Pemkab Malang Pastikan Partisipasi Pilkada Serentak 2024, Petahana Bisa Bangkit Kembali - WisataHits
Jawa Timur

Pemkab Malang Pastikan Partisipasi Pilkada Serentak 2024, Petahana Bisa Bangkit Kembali

WAKTU INDONESIA, MALANG – Telah dipastikan bahwa Kabupaten Malang termasuk salah satu daerah yang akan mengikuti Pilkada Serentak 2024 mendatang. Demikian disampaikan Komisioner KPU Kabupaten Malang, Marhaendra Pramudya Mahardika, Selasa (11/8/2022).

Hal itu disampaikan KPU Kabupaten Malang usai Sosialisasi Tahapan Pilkada 2024 yang digelar di Hotel Grand Miami, Kepanjen, Kabupaten Malang.

“Kabupaten Malang masuk dalam Pilkada Serentak 2024. Diselenggarakan pada 27 November 2024,” kata Marhaendra Pramudya Mahardika kepada TIMES Indonesia.

Ia melanjutkan, pemilihan kepala daerah serentak 2024 sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Dalam hal ini Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

“Namun, saat ini kami masih berkonsentrasi pada fase pemilu 2024. Baik pemilu presiden maupun parlemen,” jelasnya. Karena masih dalam tahap pemilu 2024, menunggu aturan KPU RI.

“Anggarannya masih belum masuk. Nantinya, dana Pilkada serentak 2024 juga akan diambil alih Pemkab Malang. Pemerintah Kabupaten Malang sudah menyatakan kesediaannya,” ujarnya.

Benarkah bupati petahana Sanusi Malang bisa mencalonkan lagi? Setahu Dika, demikian panggilan akrabnya, ia berhak terpilih kembali pada Pilkada Serentak 2024.

“Sejauh yang saya tahu, itu masih bisa dilakukan. Karena saat itu masih 18 bulan. Jadi, setahu saya, belum sampai pertengahan deadline,” jelasnya.

Terakhir, kata dia, aturan pencalonan Pilkada serentak 2024 termasuk Kabupaten Malang mengacu pada perolehan kursi Pilleg DPRD 2024.

**)

Dapatkan update informasi harian terpilih dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Suka, klik tautan ini dan bergabung. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button