Pemkot Yogyakarta akan mengaktifkan kembali operasional Prokes Covid-19 selama musim liburan Nataru - WisataHits
Yogyakarta

Pemkot Yogyakarta akan mengaktifkan kembali operasional Prokes Covid-19 selama musim liburan Nataru

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA – Pemerintah Kota Yogyakarta akan kembali siaga menghadapi Gugus Tugas Covid-19 pada libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) mendatang.

Pihak eksekutif mengatakan tidak mau ketinggalan, mengingat kasus Covid-19 perlahan mulai meningkat, yang disertai dengan potensi lonjakan kunjungan wisatawan.

Plt Wali Kota Yogyakarta Sumadi mengatakan, pihaknya membahas langkah antisipasi terkait kemungkinan penyebaran Covid-19 di akhir tahun.

Ia tak memungkiri arus wisatawan memang meningkat pesat, sehingga kesiapan personel tanggap darurat di lokasi juga harus diperkuat.

Ia mengatakan, jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Yogyakarta sejauh ini mencapai sekitar 5,1 juta, jauh melebihi target yang ditetapkan pada tahun 2022 sebesar 2 juta.

Untuk itu, Pemerintah Kota Yogyakarta juga memperkirakan jumlah kunjungan wisatawan akan mencapai 7 juta hingga akhir tahun.

“Terkait ini (kunjungan wisatawan) kami tidak bisa menolak, tapi bagaimana antisipasi dan persiapan dari awal,” ujarnya, Kamis (17/11/22).

Sumadi menegaskan, pihaknya telah menginstruksikan jajaran Satpol PP memperketat pengawasan terhadap aktivitas kota dan wisata.

Diharapkan melalui upaya tersebut, protokol kesehatan tetap dilaksanakan dengan baik, terutama di tempat-tempat yang berpotensi menjadi tempat berkumpulnya massa.

“Termasuk menyediakan masker selama protokol kesehatan ya karena sebagian masyarakat sekarang agak cuek. Kadang ada alasan kenapa lupa tidak bawa masker ya,” ujarnya.

“Operasi Prokes, khususnya di tempat-tempat berkumpulnya turis, akan dilanjutkan nanti. Soal Covid-19, ini tugas kita bersama. Kami ingatkan kepada masyarakat yang datang bahwa Prokes harus selalu dipertahankan,” tambah Pj Wali Kota.

Selanjutnya, beberapa fasilitas penunjang program kesehatan seperti fasilitas cuci tangan di ruang publik dipantau kesiapannya.

Namun, ia menilai pandemi virus corona yang telah mencapai beberapa puncak penyebarannya telah membuat masyarakat terbiasa dan tidak kesulitan untuk kembali ke disiplin Proke.

Sementara itu, Koordinator Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 Kota Yogyakarta Yunianto Dwi Sutono mengatakan, kondisi penyebaran Covid-19 secara umum akhir-akhir ini cukup tinggi karena mobilitas masyarakat yang meningkat.

Di atas segalanya, gelombang turis setiap akhir pekan, yang rata-rata diabaikan oleh program kesehatan.

“Secara rutin, kami mendirikan posko kesehatan dan keselamatan setiap tahun (hari libur). Nantinya di posko-posko tersebut akan dilengkapi semacam gugus tugas kesehatan Covid-19 yang bertugas mengingatkan wisatawan untuk memakai masker dan menjaga jarak,” jelasnya.

“Menjelang liburan akhir tahun, kami akan berkoordinasi lagi untuk memperketat pengawasan Prokes di lapangan. Termasuk mengantisipasi keramaian di properti wisata,” tambah Yunianto.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button