Pendeta Andalusia Populer di Indonesia | PWMU.CO - WisataHits
Jawa Timur

Pendeta Andalusia Populer di Indonesia | PWMU.CO

Syansudin di benteng Kota Cordoba bersama Prisais Ibn Rusyd. (Spesial/PWMU.CO)

ulama Andalusia populer di Indonesia; Catatan Perjalanan dr Syamsudin MAgWakil Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur dari Spanyol.

PWMU.CO – Andalusia adalah nama yang diberikan untuk seluruh wilayah Spanyol pada masa kekuasaan Islam di wilayah tersebut. Namun kini Andalusia merupakan daerah otonom dengan delapan provinsi. Di antara provinsi-provinsi ini: Jaen, Cordoba, Granada dan Seville (diucapkan: Seviya).

Jika Ibnu Malik adalah ulama terkenal dari Jaen, maka Ibnu Rusyd al-Qurtubi dan Ibnu Ahmad al-Qurtubi adalah ulama terkenal dari Cordoba. Duo ‘Arabi, yaitu Abu Bakar Ibn al-Arabi dan Ibn Arabi Syekhul Akbar adalah dua ulama dari Seville.

Ibn Malik penulis buku Alfiyyah bin Maliki sangat terkenal di Indonesia. Popularitasnya melanda cendekiawan Andalusia lainnya. Kitab seribu bait kaidah bahasa arabnya telah dihafal oleh ribuan pelajar Indonesia hingga saat ini.

Ketika saya memberikan video anak-anak Indonesia yang sibuk menghafal ayat-ayat Alfiyah kepada Pak Yasin, seorang pemandu wisata dari Granada, dia kagum dan sangat terkesan. Menurutnya, tidak ada seorang pun di Andalusia yang hafal 1000 ayat Alfiyah.

Meskipun penulisnya berasal dari Andalusia. Pak Yasin mengatakan Senin (17/10/2022) bahwa saudara iparnya yang sedang belajar di Mauritania, telah hafal 30 juz’ Al-Qur’an dan tertarik untuk menghafalnya. Nadzam alfiyah

Baca konteksnya di halaman 2: Bidayatul Mujtahid dan Tahafut at-Tahafut Ibnu Rusdi

Source: pwmu.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button