Penerbangan China-Indonesia mendorong kunjungan wisatawan - WisataHits
Jawa Timur

Penerbangan China-Indonesia mendorong kunjungan wisatawan

Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyambut baik rencana pembukaan kembali penerbangan antara China dan Indonesia pada 2023. Rencana ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara dari Negeri Tirai Bambu ke Tanah Air.

Sandiaga di Palembang, Sabtu (19/11/2022) mengatakan, alasannya karena sudah ada beberapa permintaan dari maskapai China ke pemerintah Indonesia.

“Permintaan ini sebagai sinyal bahwa China bisa dibuka untuk pasar turis mancanegara agar bisa masuk kembali ke Indonesia,” kata Menparekraf seperti dikutip dari Antara. Diantara.

Menurutnya, kebijakan pemerintah China melonggarkan pembatasan sosial dengan membuka jalur penerbangan langsung berdampak positif bagi Indonesia.

Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif menargetkan jumlah kunjungan wisatawan Tiongkok menjadi 255.700 pada tahun 2023. “Mungkin bisa lebih banyak lagi,” tambahnya.

Perlu diketahui, sebelum tahun 2019, jumlah wisatawan Tiongkok yang berkunjung ke Indonesia telah mencapai 2,07 juta orang.

Jumlah kunjungan tersebut menjadikan China sebagai negara kedatangan turis asing terbesar kedua setelah Malaysia dengan jumlah 2,98 juta orang.

“Itu yang akan kita tuju. Dulu yang kedua tapi sekarang Australia yang memegang nomor satu, disusul Singapura, Malaysia, India, dan Inggris,” ujarnya.

Sandiaga berharap kehadiran wisman dapat membuka lapangan kerja baru bagi tenaga kerja Indonesia. Sekaligus mendongkrak perekonomian yang mulai bangkit kembali pascapandemi Covid-19.

“Détente China telah membuka pariwisata kita untuk bangkit dan menciptakan lapangan kerja. Saya akan berjuang untuk itu, saya akan mewujudkannya,” katanya.

Pihaknya terus menyiapkan beberapa perusahaan pariwisata terkemuka Indonesia untuk menyambut wisatawan mancanegara ke Indonesia, seperti wisata bahari yang disebut-sebut menjadi item yang paling banyak diminati wisatawan Tiongkok.

Oleh karena itu, sektor unggulan seperti wisata bahari dan kuliner serta desa wisata di Sumsel termasuk yang sedang dipersiapkan bersama pemerintah provinsi dan kabupaten kota setempat untuk menyambut kunjungan wisman. (semut/bil/makan)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button