Pemprov Kalteng-KKP Gelar Lomba Foto Promosikan Wisata Bahari - ANTARA News Kalteng - WisataHits
Jawa Timur

Pemprov Kalteng-KKP Gelar Lomba Foto Promosikan Wisata Bahari – ANTARA News Kalteng

Palangka Raya (ANTARA) – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) bekerja sama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggelar lomba foto berskala nasional dalam rangka Hari Ikan Nasional. (Harkannas) tahun 2022.

“Melalui kompetisi ini, kami mengajak masyarakat luas untuk mencintai sektor kelautan dan perikanan dengan tujuan meningkatkan, menggali dan mempromosikan potensi wisata bahari khususnya di Kalteng,” ujar Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran Kepala Dislutkan Darliansjah di Palangka Raya, Jumat.

Melalui rangkaian kegiatan ini, pihaknya mengajak masyarakat, khususnya yang tergabung dalam komunitas fotografi dan media, untuk memanfaatkan potensi kelautan dan perikanan secara maksimal.

Ini merupakan lomba foto nasional pertama yang digelar dalam sembilan tahun peringatan Harkannas. Lomba ini digelar sebagai bentuk dukungan Pemerintah Provinsi Kalteng untuk menstimulus pelaksanaan rangkaian Harkannas.

Subyek foto yang dinilai dewan juri adalah kegiatan dan potensi sektor kelautan dan perikanan Indonesia, antara lain ikan, perahu nelayan, nelayan, pembudidaya, tambak, keramba, tambak dan bioflok.

“Selain itu juga mencakup ekosistem laut, ekosistem pesisir, ekosistem perairan pedalaman, pasar ikan hingga pengolahan hasil laut dan perikanan,” ujarnya.

Baca Juga: Infrastruktur Food Estate Kalteng untuk Akselerasi Pertumbuhan Lintas Industri

Lomba foto ini terdiri dari dua kategori yaitu Nasional dan Provinsi Kalimantan Tengah dengan total hadiah Rp 32,5 juta.

Lomba yang dibuka pukul 12.00 siang WIB sejak 1 November 2022 hingga 15 November 2022 ini mendapat perhatian besar dari seluruh lapisan masyarakat di Indonesia.

“Sampai hari terakhir lomba, hanya Provinsi Pegunungan Papua yang belum mengirimkan karya fotografinya,” jelasnya.

Sedangkan tiga provinsi dengan jumlah peserta terbanyak yaitu Jawa Timur sebanyak 58 peserta atau 12,1 persen dengan total 139 foto, Kalimantan Tengah sebanyak 43 peserta atau 8,9 persen dengan total 105 foto dan Jawa Barat sebanyak 40 peserta atau 8 foto. 3 persen dengan total karya 139 foto adalah 96 foto.

Selain itu, terpilih 18 nominator dari 478 peserta. Pengumuman pemenang lomba akan dilakukan pada 21 November 2022 pada puncak Harkannas ke-9 Tahun 2022 di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah.

Lomba ini menampilkan beberapa pegiat foto yang telah membuktikan diri sebagai juri di bidangnya, antara lain pegiat foto Pinto NH, jurnalis foto internasional Dwi Oblo, pengajar foto Deny Krisbiyantoro, pegiat fotografi lingkungan dan satwa liar Muhammad Rochim, fotografer infosantik disko Kalteng dan pegiat foto Ahmad Saifuddin .

Baca Juga: Pemprov Maksimalkan Pemenuhan Hak Perempuan di Kalteng Saat Bencana

Baca Juga: Pemprov Kalteng Luncurkan Program Kredit Berkah Betang Kepada Rentenir

Baca Juga: Pemprov Optimalkan Peran Koperasi dalam Pembangunan Ekonomi di Kalteng

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button