Pemkab Sleman belajar mengelola wisata religi di Wonosobo - WisataHits
Yogyakarta

Pemkab Sleman belajar mengelola wisata religi di Wonosobo

Pemkab Sleman belajar mengelola wisata religi di Wonosobo

tanpa judul

Krjogja.com – SLEMAN – Kabupaten Sleman belajar dari Dinas Pariwisata Religi Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah pada Kamis, 15 September 2022.

Rombongan Kabupaten Sleman dihadiri 40 orang dari Pengelola Wisata Religi Maqom Syech Jumadil Qubro dan Pokdarwis Pakembinangun Pakem Sleman yang dipimpin oleh Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Wasita, SS, M.AP.

Menurut Wasita, urgensi agenda kajian orientasi tersebut didasarkan pada potensi pengembangan wisata religi di Kabupaten Sleman yang sangat menjanjikan. Mengingat Kabupaten Sleman memiliki beberapa potensi destinasi wisata religi yang dapat dikembangkan menjadi lebih baik, salah satunya adalah wisata religi Maqom Syech Jumadil Qubro di Turgo Purwobinangun Pakem.

Selain itu, pascapandemi Covid-19 tentunya dilandasi oleh semangat kebangkitan sektor pariwisata sebagai lokomotif pembangunan ekonomi dengan semangat pemulihan sektor pariwisata yang lebih kuat, atau “stronger tourism recovery”, dengan harapan dukungan dari Seluruh sektor pariwisata dapat bangkit bersama untuk memulihkan kesejahteraan masyarakat, termasuk seniman seni pertunjukan, perhotelan, UMKM, hotel dan travel.

Keberadaan Bandara YIA yang berpotensi menarik lebih banyak wisatawan ke depan, serta rencana pembangunan jalan tol Jogja-Bawen dan Jogja-Solo tentunya akan menjadi peluang yang sangat besar untuk mengembangkan sektor pariwisata di pasar konstruksi. khususnya di Kabupaten Sleman.

Lingkup pokok bahasan yang dikaji meliputi best practice atau praktik terbaik terkait strategi pengembangan dan pengelolaan destinasi wisata religi di Kabupaten Wonosobo, mengingat Wonosobo memiliki kemampuan yang terbukti dalam mengelola destinasi wisata religi dengan cukup baik, yang terkait dengan aktifnya kerjasama pembangunan ekonomi. daerahnya.

Meningkatkan sektor pariwisata dan perekonomian masyarakat, meningkatkan peluang usaha dan lapangan kerja terutama di dekat daerah tujuan wisata.

Di antaranya, wisata religi di Kabupaten Wonosobo antara lain makam Ki Ageng Wonosobo yang dipercaya sebagai cikal bakal berdirinya Kabupaten Wonosobo.

Praktik baik yang diharapkan dari Kabupaten Wonosobo antara lain pengelolaan kelembagaan, pengembangan sumber daya manusia dan kemitraan dengan pemangku kepentingan terkait. Rombongan Kabupaten Sleman diterima Kepala BPD Desa Plobangan Selomerto, Sugeng.

Resepsi di Balai Desa Plobangan dilanjutkan dengan kunjungan ke makam Ki Ageng Wonosobo untuk melihat langsung destinasi wisata religi tersebut. Kunjungan tersebut didampingi oleh Ulu-ulu Kalurahan Purwobinangun Warsino dan Kamituwa Kalurahan Purwobinangun Subandi.

Source: www.krjogja.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button