Pemkab Bojonegoro menggelar Bulan Purnama bersama Abah Kirun - WisataHits
Jawa Timur

Pemkab Bojonegoro menggelar Bulan Purnama bersama Abah Kirun

Rabu, 16 November 2022 | 19:55 WIB

| penulis :

Buku catatan : tobari

Surabaya, InfoPublik – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro menggelar acara bulan purnama melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, dimana Abah Kirun tampil sebagai bintang tamu dengan penampilan Ketoprak Ger – Geran atau Humor Lucu.

Acara ini berlangsung pada Selasa malam (15/11/2022) di kawasan Desa Deling, Kecamatan Sekar, Kabupaten Bojonegoro.

Acara tersebut dihadiri Sekda, Nurul Azizah, Asisten I, Asisten II, Asisten III, Staf Ahli, Ketua OPD, Camat, anggota DPRD Dapil IV Wilayah Sekar, Jajaran Forkopimcam Sekar, Kepala Desa di Kecamatan Sekar dan juga para tamu undangan. sebagai masyarakat umum.

Kegiatan ini memperhatikan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan, Peraturan Daerah Kabupaten Bojonegoro Nomor 1 Tahun 2020 tentang Pelestarian Kesenian Tradisional, dan Instruksi Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melestarikan dan memperbaharui adat budaya setempat.

Dalam siaran pers yang dikeluarkan Diskominfo untuk Kabupaten Bojonegoro, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Budiyanto menjelaskan, purnama merupakan peristiwa rutin yang terjadi antara tanggal 11 hingga 17 bulan Jawa.

Sebelumnya diadakan dua kali di bawah bulan purnama untuk mempromosikan wisata Negeri Atas Angin di Desa Deling, Kabupaten Bojonegoro.

“Selain itu juga menumbuhkan rasa cinta terhadap seni tradisi dan budaya daerah dengan memperkenalkan seni budaya tradisional sebagai bagian dari tradisi di Kabupaten Bojonegoro,” kata Budiyanto.

Budiyanto menambahkan, menurut rencana, akan ada acara bulan purnama lagi di bulan Desember, dimana Abah Kirun akan diundang ke Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro.

Sementara itu, Sekda Nurul Azizah mewakili Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah menyampaikan salam dari Bupati kepada hadirin.

Ia mengatakan, Bupati Anna tidak bisa hadir dalam acara tersebut karena ada rapat dengan menteri. Nurul berharap acara ini dapat menghibur masyarakat yang datang secara langsung maupun melalui media sosial.

Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, kata Nurul, selalu menawarkan program-program kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Misalnya peningkatan sarana dan prasarana, program hibah, program untuk petani.

“Abah Kirun akan menghibur mereka semua dengan beberapa program yang dilaksanakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Bojonegoro,” ujar Nurul Azizah.

Sementara itu, Asisten I Setda Bojonegoro Djoko Lukito mengungkapkan manfaat dari acara bulan purnama ini, selain memberikan hiburan dan pertumbuhan ekonomi pascapandemi Covid-19.

“Semoga bermanfaat bagi kita semua, khususnya dalam meningkatkan dan menumbuhkan perekonomian di Kecamatan Sekar dan sekitarnya,” kata Djoko.

Acara dimulai dengan pembukaan tarian adat kemudian dilanjutkan dengan penampilan Abah Kirun. Selain itu, venue juga menampilkan bazaar oleh ibu-ibu desa PKK di kecamatan Sekar yang berlama-lama di sekitar panggung acara. (MC Diskominfo Prov Jawa Timur/non-vin/toeb)

Anda dapat mengirim ulang, menulis ulang, dan/atau menyalin konten ini asalkan sumbernya disebutkan InfoPublik.id

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button