Penerimaan Mahasiswa Baru PTKIN 2023 resmi dibuka, cek jadwal Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Penerimaan Mahasiswa Baru PTKIN 2023 resmi dibuka, cek jadwal Solopos.com

Penerimaan Mahasiswa Baru PTKIN 2023 resmi dibuka, cek jadwal Solopos.com

SOLOPOS.COM – Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru PTKIN 2023, Prof DR Imam Taufiq. (Humas Solopos.com-Pokja & Rilis SPAN-UM PTKIN 2023)

Solopos.com, SEMARANG — Penerimaan mahasiswa baru Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) tahun pelajaran 2023 resmi dibuka hari ini, Jumat (20/1/2023). Pembukaan pendaftaran mahasiswa baru PTKIN 2023 akan dilakukan langsung oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Proses seleksi penerimaan mahasiswa baru PTKIN tahun 2023 berlangsung dalam dua tahap, yaitu Seleksi Prestasi Akademik Nasional atau SPAN-PTKIN dan Ujian Masuk (UM-PTKIN).

PromosiMayoritas konsumen memilih Tokopedia sebagai e-commerce yang paling aman, terpercaya dan memuaskan

SPAN-PTKIN merupakan seleksi nasional calon mahasiswa baru PTKIN berdasarkan prestasi akademik. Peserta SPAN PTKIN adalah SMA, Madrasah atau Asrama yang akan lulus pada tahun 2023.

Beriklan dengan kami

Tahap SPAN dimulai dengan pendaftaran sekolah, madrasah, dan pesantren pada 17 Januari hingga 13 Februari 2023. Setelah itu, siswa diminta mendaftar mulai 16 Februari hingga 4 Maret 2023.

Hasil SPAN PTKIN akan diumumkan pada 3 April 2023. Seluruh proses pendaftaran dan pemberitahuan dilakukan secara online melalui website dan itu tidak akan dikenakan biaya sepeser pun.

Sedangkan UM-PTKIN merupakan seleksi calon mahasiswa baru PTKIN melalui tes yang dilakukan di PTKIN terpilih. Peserta UMPTKIN adalah mahasiswa PhD tahun 2021, 2022 dan 2023, dan pendaftaran UMPTKIN bersifat fee based.

Ketua Panitia Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru PTKIN, Prof DR Imam Taufiq, M.Ag mengatakan pada tahun 2023 akan ada 59 PTKIN yang terdiri dari 30 Perguruan Tinggi, 24 IAIN dan 5 STAIN. Berbeda dengan UMPTKIN 2022 yang diselenggarakan secara daring, ujian UMPTKIN 2023 akan dilaksanakan di PTKIN pilihan peserta.

Beriklan dengan kami

“Kami berharap mendapatkan mahasiswa baru terbaik yang bisa memajukan PTKIN. Oleh karena itu, penyelenggaraan SPAN dan UMPTKIN juga terbuka bagi peserta difabel. Siswa berkebutuhan khusus dapat mengikuti SPAN dan UMPTKIN karena kami menawarkan moda tes yang ramah dan dapat diakses oleh siswa difabel,” kata pria yang juga menjabat sebagai Panitera UIN Walisongo Semarang ini dalam keterangan tertulisnya kepada Solopos.com, Jumat. (20.1.2023).

Imam menambahkan, peluncuran resmi dua jalur seleksi mahasiswa baru PTKIN 2023 itu akan dibuka oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Start akan disiarkan langsung mulai pukul 19.00 WIB di akun YouTube resmi PMB SPAN UM PTKIN.

Sekolah dan siswa yang ingin melihat syarat teknis pendaftaran dapat mengunjungi website resmi panitia di situs web atau kontak pusat konseling di nomor 081578901020 (obrolan WA).

Beriklan dengan kami

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button