Pemprov Jatim menargetkan 238,8 juta kunjungan wisatawan pada 2023 - WisataHits
Jawa Timur

Pemprov Jatim menargetkan 238,8 juta kunjungan wisatawan pada 2023

Liputan6.com, Surabaya – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jawa Timur) menargetkan kunjungan wisatawan domestik menjadi 238,8 juta orang pada 2023, dengan potensi wisata di daerah tersebut.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Surabaya, Kamis (30/12/2022) mengatakan optimistis target tersebut bisa terlampaui karena cukup terukur mengingat Jatim merupakan provinsi dengan jumlah perjalanan warga negara terbanyak adalah domestik. wisatawan pada tahun 2020 dan 2021.

Menurut laporan dari Antara, pada tahun 2020 kunjungan wisatawan domestik ke Jawa Timur tercatat sebanyak 126.676.862 orang. Pada tahun 2021 akan meningkat menjadi 145.114.120 orang.

Khofifah memastikan sektor pariwisata di Jatim terus berbenah, terutama terkait pembangunan infrastruktur pendukung pariwisata. Harapannya, wisatawan yang berkunjung ke kita tidak hanya merasa aman dan nyaman, tapi bisa pulang dengan bahagia.

Khofifah mencontohkan pembangunan di kawasan Pacitan yang dikenal dengan sebutan “City of 1001 Goa”. Selain itu, di wilayah utara seperti Gresik dan Tuban. Menurutnya, Jawa Timur juga tidak terlepas dari wisata religi dan ziarah.

“Di kawasan wisata Bromo Tengger Semeru akan kami resmikan tempat yang ikonik yaitu Jembatan Kaca Seruni,” ujarnya dalam keterangan tertulis.

Khofifah mengatakan, akses jalan menuju kawasan Bromo Tengger Semeru kini bisa dilalui dari Probolinggo, Pasuruan, dan Malang setelah pengerjaannya diselesaikan oleh pemerintah pusat.

“Homestay di sana juga mulai asik dengan berbagai macam suasana. Ini akan menjadi dukungan bagi masyarakat untuk melengkapi lanskap yang luar biasa ini,” katanya.

Untuk kawasan wisata di wilayah timur Jawa Timur, Khofifah mengandalkan keindahan alam Banyuwangi sebagai favorit. Juga Situbondo, Bondowoso, Jember dan Tumpak Sewu Lumajang.

Memang salah satu tujuan wisatawan berkunjung ke destinasi wisata baru di kawasan Taman Nasional (BTS) Bromo Tengger Semeru adalah untuk menyaksikan matahari terbit. Momen terbaik sudah menunggu di atas bukit sejak pukul 04.00 WIB.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button