Pemkab Garut akan perbaiki akses jalan utama untuk wisata gunung - WisataHits
Jawa Barat

Pemkab Garut akan perbaiki akses jalan utama untuk wisata gunung

Pemkab Garut akan perbaiki akses jalan utama untuk wisata gunung

GARUT (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat, akan melakukan perbaikan jalan akses utama menuju objek wisata gunung, yakni jalur menuju Gunung Papandayan dan Talaga Bodas, yang diharapkan selesai sebelum Idul Fitri tahun ini.

“Objek wisata akan kita lanjutkan (perbaikan),” kata Bupati Garut Rudy Gunawan kepada wartawan di Garut, Kamis.

Rudy Gunawan mengatakan objek wisata yang dialokasikan anggaran perbaikan tahun 2023 adalah jalan menuju objek wisata Gunung Papandayan di Kecamatan Cisurupan.

Selain itu, kata Bupati, jalan sepanjang 5 Km menuju objek wisata Talaga Bodas akan segera diperbaiki agar pengunjung dapat melewati jalur tersebut dengan nyaman.

“Satu ke Gunung Papandayan sudah siap, yang dua ke Talaga Bodas hanya berjarak 5 kilometer, enaknya ke sana,” kata Rudy.

Ia menyampaikan perbaikan lebih lanjut jalan utama menuju kawasan wisata Bagendit di Kabupaten Banyuresmi agar kondisi jalan lancar untuk kendaraan bermotor secepatnya.

“Insyaallah menjelang lebaran satu hal, dari STM ke yang sekarang Bagendit lancar,” ujarnya.

Bupati mengumumkan bahwa Pemkab Garut telah menyiapkan anggaran untuk melakukan perbaikan jalan, yang tidak hanya jalan menuju pariwisata tetapi juga jalan utama lainnya termasuk Garut perkotaan. Ia menyebutkan sejumlah ruas jalan yang harus diselesaikan menjelang Idul Fitri, yakni perbaikan lanjutan dari Jalan Samarang hingga Palnunjuk dan dari Jalan Sukawening hingga Cibatu.

Kemudian Jalan Bungbulang menuju Mekarmukti, kemudian Jalan Tegal Gede menuju Condong dan Karangsari, lalu sederet ruas jalan di kawasan perkotaan Garut yang telah dianggarkan khusus untuk Kota Garut sebesar Rp 10 miliar.

“Ada beberapa bagian di pusat kota. Sebuah kota dipahami sebagai segmen, seperti Mandalagiri senilai Rp 10 miliar untuk perkotaan,” katanya.

Ia mengatakan, total anggaran perbaikan jalan di Garut sebesar Rp 110 miliar dengan panjang jalan yang diperbaiki sekitar 80 km dan menjangkau sejumlah kecamatan.

“Kita di Rp 110 miliar, khusus untuk infrastruktur jalan, kita akan punya banyak, total sekitar 80 kilometer,” kata Rudy.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button