Pemkab Bogor sosialisasikan diplomasi parlemen BKSAP SGDs Day - WisataHits
Jawa Barat

Pemkab Bogor sosialisasikan diplomasi parlemen BKSAP SGDs Day

Pemkab Bogor sosialisasikan diplomasi parlemen BKSAP SGDs Day

IIMS

Bogordaily.net – Pemerintah Kabupaten Bogor (Pemkab) menyambut baik Sosialisasi Diplomasi Parlemen BKSAP SGDs Day dengan tema “Diplomasi Parlemen dalam Mendorong Stabilitas dan Ketahanan Pangan Global” pada Sabtu 21 Januari 2023. solusi untuk mendorong terwujudnya pembangunan berkelanjutan.

Dalam acara tersebut, Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (FCSAP) DPRK Fadli Zon memimpin langsung acara tersebut bersama Bupati Bogor incumbent Ivan Setiawan.

Selain itu, acara ini dihadiri oleh Wakil Ketua BKSAP DPR RI Putu Supadma Rudana, H. Mardani, H. Achmad Hafiz Tohir dan anggota BKSAP Fadhlullah, pejabat pemerintah Bogor, tokoh masyarakat, civitas akademika IPB University dan mahasiswa. Semua orang terlibat dalam diskusi yang hidup yang menghasilkan banyak ide dan saran untuk perbaikan di masa mendatang.

Plt Bupati Bogor Ivan Setiawan mengatakan, pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor tetap berkomitmen menyelaraskan pembangunan di daerah dalam kerangka Sustainable Development Goals atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals. Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SGD).

“Pada dasarnya kebijakan, program, kegiatan dan inovasi Pemerintah Kabupaten Bogor sejalan dengan percepatan realisasi SDGs. Berbagai program strategis Pancakarsa tercermin dalam beberapa kegiatan yang tujuannya selain untuk mencapai indikator ketenagakerjaan pemerintah Bogor juga untuk mencapai tujuan indikator SDG yang ditetapkan oleh pemerintah pusat dan provinsi,” ujar Ivan Setiawan.

Saat ini, Pemkab Bogor juga melakukan hal yang sama pemantauan dan membantu desa mengalokasikan 20 persen dana desa untuk program ketahanan pangan.

Ada tiga kewenangan yang ditunjuk langsung yang mengarahkan pemerintah desa untuk memaksimalkan hal tersebut, yakni DKP (Dinas Ketahanan Pangan), Distanhorbun (Dinas Pertanian, Hortikultura dan Perkebunan) dan Diskanak (Dinas Perikanan dan Peternakan).

“Kami membuat paket untuk memudahkan desa menjalankan program ketahanan pangan. Ada pembinaan dan pelatihan,” lanjut Iwan.

Sementara itu, Kepala BKSAP DPR RI Fadli Zon menyatakan salah satu tugas BKSAP adalah mendorong terwujudnya SDGs atau pembangunan berkelanjutan.

BKSAP juga mengemban tugas diplomasi parlementer di forum dunia dan menjembatani pemerintah daerah dengan negara lain, perguruan tinggi dan lain-lain.

Dikatakannya, Pemkab Bogor dan daerah lain yang dikunjunginya dapat dijadikan sebagai format SDG atau alat perencanaan jangka pendek, menengah, dan panjang sehingga konsisten dan terukur.

“Sebelumnya kita sudah mendengar sumbangsih dari tokoh masyarakat, akademisi, budayawan, mahasiswa dan juga dari pihak Republik Indonesia sendiri. Kami mengumpulkan semua masukan dan juga menyampaikan masukan. Kami juga mensosialisasikan tugas-tugas diplomasi parlemen,” pungkas Fadli Zon.

Dari segi ketahanan pangan, Fadli Zon melihat Kabupaten Bogor sebagai kawasan yang sangat strategis.

Bogor juga memiliki kampus pertanian terbaik yaitu IPB University yang sangat membantu dalam pengembangan sektor pertanian dan pembangunan berkelanjutan lainnya.

“Bogor memiliki potensi yang luar biasa. Kalau saya lihat hampir semua orang ada, sumber daya alamnya ada, sebagai tujuan wisata juga lengkap, ada wisata alam, sejarah, budaya, kuliner, religi. Secara historis itu juga bagus, sangat bersejarah. Hal-hal ini perlu dikapitalisasi dan diberdayakan untuk kebaikan masyarakat,” ujarnya kepada wartawan. (Mutia Dheza Cantika)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button