Penari Paser wakili Kaltim dalam Pilkada Pemuda Perintis Nasional - WisataHits
Jawa Timur

Penari Paser wakili Kaltim dalam Pilkada Pemuda Perintis Nasional

Paser (ANTARA) – Irma Erpiana penari Kabupaten Paser mewakili Provinsi Kalimantan Timur pada Pemilihan Pemuda Perintis Nasional Pengelolaan Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup dan Pariwisata yang akan diselenggarakan Kementerian Pemuda dan Olahraga pada 3-6 Maret mendatang berlangsung Oktober 2022 .

“Saat ini penari dari Kaltim sedang mengikuti penjurian di Jakarta,” kata Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Paser Muksin, Kamis (6 Oktober).

Muksin menjelaskan Irma Erpiana adalah seorang penari yang sebelumnya bekerja sebagai guru di salah satu SMP di Tanah Grogot dan melalui serangkaian tahapan seleksi seperti wawancara, seleksi berkas hingga tahap verifikasi faktual di Sanggar Taru, Nyerua Taka.

Ia mengatakan, sebelumnya pihaknya telah mengunjungi sekretariat Nyerua Taka untuk memverifikasi kebenaran sanggar tari miliknya, termasuk menyesuaikan dokumen yang diserahkan dengan kondisi setempat.

Dihubungi terpisah, Irma Erpiana mengatakan karena latar belakang keluarganya sebagai petani, ia terlibat dalam pengelolaan sumber daya alam, lingkungan dan pariwisata.

“Ayah saya adalah seorang petani dan ibu saya bekerja sebagai penyapu jalan untuk dinas lingkungan. Ini membawa saya lebih dekat dengan lingkungan dan pekerjaan ibu saya,” kata Irma.

Ia menuturkan, dirinya tampil sebagai juara kedua tingkat nasional mewakili Kaltim dalam pemilihan kompetisi tari Indonesia tahun 2021 di Maumere, Nusa Tenggara Timur.

Diketahui, perempuan yang berprofesi sebagai guru di SMP Negeri 5 Tanah Grogot ini aktif di dunia tari. Pada tahun 2021 ia mendirikan Sanggar Seni Nyerua Taka.

Selain itu, perempuan kelahiran 23 September 1996 itu juga pernah mewakili Kaltim dalam pentas tari di Malaysia pada April 2022. Saat itu, ia berhasil lolos dan meraih juara II Lomba Kurasi Tari Nasional yang digelar di Surabaya.

Berbagai prestasi lain yang juga pernah diraihnya antara lain juara II dalam ajang Duta Wisata Kabupaten Paser tahun 2019 dan dinobatkan sebagai Duta Pemuda Kabupaten Paser tahun 2020.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Paser Muksin berharap apa yang dilakukan Irma dapat menginspirasi generasi muda lainnya untuk berkreasi dan berkarya dengan cara yang baik untuk bangsa dan bermanfaat bagi negara.

Source: kaltim.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button