Penerbangan perdana, berikut fakta menarik Batik Air, rute internasional terpendek pertama di Banda Aceh - WisataHits
Jawa Timur

Penerbangan perdana, berikut fakta menarik Batik Air, rute internasional terpendek pertama di Banda Aceh

Keterangan: Rute internasional Batir Air dari Banda Aceh ke Penang (Foto/dok: Dinas Perhubungan Banda Aceh)Keterangan: Rute internasional Batir Air dari Banda Aceh ke Penang (Foto/dok: Dinas Perhubungan Banda Aceh)

Penerbangan perdana tersebut diresmikan oleh Kepala Dinas Perhubungan Aceh T. Faisal, Walikota Banda Aceh H. Bakri Siddiq SE Msi didampingi Direktur Teknik Batik Air Abdul Rahman Mewar di gedung VIP Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (BTJ).

Berikut fakta menarik Batir Air, rute internasional terpendek pertama dari Banda Aceh ke Penang.

1. Batik Air memfasilitasi perjalanan internasional dari Aceh untuk keperluan bisnis, pariwisata dan keluarga.

Menyediakan opsi penerbangan baru dari Indonesia ke Malaysia, yaitu Penang ke tujuan Kuala Lumpur dari Jakarta – Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Tangarang Banten (CGK), Bandara Internasional Juanda Surabaya (SUB), Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai (DPS) Bali dan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar (UPG) dan Jalur Pekanbaru (PKU) ke Malaka (MKZ).

Fakta Batik Air: Foto oleh Irfan Fuadi, Fotografer Dinas Perhubungan Provinsi AcehFakta Batik Air: Foto oleh Irfan Fuadi, Fotografer Dinas Perhubungan Provinsi Aceh

2. Penerbangan penumpang berjadwal (regular flight) untuk mendukung gerakan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) untuk semakin menarik wisatawan mancanegara dengan memiliki pilihan destinasi baru yaitu Aceh dengan sajian kearifan lokal.

Lion Air Group memiliki koneksi penerbangan lebih banyak dari Bandar Udara Internasional Sultan Iskandar Muda (connecting flight) ke Medan Kualanamu, Batam, Padang, Palembang, Pekanbaru, Gunungsitoli, Jambi, Lhoksumawe, Meulaboh, Padang Sidempuan, Sibolga, Silangit, Simeulue, Takengon, Jakarta Soekarno -Hatta, Jakarta Halim Perdanakusuma, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Denpasar, Lombok dan kota tujuan lainnya.

Batik Air: Foto oleh Irfan Fuadi, Fotografer Dinas Perhubungan Provinsi AcehBatik Air: Foto oleh Irfan Fuadi, Fotografer Dinas Perhubungan Provinsi Aceh

3. Rute ini diluncurkan sebagai rute pertama dan terpendek Batik Air untuk jangkauan internasional dari Banda Aceh ke Penang, durasinya 50 menit sekali jalan.

Batik Air: fotodok.  pewarna dasi airBatik Air: fotodok. pewarna dasi air

4. Peresmian penerbangan pertama oleh : (kiri – kanan) Kepala Dinas Perhubungan Aceh T. Faisal; Walikota Banda Aceh H. Bakri Siddiq SE Msi didampingi Direktur Teknik Batik Air Abdul Rahman Mewar di gedung VIP Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (BTJ).

Foto dok.  pewarna dasi airFoto dok. pewarna dasi air

5. Menggantung syal sebagai tanda diterimanya penerbangan internasional pertama Batik Air ke Penang dari Pj. Walikota Banda Aceh kepada Direktur Teknik Batik Air Abdul Rahman Mewar.

Foto dok.  pewarna dasi airFoto dok. pewarna dasi air

6. Penyerahan Miniatur Pesawat oleh Direktur Teknik Batik Air Abdul Rahman Mewar kepada Plt. Walikota Banda Aceh H Bakri Siddiq SE MSi.

Foto dok.  pewarna dasi airFoto dok. pewarna dasi air

7. Sebagai simbol Plakat Gubernur Aceh oleh Kepala Dinas Perhubungan Aceh T. Faisal kepada Direktur Teknik Batik Udara Abdul Rahman Mewar.

Foto dok.  pewarna dasi airFoto dok. pewarna dasi air

8. Rute Banda Aceh – Penang PP, Batik Air mengoperasikan pesawat Boeing 737-800NG (12 Kelas Bisnis dan 156 Kelas Ekonomi). Armada ini merupakan generasi modern dan baru yang dipasok oleh pabrikan pesawat.

Semua armada dilengkapi dengan filter HEPA (High Efficiency Particulate Air) atau filter partikel yang kuat. Filter HEPA membantu menjaga udara di dalam kabin tetap bersih dan menyaring lebih dari 99,9% virus, kuman, serangga, dan bakteri. Udara di dalam kabin pesawat disegarkan setiap 2-3 menit sekali agar lebih segar. Sirkuit udara lavatory (toilet) dan caboose (dapur) dibuang langsung dari pesawat.

Foto oleh Irfan Fuadi, Fotografer Dinas Perhubungan Provinsi Aceh.Foto oleh Irfan Fuadi, Fotografer Dinas Perhubungan Provinsi Aceh.

9. Pramugari dan pramugari Batik Air saat peresmian penerbangan perdana. Pramugari untuk penerbangan dari dan ke Banda Aceh wajib mengenakan model seragam yang dipadukan dengan hijab.

Foto oleh Irfan Fuadi, Fotografer Dinas Perhubungan Provinsi AcehFoto oleh Irfan Fuadi, Fotografer Dinas Perhubungan Provinsi Aceh

Untuk tahap awal, Batik Air akan menawarkan jadwal penerbangan 1 (satu) kali setiap hari Senin, Rabu, Jumat atau 3 kali dalam seminggu.

Catatan: Ada perbedaan waktu 1 jam, Banda Aceh menggunakan format WIB (GMT+7) dan Penang menggunakan format GMT+8.Catatan: Ada perbedaan waktu 1 jam, Banda Aceh menggunakan format WIB (GMT+7) dan Penang menggunakan format GMT+8.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button