Pemkot akan mengoptimalkan potensi wisata pantai di Kenjeran dan melakukan pembenahan - WisataHits
Jawa Timur

Pemkot akan mengoptimalkan potensi wisata pantai di Kenjeran dan melakukan pembenahan

Lomba perahu layar tradisional di Kenjeran ontai.  Lomba tersebut dijadikan ajang tahunan untuk memaksimalkan potensi wisata pantai di wilayah Surabaya TimurLomba perahu layar tradisional di Kenjeran ontai. Lomba tersebut dijadikan ajang tahunan untuk memaksimalkan potensi wisata pantai di wilayah Surabaya Timur

Surabaya, horizonnews.co – Potensi kawasan wisata pantai Kenjeran lebih dioptimalkan oleh Pemerintah Kota Surabaya (Pemkot). Saat ini, Pemkot Surabaya akan melakukan berbagai pembenahan pada Kawasan Wisata Tepi Laut yang terletak di sisi timur Kota Pahlawan.

Kepala Biro Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disbudporapar) Surabaya Wiwiek Widayati mengatakan, pihaknya saat ini terus berupaya meningkatkan kawasan THP Kenjeran.

Peningkatan tersebut, kata Wiwiek, dimulai dengan penataan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) hingga penambahan berbagai entitas pendukung lainnya.

“Kami sedang menggarapnya untuk pembangunan di kawasan pesisir ini. Baik di THP Kenjeran di sisi utara maupun selatan. Pertama kita mungkin akan memperbaiki sistem, kemudian kita juga akan mengoptimalkan tata letak UMKM. Karena itu potensi yang nyata,” katanya.

Selain itu, Wiwiek mengatakan pihaknya akan menambah kegiatan untuk lebih meningkatkan minat wisatawan di Pantai Kenjeran, di antaranya lomba perahu layar yang merupakan salah satu event tahunan yang ditawarkan Pemkot sebagai destinasi wisata di Kota Pahlawan.

“Jadi (balap perahu layar) itu salah satu yang kami tawarkan,” kata Wiwiek.

Sebelumnya pada tahun 2022, kawasan Pantai Kenjeran masuk dalam 6 lokasi pengembangan wisata di Surabaya. Irvan Wahyudrajat, Kepala Biro Perumahan Rakyat dan Permukiman dan Pertanahan (DPRKPP) Kota Surabaya menjelaskan, ada 6 lokasi yang menjadi target pengembangan kawasan pariwisata pada 2022. Yakni, kawasan traffic light, kawasan kota tua, Kenjeran, Sontoh Laut, Sungai Kalimas dan Jalan Tunjungan.

Terkait pengembangan kawasan wisata, Irvan menjelaskan DPRKPP Surabaya juga menjalin kerja sama dengan perangkat daerah (PD) terkait. Salah satunya Kementerian Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar).

“Kami bekerja sama dengan instansi lain atau OPD seperti Disporapar. Ini sudah berjalan di Tunjungan, Kalimas, dan akan terus kita tingkatkan untuk meningkatkan perekonomian nasional yang menjadi perhatian Walikota Eri Cahyadi,” kata Irvan. (hadis)

Source: cakrawalanews.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button