Pemprov Jateng Segera Repatriasi 315 Turis Tertahan di Karimunjawa – Halo Semarang - WisataHits
Jawa Tengah

Pemprov Jateng Segera Repatriasi 315 Turis Tertahan di Karimunjawa – Halo Semarang

HALO SEMARANG – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah bersama Dirjen Perhubungan Laut dan Pemerintah Jepara akan memulangkan 315 wisatawan yang terjebak di Karimunjawa akibat cuaca buruk pada Selasa (27/12/2022). Rencananya, kepulangan ratusan wisatawan itu akan menggunakan kapal Pelni KM Kelimutu yang akan berlabuh di Dermaga Legon Bajak sekitar pukul 17.00 WIB.

Hal itu dikatakan Plt Kepala Dinas Perhubungan Jateng, Syurya Deta Syafrie, Senin (26/12/2022) siang. Dikatakannya, komunikasi sudah terjalin antara Pemprov Jateng, Pemkab Jepara, dan Kementerian Perhubungan.

“Kami minta derogasi, kapal Kellimutu yang seharusnya lurus dari Kumai tujuan Semarang singgah di Legon Bajak Karimunjawa pada 27 Desember dan mengangkut wisatawan,” katanya melalui sambungan telepon.

Dia mengatakan kapal itu akan berhenti di Dermaga Bajak Laut Legon pada pukul 5 sore. Namun, wisatawan diharapkan berkumpul di pelabuhan pada pukul 15.00 agar kapal dapat berlayar lagi sekitar pukul 18.00.

Deta mengatakan, saat ini wisatawan yang terjebak di Karimunjawa dalam kondisi baik. Hal ini karena telah ada sinergi dari pihak terkait untuk pemenuhan logistik, fasilitas kesehatan dan akomodasi.

“Kami juga sedang berkomunikasi dengan pemerintah desa Karimunjawa terkait pasokan logistik. Tidak ada yang mendesak dan mengkhawatirkan, pasokan pangan dan energi semuanya aman,” ujarnya.

Akhir kata, Deta mengimbau kepada wisatawan dan tour operator untuk lebih memperhatikan situasi cuaca di perairan Karimunjawa.

“Kita sudah tahu pola cuaca di Karimunjawa, misalnya dari Desember sampai Januari polanya angin barat yang menyebabkan angin kencang dan gelombang. Kami berharap tour operator dan tour operator lebih memahami dan mensosialisasikan pola perjalanan Karimunjawa pada bulan April-Oktober. Itu pelajaran yang bagus,” pungkas Deta. (HS)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button