Pemprov Jatim ingin Kalimas menjadi identitas dan urat nadi Surabaya - WisataHits
Jawa Timur

Pemprov Jatim ingin Kalimas menjadi identitas dan urat nadi Surabaya

Sabtu 13 Agustus 2022 | 21:48 WIB

| penulis:

Buku Catatan: tobari

Surabaya, InfoPublik – Pemprov Jatim (Pemprov Jatim) menginginkan Kalimas menjadi identitas dan urat nadi kota Surabaya, seperti sungai-sungai negara Eropa. Sehingga keadaan ibu kota Jawa Timur ini tidak hanya bersih udaranya, tapi juga sungainya.

Hal itu disampaikan Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak usai mengikuti jalan kaki Kalimas pada kegiatan Berlian Kasih Suroboyo, operasi bersih Kalimas yang dilakukan Koarmada II TNI Angkatan Laut pada Sabtu (13/8/2022). .dilakukan. Pagi.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Pemprov bersama Pemerintah Kota Surabaya akan melakukan kajian teknis pengerukan sedimentasi atau pendangkalan sungai di jantung kota pahlawan ini.

“Kalau dikeruk, kata dia, tanggul sungai bisa ambruk. Kami ingin melakukan kajian teknis agar bisa lebih mendalam,” ujarnya

Wakil Gubernur Emil mengatakan indeks kualitas lingkungan adalah 67,7. Indeks kualitas air masih 56,13. Indeks kualitas udara sebesar 84,59 dan indeks kualitas tutupan lahan sebesar 63,72. Jadi indeks kualitas air masih PR.

Kalimas saat itu sudah menjadi wahana wisata transportasi air. Kondisi ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kelestarian dan kualitas air sungai.

“Bersama TNI AL, kami akan berkoordinasi untuk membahas masalah apa saja yang perlu dibenahi. Sehari dua, sebulan dua bulan, bahkan setahun dua tahun tidak cukup untuk mengatasi Kalimas, tapi harus dimulai sekarang,” kata Wakil Gubernur Emil.

Di tempat yang sama, Panglima TNI Laksamana TNI TSNB Hutabarat menyatakan siap membantu mengatasi sedimentasi Sungai Kalimas.

“Angkatan Laut punya badan pushidros, bisa menggali lumpur di sungai tanpa menimbulkan kerusakan lingkungan. Apa lagi yang bisa dilakukan laut di sungai,” katanya.

Tujuannya kali ini untuk membersihkan, meningkatkan kesadaran dan keterlibatan dalam menjaga kebersihan sungai, mencegah pencemaran air sungai, dan merawat sungai sebagaimana mestinya.

Selain itu, sungai akan diperindah dan wisata sungai di sepanjang Kalimas meningkat. “Saya berharap program Suroboyo Berlian Kasih tidak hanya berlanjut hari ini, tetapi lebih jauh lagi,” kata Pangkoarmada II.

Anda dapat mengirim ulang, menulis ulang, dan/atau menyalin konten ini asalkan Anda mencantumkan sumbernya InfoPublik.id

Source: infopublik.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button