Pencemaran air semakin meningkat, warga diminta mengurangi aktivitas di bantaran Kali Brantas - WisataHits
Jawa Timur

Pencemaran air semakin meningkat, warga diminta mengurangi aktivitas di bantaran Kali Brantas

Ketinggian air Sungai Brantas telah menutupi muara sungai.

REPUBLIKA.CO.ID, KEDIRI – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kediri Provinsi Jawa Timur mengimbau warga untuk sementara mengurangi aktivitas di bantaran Sungai Brantas karena debit air sungai meningkat.

Menurut Kepala BPBD Kota Kediri Indun Munawaroh, hujan deras menyebabkan ketinggian air di Bendungan Lodoyo, Kabupaten Blitar naik, sehingga bendungan dibuka sehingga mengakibatkan peningkatan debit air Sungai Brantas. termasuk sungai di daerah Kediri.

“Bendungan Lodoyo Blitar sudah dibuka dan ini tentu berdampak pada peningkatan debit air Sungai Brantas yang mengalir melalui Kota Kediri. Untuk itu, kami menghimbau kepada masyarakat Kota Kediri untuk sementara mengurangi aktivitas di tepi sungai demi menjaga keamanan. ‘ kata Indun, Selasa.

Pemkot Kediri juga meminta Gabungan Pedagang Tepian Sungai Brantas di Kediri untuk menutup sementara warungnya karena debit air sungai masih cukup tinggi. BPBD Kota Kediri telah menyiagakan petugas untuk memantau kondisi Kali Brantas dan memastikan tidak ada warga sekitar yang beraktivitas di bantaran kali.

Di kota Kediri, bantaran Sungai Brantas dimanfaatkan warga untuk bersantai. Banyak warga sekitar yang menjual dan menyediakan tikar bagi warga sekitar untuk bersantai di tepian Sungai Brantas. Himpunan Pedagang Wisata Tepian Sungai Brantas mengikuti anjuran Pemerintah Kota untuk menutup sementara warung-warung di bantaran Kali Brantas saat limpasan air sungai sedang tinggi.

Ketua Gabungan Pedagang Wisata Tepian Sungai Brantas Kediri, Sulistianto, mengatakan pihaknya telah mengeluarkan imbauan pemerintah kepada para pedagang yang biasa berjualan di bantaran Kali Brantas. “Kami telah berbicara dengan para pedagang di sini mengenai keselamatan pengunjung mengingat meningkatnya aliran Sungai Brantas. Kami sudah sepakat untuk menutup sementara sampai kondisi membaik kembali,” katanya.

Hingga saat ini debit air di Kali Brantas di kawasan Kota Kediri masih tinggi. Permukaan air telah menutupi muara sungai.

Sumber: Antara

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button