Pendaki pasti tahu bahwa ini adalah 4 gunung tertinggi di Indonesia - WisataHits
Yogyakarta

Pendaki pasti tahu bahwa ini adalah 4 gunung tertinggi di Indonesia

Pendaki pasti tahu bahwa ini adalah 4 gunung tertinggi di Indonesia Puncak Keagungan Wijaya Saat Tertutup Salju (Spesial)

MIANEWS, Jakarta Gunung tertinggi di Indonesia ini rupanya memiliki ketinggian yang berbeda-beda. Namun yang tertinggi berada pada ketinggian 4.884 meter di atas permukaan laut (mdpl), yaitu puncak Jaya Wijaya yang terletak di Papua.

Namun, untuk gunung yang ketinggiannya lebih dari 3000 meter di atas permukaan laut, jumlahnya paling banyak di Indonesia bahkan bisa tersebar di seluruh provinsi.

Dilaporkan ada lebih dari 400 gunung yang terbentang di seluruh wilayah Indonesia. 100 di antaranya bahkan merupakan gunung berapi aktif.

Baca: Jelajah Desa Wisata Nglanggeran Gunungkidul, Pemenang Best ASEAN Tourism Village 2017

Tak heran, kekayaan alam Indonesia menjadi daya tarik wisata bagi wisatawan dari berbagai negara di dunia.

Berikut ini adalah 4 gunung yang ketinggiannya lebih dari 4000 meter di atas permukaan laut:

1. Gunung Puncak Jaya

Gunung tertinggi di Indonesia terletak di Papua yaitu Gunung Puncak Jaya atau dikenal juga dengan nama Jaya Wijaya. Puncak Jaya adalah bagian dari pegunungan Sudirman di Kabupaten Puncak Jaya, Papua.

Ketinggian dari puncak Jaya Wijaya mencapai 4.884 meter di atas permukaan laut dan karenanya dinobatkan sebagai gunung tertinggi di Indonesia. Saat ini, Gunung Jaya juga telah menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO.

2. Gunung Puncak Mandala

Selain Puncak Jaya, ada satu lagi gunung yang menjulang tinggi di Papua, yaitu Gunung Puncak Mandala, tepatnya di Kabupaten Bintang.

Baca: Gunung Raung Meletus, Menyemburkan Abu Vulkanik Hingga Ketinggian 1.500 meter

Dengan ketinggian 4.760 meter di atas permukaan laut, Puncak Mandala merupakan gunung tertinggi kedua di Indonesia setelah Puncak Jaya. Gunung Puncak Mandala merupakan rangkaian Pegunungan Jayawijaya.

Nama lain dari gunung ini adalah Juliana Top atau Juliana Peak yang terkenal pada masa penjajahan Belanda.

3. Puncak Gunung Trikora

Di tempat ketiga adalah gunung tertinggi di Indonesia dari negara Papua, yaitu Gunung Puncak Trikora. Lokasi gunung ini berada di Papua Barat dengan ketinggian 4.750 meter di atas permukaan laut.

Gunung ini memiliki beberapa kawasan hutan seperti Hutan Montane, Hutan Ericaceous dan Hutan Dipterokarpa Atas. Titik awal pendakian gunung ini adalah di kota Dani di Lembah Baliem Wamena.

4. Gunung Ngga Pilimsite

Pada masa penjajahan Belanda, gunung ini bernama Gunung Idenburg. Sekarang disebut Gunung Ngga Pilimsit. Gunung ini terletak di provinsi Papua di Pegunungan Maoke. Ketinggiannya mencapai 4.717 meter di atas permukaan laut.

Pengarang: Cholis Anwar
Penerbit: Cholis Anwar
Sumber: Kompas.com

Source: www.murianews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button