mangkunegaran dibuka kembali untuk wisatawan

Selalu update informasi terbaru. Tonton breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di channel Telegram “http://tempo.co/”. klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button